Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Menurut Penelitian, Waktu Lahirmu Bisa Menunjukkan Apakah Kamu Orang Pagi atau Malam

Orang-orang pagi dan malam mempunyai gaya hidup, kebiasaan, preferensi, dan lingkungan yang berbeda, begitu menurut para peneliti. Terlebih lagi, setelah beberapa penelitian, ditemukan juga bahwa waktu kamu dilahirkan adalah penyebabnya. Coba ingat-ingat apakah kamu lahir di pagi atau malam hari, karena hal ini mungkin akan sangat menjelaskan.

Kami, di Sisi Terang, memutuskan untuk mencari penjelasan kenapa sebagian orang mudah bangun pagi dan kami menemukan fakta-fakta menarik yang mungkin membantu menjelaskan kenapa jam-jam terbaikmu justru setelah pukul 18.00!

Orang-orang yang lahir di pagi hari mendapat nilai lebih baik pada tes di pagi hari.

Manusia sudah bisa diprogram sejak saat kelahiran. Kesimpulan ini dibuat oleh para psikolog yang menguji sejumlah besar siswa. Mereka yang lahir di malam hari akan mendapatkan hasil yang bagus di sore hari dan, hal serupa juga berlaku bagi “orang pagi”.

Waktu kelahiran bisa menentukan jam biologismu. Lingkungan dan kualitas cahaya pertama yang kamu lihat setelah dilahirkan memengaruhi seluruh kehidupanmu. Sederhananya, jika kamu dilahirkan di malam hari, ketika tidak ada cahaya, inilah saat permulaan aktivitasmu. Jadi, kamu diprogram seperti itu.

Orang-orang yang dilahirkan prematur bisa dipengaruhi oleh saat kelahirannya secara ekstrem.

Ada beberapa orang yang cenderung terbangun sangat pagi, apa pun yang terjadi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang-orang dewasa ini dilahirkan prematur. Terlebih lagi, ada beberapa fakta menarik lain yang ditemukan. Sekelompok anak prematur diteliti saat sedang tidur di malam hari. Waktu tidur keseluruhan mereka sekitar 45 menit lebih sedikit dengan kualitas tidur yang lebih buruk dibanding anak-anak yang tidak lahir prematur.

Para peneliti juga menemukan bahwa bayi-bayi yang dilahirkan dengan berat badan kurang akan bangun rata-rata 40 menit lebih awal daripada siapa pun.

Orang dengan kebiasaan tidur berbeda mempunyai kelebihan tersendiri.

Ditemukan bahwa pada umumnya, orang-orang pagi lebih sehat, sedangkan orang-orang malam lebih besar kemungkinannya bermasalah dengan suasana hati dan depresi karena adanya semacam efek penat terbang. Namun, di sisi lain, orang-orang malam cenderung lebih kreatif. Meski insomnia bisa menjadi hambatan besar, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang malam bisa jadi lebih mencolok.

“Orang pagi” dikatakan kurang impulsif dan lebih produktif melakukan pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum sore hari, seperti misalnya pekerjaan kantor. Ini akan menjadi bonus besar ketika ada pertemuan bisnis di pagi hari dan otakmu diharuskan bekerja sangat cepat.

Kamu termasuk orang pagi atau malam? Apa kamu lebih suka bangun pagi dengan mudah atau selalu produktif, meski di malam hari? Bagikan komentar, ide-ide, dan pendapatmu di bawah, ya!

Bagikan Artikel Ini