Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

9 Hal Sederhana yang Tak Bisa Dilakukan Sebagian Besar Orang

Manusia itu istimewa dan unik dengan caranya masing-masing. Faktanya, beberapa orang memiliki kemampuan yang bisa membuatmu takjub. Ini termasuk hal-hal yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan atau kamu anggap bisa dilakukan. Beberapa orang tidak bisa melakukan hal-hal sederhana seperti menggerakkan telinga atau mengangkat satu alis. Tapi percaya atau tidak, ada beberapa orang terpilih yang bisa melakukannya.

Sisi Terang menemukan beberapa fungsi tubuh mengejutkan yang tidak bisa dilakukan sebagian besar orang. Ingat, ada alasannya kami bilang “sebagian besar”.

1. Memisahkan jari manis.

Sebagian besar orang cenderung menekuk jari manis saat menggerakkan jari tengah atau kelingking. Namun, ada orang yang bisa memisahkan jari manis. Hal ini dipercaya merupakan turunan.

2. Menyentuh dagu atau hidung dengan lidah.

Lidah sebagian besar orang tidak menjangkau sejauh itu, tapi beberapa orang sungguh bisa menyentuh hidung atau dagu mereka dengan ujung lidah yang dikenal sebagai tanda Gorlin. Hampir 10% populasi dunia dapat melakukan gerakan ini.

3. Menggerakkan anggota tubuh ke arah berlawanan.

Coba eksperimen ini. Angkat kaki kanan dan gerakkan searah jarum jam. Sekarang, coba tulis angka “6” dengan jempol kaki. Tidak perlu kertas atau pensil; tulis saja angka itu di udara dengan jari kaki.

Kebanyakan orang akan menyadari bahwa tanpa berpikir, mereka mulai menggerakkan kaki mereka ke arah berlawanan, sebagian karena angka tersebut menampilkan lingkaran berlawanan arah jarum jam. Beberapa orang memiliki pengecualian untuk aturan ini, baik karena cara otak mereka terhubung atau karena latihan.

4. Menggoyangkan hidung.

Jika kamu pernah ingin menggoyangkan hidungmu seperti Samantha Stephens, kamu mungkin kurang berhasil. Bahkan Elizabeth Montgomery dari tayangan klasik, Bewitched hanya menggerakkan bibirnya untuk memberi ilusi hidung yang bergoyang. Namun, ada beberapa orang yang bisa menggoyangkan hidung mereka tanpa menjadi penyihir. Kamu bisa berlatih untuk menggoyangkan hidung, mulai dengan menggoyangkan cuping.

5. Gleeking.

Saat lidah bergerak maju, beberapa orang secara tidak sengaja menyemprotkan air liur dari mulut. Ini disebut gleeking dan ini adalah bentuk lanjutan dari meludah. Ini bisa disebabkan oleh saluran air liur yang kuat atau bahkan makanan tertentu seperti lemon. Gleeking telah ada selama bertahun-tahun — bahkan ada beberapa drama Shakespeare yang menampilkan kata tersebut.

6. Bersin dengan mata terbuka.

Saraf kranial menghubungkan hidung dan mata. Karena inilah, saat bersin, kamu secara otomatis menutup mata — sebagian besar orang melakukannya. Namun, kamu bisa bersin dengan mata terbuka dan terlepas dari pepatah lama, hal itu tidak akan menyebabkan matamu keluar.

7. Melipat lidah.

Melipat lidah menjadi dua agak umum, tapi tak semua manusia di Bumi bisa melakukan itu. Beberapa orang bahkan bisa melakukan trik lebih aneh. Ini bisa termasuk melipat lidah menjadi tiga.

8. Menggelitik diri sendiri.

Bagi sebagian besar orang, hampir mustahil untuk menggelitik diri sendiri. Ini karena menggelitik adalah seni kejutan; otak menangkap sensasi yang menyebabkan perasaan menggelitik dan mengendalikannya sebelum hal itu memengaruhimu. Tetap saja, itu bukan hal mustahil; orang dengan gejala seperti skizofrenia dapat menggelitik diri sendiri karena otak mereka tidak sadar bahwa sensasi tersebut bersifat sukarela.

9. Menekuk jempol ke belakang.

Beberapa orang memiliki jempol bersendi ganda, juga dikenal sebagai “Hitchhiker Thumb”, yang memungkinkan mereka menekuknya ke belakang. Tidak menyakitkan bagi mereka untuk menekuk jempol ke belakang dan tidak ada risiko merusak fungsinya. Kondisi ini disebabkan oleh sendi distal di dalam jempol. Dalam beberapa kasus, kedua jempol seseorang bisa memiliki sendi ganda; dalam kasus lain, hanya satu jempol yang dapat ditekuk ke belakang.

Kamu tahu kemampuan unik lain? Kamu punya kemampuan unik? Beri tahu kami tentang itu!

Bagikan Artikel Ini