Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

13 Barang Aneh dari Masa Lalu yang Fungsinya Terlalu Sulit Ditebak

----
16k

Salah sekali jika kamu beranggapan orang-orang dulu kurang inventif dibandingkan kita sekarang. Imajinasi mereka cukup kaya untuk menciptakan berbagai benda, yang beberapa di antaranya berguna, sementara yang lain, agak aneh.

Misalnya, ada pil pembersih tubuh yang bisa digunakan kembali dan diwariskan. Ada vas mobil, alat untuk mengukur volume tepuk tangan, jam matahari saku, garpu pemanggang roti, dan benda aneh lainnya.

Sisi Terang membuat satu koleksi kecil aksesori lawas, yang tujuannya sering kali sulit dimengerti orang modern pada pandangan pertama.

13. Vas mobil.

Mengingatkanmu kepada tanduk untuk wine, ya? Tapi fungsinya benar-benar berbeda—ini adalah vas untuk bunga. Bunga digunakan bukan hanya sebagai dekorasi dalam ruangan, tapi juga pengharum ruangan alami.

Vas seperti ini bisa ditemukan di mobil yang diproduksi pada paruh pertama abad ke-20 dan bahkan masih ada yang menggunakannya sekarang.

12. Tusukan koktail yang bisa digunakan kembali.

Stik golf mini ini berfungsi sebagai tusukan. Namun, tak seperti tusukan plastik modern, ini bisa digunakan kembali. Tentakelnya yang aneh di ujung tusukan ini digunakan jika seseorang ingin menarik zaitun atau ceri dari koktail mereka tanpa harus mencelupkan tangan.

11. Alat untuk memutar tombol telepon antik.

Anak muda zaman sekarang mungkin tak pernah melihat telepon putar, tapi orang tua mungkin menggunakan alat “antik” ini. Alat retro ini dipasang di ujung pulpen atau pensil dan memudahkan orang yang tidak suka memutar angkanya dengan jari (misalnya, perempuan yang baru memakai kuteks).

10. Kalkulator mekanis.

Selain sempoa yang terkenal, ada alat lain untuk berhitung: misalnya, kalkulator mekanis bulat ini, yang bernama Optima. Alat ini dirilis sekitar tahun 1900 di Jerman.

9. Alat pemecah es bengkok.

Sebelum penemuan kulkas dan lemari pembeku, ada industri penjualan es. Es dipanen pada musim dingin, dikumpulkan dari permukaan danau, lalu diletakkan dalam gletser khusus. Es bisa disimpan di sana selama setahun dan dari sana dikirim kepada pembeli dalam bentuk balok. Kait yang kamu lihat di foto digunakan untuk memecahkan es balok dan memindahkan pecahannya tanpa menyentuhnya dengan tanganmu.

8. Sendok es krim.

Jika kamu pernah melihat sendok era Victoria seperti ini di suatu tempat dan bingung dengan bentuknya yang aneh, ketahuilah bahwa fungsinya khusus untuk satu produk—es krim.

7. Mesin cuci mainan.

Mesin cuci manual ini dulu merupakan mainan anak. Ini mungkin dipakai anak-anak untuk mencuci baju boneka favorit mereka.

6. Jam matahari saku.

Menurut pemilik foto ini, jam ini milik perempuan yang suka bepergian. Dan alat ini berguna sekali: sangat bandel dan tak butuh baterai.

5. Garpu pemanggang roti.

Orang Inggris membuat roti panggang jauh sebelum pemanggang roti listrik populer. Salah satu cara melakukannya adalah dengan menggunakan garpu panjang ini: roti ditusukkan ke garpu, lalu dipanggang di atas bara di dalam oven.

4. Medalion untuk parfum.

Medalion vintage ini berfungsi sebagai aksesori dan wadah kecil untuk parfum. Sepertinya orang zaman dulu bisa menggabungkan kecantikan dan fungsionalitas.

3. Alat untuk mengupas cangkang telur.

Pemilik foto ini mengatakan bahwa dia menemukan benda mengerikan di bawah lantai rumah yang dibangun pada awal abad ke-19. Tapi jangan mengira benda ini alat medis aneh atau bahkan alat penyiksa—ini sebenarnya jauh lebih sederhana. Alat ini dibuat untuk membantu mengupas cangkang telur rebus.

2. “Pil abadi”

Mungkin benda paling aneh dalam koleksi lawas kita adalah “pil abadi”. Benda ini dibuat dari antimonium dan bisa digunakan kembali. Selama beberapa abad, antimonium dianggap cara bagus untuk membersihkan tubuh, dan entah kenapa barang ini tidak mengganggu siapa pun yang, setelah ditelan, tidak tercerna dan keluar dari tubuh dalam bentuk yang sama. Orang-orang membeli satu “pil abadi” untuk seluruh keluarga dan, yang paling mengejutkan, mewariskan obat meragukan ini.

1. Alat untuk mengukur volume tepuk tangan.

Alat pengukur tepuk tangan ini digunakan pada tahun 1950-an dan 1960-an saat acara bakat dan kompetisi tari pertama muncul. Cara pemungutan suara paling umum pada saat itu adalah tepuk tangan dan sorakan dari penonton kepada peserta tertentu. Tentu saja, pemenangnya bisa ditentukan hanya dengan mendengarkan, tapi alat ini jujur, tidak seperti telinga manusia.

Kamu punya benda kuno aneh seperti ini di rumahmu?

Kredit foto pratinjau KleverKlem / Reddit
----
16k
Bagikan Artikel Ini