Sisi Terang
Sisi Terang

15 Perhiasan yang Pernah Dipakai Lady Di dan Keberadaannya Sekarang

Putri Diana dari Wales adalah wanita yang bukan cuma sekali menarik perhatian media Inggris. Aktivitasnya sebagai anggota keluarga kerajaan dan pekerjaan kemanusiaannya selalu menjadi sorotan, dan penampilannya tidak pernah terlewatkan. Perhiasan indah sangat cocok dengan gayanya yang mengguncang dunia selamanya, karena memang benar-benar mengungkapkan kepribadiannya. Caranya yang anggun dalam memakai kalung, gelang, dan aksesori sekaligus juga sederhana. Sekarang ini, sebagian dari koleksi perhiasan dan permatanya telah menjadi barang yang benar-benar mewah, dan itu adalah simbol abadi yang masih berarti bagi kebanyakan dari kita.

Sisi Terang ingin memberikan penghargaan kepada Lady Di dengan menjelajahi sejarah sebagian dari aksesorinya bersama pembaca. Kami juga meluangkan waktu untuk mencari tahu nasib dari masing-masing perhiasan sejak kematian pemiliknya yang tragis.

1. Cincin pertunangan safir dan berlian

Untuk pertunangannya dengan Pangeran Charles, Lady Di memilih sebuah cincin dari Garrad, salah satu rumah perhiasan paling terkemuka di Inggris, berkat kepercayaan yang diberikan Kerajaan selama beberapa generasi. Lady Di memilih cincin cluster yang terbuat dari safir oval biru Sri Lanka dengan pinggiran 14 berlian soliter. Desainnya terinspirasi oleh hadiah pernikahan yang diterima Ratu Victoria pada tahun 1840. Sekarang, cincin ini dipakai oleh Duchess of Cambridge, Kate Middleton. Dia menerimanya pada tahun 2010 sebagai cincin pertunangan saat Pangeran William memintanya untuk menikah dengannya.

2. Anting-anting safir

Sebagai hadiah pernikahan, Putra Mahkota Arab Saudi saat itu, Fahd, memberi Putri Diana satu set perhiasan. Dikenal sebagai set safir Saudi, termasuk di antaranya adalah safir Burma dan liontin berlian, yang menggantung pada sebuah kalung tenis berlian baguette, sepasang anting-anting dan sebentuk cincin senada. Lady Di terlihat memakainya di berbagai acara di era ’80-an dan ’90-an. Sekarang, anting-anting itu termasuk daftar perhiasan yang diwarisi Kate Middleton melalui suaminya, Pangeran William. Satu-satunya perbedaan adalah perhiasan itu sekarang telah dimodifikasi menjadi anting tunggal. Kita melihat sang Duchess memakainya dalam sebuah kunjungan ke Dundee pada tahun 2019.

3. Anting-anting bentuk kupu-kupu

Dalam sebuah kunjungan ke Kanada pada pertengahan tahun delapan puluhan, Putri Diana membawa satu set perhiasan berupa sebuah kalung emas dan anting-anting. Anting-anting yang juga bertatahkan berlian ini, berbentuk seperti kupu-kupu. Meskipun tidak benar-benar menonjol atau mencolok, perhiasan ini menarik perhatian media dan menjadi perhiasan klasik.

Lebih dari 30 tahun kemudian, Duchess of Sussex, Meghan Markle, memberikan penghormatan kepada ibu suaminya dengan memakai aksesori ini dalam kunjungan ke Australia dan di hari kehamilannya diumumkan.

4. Kalung choker 4 untai mutiara Jepang

Menurut buku Garrard: The Crown Jewellers for 150 Years, Ratu memesan kalung choker ini agar dibuat dari satu set “mutiara hasil budidaya terbaik yang dihadiahkan pemerintah Jepang kepadanya” dalam kunjungan kenegaraannya yang pertama ke Jepang pada tahun 1975. Perhiasan itu, yang mencakup 4 untai mutiara dan gesper berlian dalam bentuk lengkung di tengahnya, dipinjamkan kepada Putri Wales yang saat itu masih baru, yang lalu memakainya dalam sebuah kunjungan kenegaraan ke Belanda pada tahun 1982.

Dan sepertinya Kate Middleton juga meminjam perhiasan dambaan ini. Bisa dilihat dalam foto yang diambil di hari jadi pernikahannya yang ketujuh pada tahun 2017, saat dia memakainya.

