Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Kenapa Logo Produk Populer Selalu Berada di Sebelah Kiri

Para peneliti berkata kamu lebih memperhatikan logo yang diletakkan di sisi kiri produk daripada sisi kanan, dan ini adalah fakta yang mungkin belum kamu sadari. Ini salah satu alasan utama kenapa logo produk hampir selalu ada di kiri, tapi bukan hanya itu alasannya.

Sisi Terang mempelajari alasan dasar kenapa logo diletakkan di sebelah kiri, dan kami ingin membagikan alasan-alasan ini denganmu.

Logo diletakkan di sisi yang secara alami kita perhatikan.

Logo seperti kesan pertama. Mari lihat situs web sebagai contohnya. Saat pengguna mengunjungi situs web, mereka cenderung lebih sering melihat sisi kiri situs tersebut daripada sisi kanan. Hal yang sama terjadi dengan pakaian atau desain konvensional lain, orang-orang cenderung lebih sering melihat sisi tangan kiri daripada sisi tangan kanan. Ini lebih pada soal visibilitas. Misalnya, logo terlihat bagi orang yang menatapnya. Saat kamu menjabat tangan seseorang, kamu melihat sisi tangan kiri pakaiannya, letak logo itu.

Secara historis, logo sudah diletakkan di sisi kiri.

Orang-orang sudah terbiasa dengan logo yang diletakkan di kiri. Begitulah logo diletakkan sejak awal. Misalnya, seragam militer. Logo pada seragam militer selalu diletakkan di sisi kiri seragam, dan itu belum berubah, sekali pun. Selain itu, peletakan logo di sebelah kiri adalah kebiasaan yang sudah akrab bagi orang-orang. Itu mungkin sebabnya kamu menganggap orang secara alami melihat ke sisi kiri.

Logo dibuat sejajar dengan cara kita membaca.

Saat kamu melihat kebanyakan situs web, logo mereka selalu diletakkan di sisi tangan kiri, dan alasan utamanya adalah orang-orang di dunia barat membaca dan menulis dari kiri ke kanan. Kecuali bahasa Arab, Ibrani, Farsi yang tulisannya dibaca dari kanan ke kiri.

Logo membuat merek lebih berkesan saat diletakkan di kiri.

Logo adalah komponen kunci pemasaran merek. Itu adalah bagian yang membuat merek berkesan (atau istilahnya kesadaran merek). Menurut sebuah penelitian oleh Nielsen Norman Group, pengguna lebih mengingat merek yang diletakkan di kiri daripada di kanan dan ada rata-rata kenaikan 89% untuk merek yang logonya berada di sebelah kiri. Saat melihat produk secara umum, mereka lebih melihat ke kiri tempat logo berada, daripada ke kanan. Itu saja sudah membuat mereknya berkesan, dan memberi kesadaran merek. Itu yang merek inginkan, bukan? Mudah diingat!

Secara keseluruhan, orang-orang juga akan mengatakan logo pada produk populer lebih sering berada di sebelah kiri daripada di sebelah kanan karena kebanyakan orang adalah pengguna tangan kanan dan bagi mereka, lebih nyaman menemukan logo di kiri daripada di kanan. Atau mungkin karena itu membantu orang berdandan, tapi alasan utamanya adalah yang disebutkan di atas— perbedaan budaya dalam kebiasaan membaca dan menulis, kebiasaan melihat, sejarah dan adat, serta pemasaran merek.

Kamu memiliki pendapat lain kenapa logo berada di sisi kiri produk populer? Tulis pendapatmu di kolom komentar.

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, Lacoste
Bagikan Artikel Ini