Sisi Terang
Sisi Terang

12 Logo Terkenal yang Punya Makna Rahasia

Logo adalah wajah dari sebuah merek. Ketika kita melihat simbol yang tak asing, tanpa kita sadari, kita memercayai merek populer. Inilah sebabnya desainer bekerja sangat lama dan keras dalam menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat. Logo yang baik juga harus menyampaikan subteks tersembunyi.

Sisi Terang menemukan rahasia apa yang tersembunyi di balik logo yang dikenal di seluruh dunia.

1. Airbnb

Layanan internet Airbnb, yang digunakan orang untuk menemukan tempat menginap di seluruh dunia, memilih logo yang sangat aneh yang terlihat seperti klip kertas. Namun pada kenyataannya, logo tersebut memiliki makna yang jauh lebih dalam daripada yang terlihat pada pandangan pertama. Logo ini berisi 4 elemen: kepala seseorang yang mewakili pengguna situs mereka; simbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan lokasi pada peta (untuk lokasi rumah atau apartemen); hati yang merupakan tanda cinta; dan semua simbol ini digabungkan guna membuat huruf A untuk Airbnb.

2. TripAdvisor

Situs web Amerika TripAdvisor memungkinkan wisatawan dari seluruh dunia untuk memilih hotel terbaik untuk menginap, restoran terbaik untuk bersantap, maskapai terbaik untuk terbang, bahkan tempat yang paling menarik untuk dikunjungi. Di situs ini, ada banyak ulasan dari pengguna lain yang dapat kamu gunakan untuk membantu membuat keputusan. Logo TripAdvisor terlihat seperti burung hantu yang melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan, dan matanya melambangkan pilihan yang akan dibuat oleh seorang pelancong: lampu hijau (mereka harus pergi) atau lampu merah (pastinya tidak).

3. MasterCard

MasterCard, sistem pembayaran internasional, memutuskan untuk menggunakan psikologi warna dalam logonya. Warna merah menggambarkan keberanian, gairah, dan tindakan yang membuatmu merasa bahagia. Sedangkan, warna kuning cerah melambangkan kemakmuran. MasterCard berpikir bahwa kualitas ini diperlukan untuk orang-orang yang ingin menjadi kaya, sehingga warna-warna ini bertemu di tengah.

4. Dell

Dell, perusahaan Amerika yang memproduksi komputer, menyoroti huruf E dalam logonya karena suatu alasan. Pendiri perusahaan, Michael Dell, ingin menyampaikan arti dari idiom populer turn the world on its ear yang berarti mengubah sesuatu dengan cara yang tidak biasa. Dan secara terpisah “turn the world on its ear” juga bisa berarti membalikkan sesuatu. Jadi perusahaan memutuskan untuk menggunakan permainan kata ini dan membalikkan sedikit posisi huruf E jadi sedikit miring.

5. National Geographic

National Geographic, majalah dan saluran TV populer yang menyiarkan film dokumenter di 171 negara, mempunyai logo persegi panjang berwarna kuning. Ini melambangkan pintu yang terbuka untuk dunia pengetahuan tentang alam, sains, dan budaya. Warna ini dipilih juga karena suatu alasan, yaitu sebuah metafora untuk matahari yang bersinar di seluruh dunia dan merupakan sumber energi dan kekuatan.

6. Vodafone

Operator seluler Inggris, Vodafone, memilih beberapa hal misterius untuk logonya yang mengingatkan banyak orang tentang earpiece, tapi sebenarnya ini merupakan tanda kutip. Jadi, dalam hal ini, tanda kutip terbuka bisa berarti awal dari sebuah percakapan. Para desainer ingin menunjukkan bahwa, dengan Vodafone, pengguna dapat berbicara satu sama lain kapan saja.