5. Liontin/bros bulu Pangeran Wales

Bros/liontin ini terdiri atas sebuah oval yang tersusun dari 18 potongan berlian cemerlang berhiaskan zamrud kecil-kecil. Semua itu mengitari bentuk bulu burung unta dan sebuah gulungan bertuliskan moto pangeran Wales: “Ich Dien” (Bahasa jerman untuk “Aku Melayani”). Perhiasan ini juga memiliki liontin zamrud cabochon yang bisa dilepas. Pada tahun 1981, Diana menerimanya sebagai hadiah pernikahan dari Ibu Suri Ratu Elizabeth. Dia segera memadukannya dengan kalung tenis Set Safir Saudi dan memakainya dalam sebuah kunjungan ke Gedung Opera Kerajaan pada tahun 1982.

Dalam beberapa tahun terakhir, aksesori itu telah dikembalikan lagi ke bentuk awalnya, yaitu bros dan telah dipakai oleh Duchess Camilla of Cornwall, istri kedua Pangeran Charles dari Wales.

6. Anting-anting berlian dan mutiara Samudra Pasifik

Putri Diana memakai aksesori ini di banyak kesempatan selama tahun ’90-an. Anting-anting itu memiliki desain berlian melingkar dan sebuah berlian tunggal berbentuk pir, serta sebuah mutiara putih besar dari Samudra Pasifik. Putri Diana kemudian muncul dengan versi anting-anting ini yang mutiaranya sudah dilepas.

Seperti banyak perhiasan lain yang dipakai oleh Lady Di, anting-anting ini diturunkan kepada Pangeran William, yang kemudian menawarkannya kepada istrinya, Duchess of Cambridge. Pada tahun 2019, Kate Middleton terlihat memakai anting-anting ini sebagai bagian dari pakaian yang dia pilih untuk penyerahan BAFTA Awards.

7. Cincin biru laut

Cincin ini dipakai oleh Lady Di setelah perceraiannya dengan Pangeran Charles. Dia pertama kali memakainya pada pelelangan pakaiannya di rumah lelang Christie pada tahun 1997, juga dalam sebuah kunjungan ke Sydney, Australia. Kedua acara itu diadakan pada tahun 1997. Cincin ini terbuat dari sebuah zamrud biru laut memukau yang berhiaskan berlian kecil-kecil dan emas 24 karat.

Menurut seorang juru bicara dari Istana Kensington, perhiasan yang tadinya disimpan Pangeran Harry ini telah diberikan kepada pasangannya, Meghan Markle, sebagai hadiah pernikahan. Duchess of Sussex memamerkan cincin itu di hari pernikahannya.

8. Tiara Spencer

Ini adalah salah satu perhiasan paling luar biasa yang dipakai Diana selama resepsi pernikahannya dengan Pangeran Charles di Katedral St. Paul. Aksesori ini, yang diambil langsung dari perhiasan keluarga, dipakai untuk melengkapi busananya saat pernikahannya. Tapi kemudian, dia juga memakainya untuk acara-acara resmi yang dicatat dalam kalender kerajaan.

Saat ini, tiara tersebut telah dikembalikan kepada keluarga Spencer dan seringnya dipakai oleh anggota keluarga dalam pernikahan mereka. Beberapa wanita yang telah memakai perhiasan keluarga terkenal ini termasuk Jane Spencer, Victoria Lockwood (saat dia bertunangan dengan Charles Spencer), dan yang lebih terkini oleh Celia McCorquodale, keponakan Putri Diana.

9. Gelang Nigel Milne dengan mutiara dan berlian

Gelang ini adalah salah satu bagian dari koleksi amal Birthright Nigel Milne. Perhiasan ini didesain dengan 3 untai mutiara dan sebuah bros berlian. Gelang ini dipakai oleh Putri Wales bersama dengan berbagai pakaian ikonis, seperti gaun “Elvis” karya desainer Catherine Walker.

Pada tahun 2017, media Inggris, yang sering mencari liputan baru tentang aktivitas keluarga kerajaan, melihat bahwa gelang itu dipakai oleh Kate Middleton dalam sebuah kunjungan kenegaraan ke Berlin, Jerman.

10.Gelang manset emas dengan 2 permata

Perhiasan emas yang bertatahkan sebuah batu permata cantik pada tiap ujungnya ini sering terlihat di pergelangan tangan Lady Di. Gelang ini pertama kali dipakai oleh Lady Di pada tahun 1990 dalam sebuah acara resmi di Lord Gage Centre for Old People, sebuah panti jompo yang dijalankan oleh Kemitraan Guinness. Sekarang gelang itu menjadi bagian dari koleksi Dukes of Sussex dan merupakan salah satu pilihan perhiasan Meghan Markle yang paling sering dipakai. Misalnya, pada tahun 2018, Meghan memakainya dalam perjalanan kerajaan pertamanya ke Australia.

