Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Kenapa Banyak Tokoh Kartun Berwarna Kuning?

----
105

Apa yang pertama terlintas di kepalamu jika warna kuning disebutkan? Bisa jadi kamu langsung teringat matahari, daun yang menua, atau sesuatu yang lebih abstrak, seperti perasaan gembira atau optimisme. Nah, jika kamu terus memikirkannya, beberapa karakter kartun pasti akan terlintas di kepalamu karena memang banyak sekali, seperti Pikachu, SpongeBob SquarePants, the Simpsons, dan lain-lain.

Kami di Sisi Terang mencintai warna kuning dan ingin memahami alasan para pembuat film kartun sangat menyukai warna ini.

1. Semuanya berkaitan dengan kontras.

Walaupun warna kuning merupakan salah satu warna primer (bersama dengan biru dan merah), tapi warna ini sangat berbeda. Bahkan 3 warna ini adalah contoh ekstrem dari rona yang kontras. Semakin jauh suatu warna dari warna primer, semakin kurang mencolok pula warnanya. Namun, warna utama yang digunakan di layar (tentu TV termasuk dalam hal ini) berwarna merah, hijau, dan biru.

Dalam skema warna ini, kuning dan biru berada dalam spektrum yang berlawanan, membuat kedua warna ini paling menonjol. Karena biru adalah warna yang lazim digunakan pada banyak latar belakang (misalnya laut, langit, dll.), masuk akal jika warna kuning digunakan sebagai karakter yang mencolok dan cerah.

2. Psikologi.

Secara tradisional, kuning dikaitkan dengan kebahagiaan dan kegembiraan (ingat tokoh Joy dalam film Inside Out dari Pixar?). Ini sudah dibuktikan oleh penelitian. Mayoritas peserta (72%) menyatakan warna kuning menyiratkan sesuatu yang positif, dan hanya 0,5% responden yang berpikir sebaliknya. Karakteristik kuning ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk karakter yang ceria dan mudah bergaul dalam kartun.

3. Kamu takkan melewatkannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, warna primer itu sangat berbeda. Namun tetap saja, di antara semua warna ini, kuning memegang peranan utama untuk menjadi yang paling mecolok karena kuning merupakan warna yang paling terlihat dalam cahaya redup dan warna kedua yang paling terlihat di siang hari. Bahkan dapat dibedakan oleh orang-orang yang mengalami buta warna.

4. Warna spesial bagi anak-anak.

Warna kuning sering digunakan dalam iklan untuk anak-anak, karena warna ini dikaitkan dengan emosi positif. Itulah sebabnya kamu dapat melihatnya pada logo Lego, Hot Wheels, Crayola, dan banyak lagi. Ini bukan kebetulan: dalam pemasaran, kuning biasanya digunakan untuk kemasan produk “menyenangkan”.

Dalam sebuah penelitian, anak-anak diberi pilihan antara krayon kuning dan cokelat setelah mendengarkan cerita yang bahagia atau sedih. Mayoritas kelompok “kisah bahagia” memilih krayon kuning, dan sebagian besar anak-anak dari kelompok kedua lebih suka yang cokelat. Ini membuktikan bahwa asosiasi warna dengan suasana hati seseorang adalah penting.

5. Kuning menarik perhatian.

Warna yang terlihat pada banyak karakter kartun sebenarnya tidak memiliki arti yang benar-benar positif. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, warna kuning itu sangat mencolok. Sehingga warna ini menjadi pilihan sempurna untuk digunakan sebagai peringatan yang harus terlihat dari kejauhan dan menarik perhatian kita. Inilah sebabnya mengapa kuning digunakan dalam lampu lalu lintas, rambu jalan, dan banyak lagi.

Selain itu, warna kuning merupakan salah satu warna yang digunakan alam untuk mengirim sinyal “waspada”: kuning dapat dilihat pada serangga penyengat (lebah, tawon), ular berbisa (ular karang, ular derik, copperhead, dll.), dan hewan berbahaya lainnya. Namun, tetap saja warna ini sangat menarik perhatian kita, sehingga banyak digunakan dalam banyak bidang, termasuk kartun.

Siapa tokoh kartun karaktermu yang berwarna kuning? Kami akan senang sekali melihat opinimu di kolom komentar!

----
105
Bagikan Artikel Ini