7. Haribo

Haribo terkenal dengan permen gummy bears yang dicintai oleh anak-anak dan orang dewasa. Pendirinyalah yang mendapatkan ide untuk nama perusahaan ini. Dia menggabungkan 2 huruf pertama dari nama depan dan belakangnya Hans Riegel dan menambahkan 2 huruf pertama dari kampung halamannya Bonn. Dahulu, Hans biasa menjual permen ini di pekan raya yang menampilkan beruang menari dan dia menggunakan memori ini sebagai inspirasi untuk bentuk permennya.

8. Subway

Panah pada huruf pertama dan terakhir dari logo Subway memiliki suatu alasan untuk melambangkan pintu masuk dan pintu keluar stasiun kereta bawah tanah. Dengan cara ini, perusahaan menunjukkan bahwa dengan Subway, kamu bisa makan... di kereta bawah tanah. Warna-warna logo ini juga memainkan peran besar, yaitu warna hijau melambangkan fakta bahwa perusahaan ini mendukung makanan sehat dan hanya memasok produk berkualitas terbaik, selain itu, kuning berarti sukacita, optimisme, dan kesenangan.

9. DC Comics

Perusahaan terkenal DC Comics memutuskan untuk mengubah logo mereka pada tahun 2016. Penggemar mereka sangat marah dan meminta perusahaan ini untuk kembali ke logo lamanya yang sudah terkenal. Tapi tidak ada yang tahu berapa banyak makna tersembunyi yang ada di balik desain baru ini. Salah satu pendiri perusahaan ini, Jim Lee, mengungkapkan pada akun Instagram-nya apa arti logo baru tersebut. Sudut dan ceruk pada logo dimaksudkan untuk mengingatkan kita kepada simbol Superman “S”, emblem Wonder Woman “WW”, dan logo Batman.

10. Mozilla Firefox

Browser web terkenal Mozilla Firefox menggunakan rubah pada logonya yang mengelilingi seluruh planet. Bagaimana jika kami bilang kalau ini bukan rubah, melainkan panda merah? Masalahnya, “firefox” adalah terjemahan bahasa Inggris dari panda merah dalam bahasa Mandarin. Dengan cara ini, perusahaan ingin menunjukkan betapa uniknya hewan ini, karena panda merah adalah sejenis panda yang sangat langka yang terancam punah. Dan pada tahun 2010, Mozilla Firefox bahkan mengadopsi 2 panda merah dan mengambil tanggung jawab atas kelangsungan hidup keduanya.

11. Bacardi

Bacardi tidak berniat menakut-nakuti pelanggan mereka dengan logonya. Legenda mengatakan bahwa istri dari salah satu pendiri Bacardi melihat kelelawar di pabrik minuman mereka. Dia menganggapnya sebagai pertanda dan memutuskan bahwa inilah yang seharusnya ada di logo mereka. Di Kuba, tempat Bacardi berasal, kelelawar adalah simbol dari kesehatan, keberuntungan, dan persatuan.

12. Orbit

Kalau kamu perhatikan dengan cermat logo pada kemasan Orbit, kamu akan melihat bahwa huruf “O”-nya dibagi menjadi 2 bagian: satu gelap dan satu lebih terang, dan di latar belakangnya kamu bisa melihat gambar orbit. Jadi, jelas bahwa “O” melambangkan siang dan malam dan planet yang berputar mengelilingi Matahari.

Bonus: Kappa logo 18+

Perusahan Italia Kappa, yang memproduksi pakaian olah raga, menggunakan gambar pria dan wanita yang duduk saling membelakangi pada logonya. Tapi kalau kamu menutup bagian atasnya, logo ini seperti menampilkan gambar lain. Masih belum diketahui pasti apakah para desainernya bermaksud untuk memiliki makna lain atau apakah itu hanya imajinasi kita yang mempermainkan persepsi kita.

Logo mana yang paling membuatmu terkejut? Beri tahu di komentar di bawah.

Kredit foto pratinjau Mozilla Firefox
Sisi Terang/Fakta Menarik/12 Logo Terkenal yang Punya Makna Rahasia
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya