Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Meski Panas, Kita Tak Bisa Tidur Tanpa Selimut, Ini Alasannya

----
152

Kamu gelisah pada malam hari, dan yang bisa membantumu hanyalah selimut. Sepertinya benda itu memiliki kekuatan sihir. Dengan memakai selimut, kita lebih cepat tidur. Pada malam panas pun tidak ada bedanya. Ada beberapa alasan kenapa kita sangat terikat pada selimut. Begitu kamu tahu alasannya, semua menjadi masuk akal.

Sisi Terang menemukan alasan kita memakai selimut dan kami akan membagikannya kepada kalian.

Selimut mengatur suhu tubuh kita.

Kita adalah makhluk berdarah panas. Artinya, kita bisa mengatur suhu tubuh kita, dan ini yang membuat kita tetap hangat. Namun, saat kita sedang tidur nyenyak, semua kendali kita hilang — ini saat kita mencari bantuan dari benda-benda di sekitar kita. Dan selimut membantu tubuh kita menyesuaikan dan menjaga suhu yang kita butuhkan.

Selimut adalah bagian penting dari rutinitas waktu tidur kita.

Kita juga “makhluk yang punya kebiasaan”. Ini berdampak besar pada alasan kita membutuhkan selimut. Meskipun ini bukan soal merasa aman, kita telah menggunakan selimut seumur hidup kita dan itu tertanam dalam rutinitas kita sejak saat itu. Jadi, saat kita tidur dan memakai selimut, tubuh kita menerima sinyal bahwa itu waktunya tidur.

Selimut menurunkan stres dan rasa cemas.

Serotonin adalah salah satu zat kimia “kesenangan” yang memainkan peran penting dalam membuat kita tetap bahagia dan tenang. Saat stres dan cemas, kita akan sulit tidur. Namun, begitu kita memakai selimut, jumlah zat ini meningkat dan perasaan itu mulai hilang.

Selimut membantu kita tidur.

Selimut menciptakan iklim mikro: pembatas yang memungkinkan suhu tidak banyak berubah. Ini menghangatkan kulit kita dan faktor di sekeliling kita yang membuat tubuh dingin tak begitu berpengaruh. Jadi, kita tidur lebih cepat, lebih nyenyak, dan tak akan terganggu.

Kita merasa terlindungi dan aman.

Selimut memicu perasaan aman karena ketakutan paling umum yang kita miliki saat kecil adalah takut gelap. Jadi, saat perasaan itu muncul, kita biasanya menutupi tubuh kita dengan selimut. Itu jalan keluar ajaib yang melawan rasa takut kita dan membuat kita merasa terlindungi. Perasaan aman ini masih ada bersama kita saat kita memakai selimut.

Kamu tidur memakai selimut meskipun panas? Apa itu membantumu tidur lebih cepat?

----
152
Bagikan Artikel Ini