Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

16 Kegunaan Mengejutkan Obat Kumur yang Belum Kamu Tahu

----
349

Apa kamu tahu kalau obat kumur punya banyak fungsi selain menyegarkan napas? Sifat antiseptik dan antijamurnya bisa membantu menangani masalah sehari-hari lain, mulai dari mengobati jerawat dan ketombe hingga membersihkan kacamata dan mencegah bau kaki.

Sisi Terang menemukan 16 fungsi mengejutkan dari obat kumur yang bisa menghemat uang, dan fungsi-fungsi ini tidak ada hubungannya dengan gigi.

1. Menghilangkan bau.

Obat kumur membantu menghilangkan bau yang sulit hilang:

  • Setelah memotong bawang merah, bawang putih, atau ikan di dapur, cukup gosokkan sedikit obat kumur ke tanganmu.
  • Tuang obat kumur ke waslap dan pijatkan ke kakimu setelah mandi untuk mencegah bau kaki.
  • Kamu juga bisa mencegah bau busuk akibat sampah dapur dengan menaruh kapas atau tisu yang dibasahi obat kumur ke tempat sampah.

2. Membantu membasmi jamur di kuku dan kaki.

Campurkan obat kumur dan cuka dengan perbandingan satu banding satu. Basahi kapas dengan campuran ini, lalu oleskan ke kuku dan/atau kaki 2 hingga 3 kali sehari. Kalau rutin dilakukan, dalam beberapa minggu, hasilnya akan terlihat.

3. Mencegah ketombe.

Obat kumur punya khasiat antijamur sehingga cocok untuk melawan ketombe. Sebelum mandi, campurkan air dan obat kumur dengan takaran satu banding satu. Setelah keramas dengan sampo biasa, oleskan campuran ini ke kulit kepalamu, biarkan selama beberapa menit, lalu bilas.

4. Menyembuhkan gigitan nyamuk.

Kamu pasti sering digigit nyamuk... dan rasa gatalnya sangat menyebalkan. Cukup usapkan kapas yang sudah dibasahi obat kumur ke area bentol. Bengkak dan gatal pun akan segera hilang.

5. Dapat digunakan sebagai toner wajah.

Kalau toner wajahmu habis, kamu bisa menggunakan obat kumur sebagai gantinya. Bukan hanya menghilangkan sisa makeup dan kotoran, obat kumur juga bisa melawan jerawat. Tuang obat kumur ke kapas lalu usapkan ke wajah, tapi jangan mencobanya jika kamu punya kulit yang sensitif terhadap bahan kimia.

6. Mencegah infeksi.

Kalau kamu baru saja menindik badan atau membuat tato baru, obat kumur akan membantu kulitmu sembuh lebih cepat dan mencegah infeksi. Cukup oleskan obat kumur ke area infeksi setiap hari.

7. Mencegah memar.

Untuk menghindari memar menyebalkan (atau setidaknya mengurangi warna kemerahannya), cukup tuang obat kumur ke kapas dan oleskan ke area memar.

8. Bisa menjadi deodoran yang ampuh.

Ini adalah trik yang ideal untuk mengatasi masalah memalukan berupa bau badan. Cukup ambil bola kapas, rendam di obat kumur, lalu oleskan ke ketiak.

9. Mencegah kutu.

Obat kumur juga sangat efektif untuk membunuh kutu rambut. Basahi rambutmu dengan obat kumur, kenakan shower cap, dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air.

10. Merilekskan kaki.

Untuk melegakan kaki yang lelah dan sakit, rendam kakimu ke wadah berisi air hangat dengan tambahan 2 sampai 3 tutup obat kumur. Biarkan kakimu terendam setidaknya 15 menit.

11. Pembersih botol.

Membersihkan bagian dalam botol dan menghilangkan baunya terkadang lumayan sulit. Kamu bisa mengatasinya dengan menuangkan campuran obat kumur dan air dengan takaran tiga banding satu ke botol yang kamu cuci, diamkan semalaman, lalu bilas.

12. Membersihkan sikat gigi.

Sifat antiseptik obat kumur sangat cocok untuk membersihkan sikat gigi. Cukup rendam bulu sikat gigimu di dalam obat kumur selama beberapa menit (sebaiknya biarkan semalaman), lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

13. Membersihkan kacamata.

Kacamatamu akan bersih bening jika dioleskan sedikit obat kumur yang kemudian dilap menggunakan kain lembut.

14. Membersihkan kamar mandi.

Kalau ingin ubin kusammu terlihat seperti baru, bersihkanlah dengan campuran secangkir air dan setengah cangkir obat kumur.

Untuk menghilangkan kuman dan bau di area toilet, tuangkan setengah cangkir obat kumur ke toilet dan diamkan selama satu jam. Kemudian gosok menggunakan sikat toilet.

15. Mengusir nyamuk.

Serangga tidak suka bau mentol, jadi, kamu bisa menggunakan obat kumur untuk mengusir lalat, nyamuk, atau bahkan semut (mereka akan pergi begitu saja).

Semprotkan rumahmu dan tempat yang biasa dijadikan tempat persembunyian serangga dengan takaran satu obat kumur banding satu air.

16. Menjaga kesegaran bunga.

Taruh bunga yang baru dipotong ke air. Untuk setiap ½ liter, tuangkan 3 tutup obat kumur. Campuran ini akan membantu bungamu bertahan lebih lama dan terlihat lebih segar.

Kredit foto pratinjau depositphotos
Berdasarkan materi dari bricoydeco
----
349
Bagikan Artikel Ini