Sisi Terang
Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

5 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Harus Dihentikan Sekarang Juga

----
934

Buang air kecil dan menggunakan toilet mungkin kelihatannya sesuatu yang mudah dilakukan. Ini adalah tindakan alami yang tidak perlu kita pikirkan dua kali. Namun, ada kesalahan yang kita buat yang dapat memengaruhi kesehatan kita. Misalnya, kebiasaan buang air kecil sebelum keluar rumah “untuk berjaga-jaga” bisa memiliki konsekuensi yang negatif.

Kami di Sisi Terang terkejut dengan fakta bahwa kebiasaan paling simpel ternyata bisa menjadi hal yang sangat kompleks. Jadi, inilah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang kebiasaan di toilet!

1. Buang air kecil “untuk berjaga-jaga”.

Sebelum meninggalkan rumah, kamu mungkin berpikir sebaiknya pergi ke kamar kecil, meskipun kamu tidak perlu melakukannya. Tidak mengapa jika kamu memang ingin bepergian jauh dan mungkin saja sulit menemukan kamar kecil. Akan masuk akal juga jika kamu berencana ingin lari jarak jauh. Namun, jika kamu terus melakukannya tanpa adanya kepentingan, kamu akan mulai merasa harus buang air kecil lebih sering, meskipun kamu tidak terlalu merasakannya.

2. Kamu mengejan saat buang air kecil.

Terkadang, saat kamu ingin buang air kecil lebih cepat atau untuk mengosongkan kantung kemih, kamu mengejan. Namun, ini adalah kebiasaan yang tidak sehat karena seiring waktu, otot dasar pelvismu akan semakin lemah. Hal ini bisa membuat kamu sulit menahan buang air kecil atau besar dan sulit menyokong organmu.

3. Cara kamu duduk di toilet salah.

Jangan sampai kakimu menggantung saat duduk di toilet, meski itu di toilet umum. Jika hanya jari kakimu yang menyentuh lantai, kamu harus menyangga kaki dengan bangku kecil atau blok yoga, misalnya. Jika kakimu tidak rata dengan lantai, hal ini bisa menciptakan ketegangan dan membuat kamu makin sulit buang air kecil atau besar. Idealnya, lutut harus lebih tinggi daripada pinggul dan kamu harus condong ke depan, mendekatkan pundak dengan lutut.

4. Membatasi kadar air minum agar tidak sering buang air kecil.

Jumlah air yang kamu minum mungkin bukan alasan kamu sering buang air kecil, dan mengurangi asupan air bisa memperparah masalah kantung kemih. Alasan pastinya bisa beragam, dari meminum kopi hingga kecemasan, serta masalah kesehatan lainnya. Jika kamu tidak ingin sering ke kamar kecil, kamu juga bisa mengubah cara kamu minum. Alih-alih menenggak dalam jumlah banyak, cobalah menyesap air ketika minum.

5. Kamu buang air kecil saat mandi.

Buang air kecil saat mandi mungkin terasa praktis dan bahkan tindakan yang ramah lingkungan. Namun, ini bisa membuat otakmu mengaitkan air yang mengalir dengan keharusan untuk buang air kecil. Selain itu, setiap kali kamu mendengar air, keterkaitan ini bisa membuat kamu ingin buang air kecil.

Pernah melakukan kesalahan di atas? Menurutmu, adakah hal lain tentang kebiasaan di kamar mandi yang perlu kami tambahkan ke dalam daftar ini?

----
934
Bagikan Artikel Ini