11. Kalung choker berlian dan zamrud Ratu Mary

Pada tahun 1921, rumah perhiasan Garrard membuat sebuah choker untuk Ratu Maria dari Teck yang terbuat dari zamrud dan berlian hadiah dari para wanita India. Pada tahun 1953, perhiasan ini menjadi bagian dari koleksi Ratu Elizabeth II, dan akhirnya, dia memberikannya kepada Diana pada tahun 1981 sebagai hadiah pernikahan.

Fitur khas dari aksesori ini adalah bahwa Putri Wales memakainya untuk dua tujuan sebagai choker biasa di lehernya, dan sebagai bando di dahinya. Setelah kematiannya, dipercaya bahwa kalung itu dikembalikan kepada Ratu dan tetap menjadi koleksinya sampai hari ini.

12. Tiara “Lover’s Knot”

Perhiasan ini didesain oleh rumah perhiasan British Crown mengacu kepada Ratu Mary pada tahun 1913. Ini adalah tiara yang terbuat dari berlian rose cut cemerlang berbentuk simpul yang menjadi lengkung tak terbatas. Tiara ini juga berhiaskan 19 mutiara barok. Tiara ini segera menjadi salah satu perhiasan favorit Putri Wales, dan dia memakainya dengan bangga dalam berbagai acara. Dalam tahun-tahun belakangan ini, perhiasan tersebut telah dipakai oleh Duchess of Cambridge, yang seperti Putri Diana, telah memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, dengan memadukannya bersama berbagai pakaian dan aksesori dalam berbagai kunjungan kenegaraan.

13. Anting-anting mutiara

Diana menerimanya sebagai hadiah pernikahan dari Pangeran Charles—satu set anting-anting pearl drop dan berlian dari Collingwood Jewellers yang dia kenakan saat jalan-jalan sebulan sebelum mereka menikah. Dia memakainya beberapa kali dalam berbagai acara.

Di abad ke-21, aksesori ini bercahaya kembali berkat wanita besar lain, Duchess of Cambridge. Kate Middleton telah memakai anting-anting ini pada beberapa kesempatan sebagai sentuhan terakhir dari busananya yang dipilih dengan hati-hati.

14. Kalung 7 untai mutiara dan safir

Satu lagi hadiah pernikahan yang diterima Lady Di dari Ibu Suri Ratu Elizabeth adalah sebuah bros safir oval dan berlian, yang kemudian dia ubah menjadi gesper untuk choker 7 untai mutiara.

Perhiasan ini terlihat sangat diminati dalam kunjungannya ke Amerika serikat pada tahun 1985, juga 1994, saat mengenakan “gaun balas dendam.” Meskipun tidak diekspos secara publik setelah liputan itu, dipercaya bahwa perhiasan ini telah diturunkan kepada Pangeran William dan Pangeran Harry.

15. Cincin pertunangan Meghan Markle

Duchess of Cambridge diketahui memberikan penghormatan kepada Diana dengan mengenakan perhiasannya. Tapi ada juga Duchess of Sussex, Meghan Markle, yang juga “meletakkan” Diana dekat di hatinya. Kita sedang membahas tentang cincin yang diberikan Pangeran Harry sebelum pernikahan mereka. Menurut putra Lady Di sendiri, perhiasan itu dibuat dengan memadukan sebuah cincin emas dengan batu permata Botswana dan 2 berlian dari koleksi berlian ibunya. Belum ada yang mengungkapkan asal kedua berlian terakhir ini, tetapi perhiasan ini dimaksudkan sebagai simbol hubungan yang tak pernah berakhir.

Bonus: Warisan Lady Di untuk anak-anaknya

Seperti yang mungkin telah kamu lihat, banyak perhiasan yang dipakai oleh Putri Wales diwariskan kepada pasangan dari putra-putranya, Meghan Markle dan Kate Middleton. Ini jelas bukan sesuatu yang tidak disengaja. Menurut informasi tidak resmi, Diana melampirkan sebuah surat rahasia dengan wasiatnya yang menyatakan keinginannya bahwa seluruh perhiasannya diberikan kepada William dan Harry. Dikatakan bahwa dia melakukan ini agar calon istri mereka bisa memakai perhiasan itu. Karena itu, dipercaya bahwa dengan berbagai cara, harapannya menjadi kenyataan dan bahwa perhiasannya dibagi rata di antara keturunannya.

Jika kamu punya kesempatan, perhiasan keluarga Kerajaan Inggris apa yang ingin kamu pakai? Kenapa?

Sisi Terang/Aku & Kamu/15 Perhiasan yang Pernah Dipakai Lady Di dan Keberadaannya Sekarang
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya