Sisi Terang
Sisi Terang

Penelitian Mengungkap Kenapa Kebanyakan Bayi Lahir pada Malam Hari

Banyak keluarga memiliki cerita tentang bayi yang lahir beberapa menit setelah perjalanan heroik orang tua mereka ke rumah sakit pada tengah malam. Berdasarkan cerita-cerita ini, mudah dibayangkan bahwa bayi memutuskan melihat dunia saat kita tidak siap, yaitu pada malam hari.

Di Sisi Terang, kami penasaran apa ilmuwan punya jawaban untuk menjelaskan kenapa banyak sekali orang tua yang diberkati dengan bayi yang memutuskan untuk lahir saat hari sudah gelap. Dan di bagian bonus, kamu akan melihat hari apa yang paling populer untuk kelahiran bayi.

Semua berawal dari zaman gua dan mamut.

Mungkin ada alasan evolusioner tentang bayi lahir pada malam hari. Bagi orang zaman dulu, mungkin lebih aman untuk melahirkan bayi pada malam hari saat orang lain dari suku mereka berkumpul dan bisa memberi perlindungan dan bantuan untuk sang ibu. Malam hari mungkin adalah waktu yang lebih aman untuk melahirkan tanpa takut predator.

Tubuh ibu juga memiliki cara untuk menghadapi ini.

Hormon memiliki peran sangat besar sebagai alasan bayi lahir pada malam hari. Melatonin, hormon rumit yang membantu kita tidur, juga membantu ibu untuk memulai persalinan. Terkadang, ibu hamil sangat sulit tidur, tapi jumlah melatonin meningkat pada akhir kehamilan. Hormon ini membuat kontraksi lebih kuat saat digabungkan dengan hormon kelahiran, oksitosin.

Cara wanita melahirkan juga berpengaruh.

Menurut para peneliti, mayoritas bayi di AS lahir antara pukul 01.00 dan 07.00. Dan banyak bayi lahir pukul 08.00, ini waktu paling umum untuk lahir.

Ilmuwan memiliki penjelasan untuk hal ini. Bayi yang lahir alami, tanpa campur tangan, lahir pada pola malam/siang. Bayi yang lahir dengan Caesar sering kali lahir pada pagi hari dan hanya ada sedikit sekali kelahiran dengan cara Caesar pada malam hari.

Bonus: Ada hari paling populer saat mayoritas bayi lahir.

Menurut penelitian, mayoritas bayi di AS lahir pada hari Selasa dan paling sedikit bayi lahir pada hari Minggu. Lebih mengejutkannya lagi, kelahiran pada hari Sabtu dan Minggu kebanyakan terjadi pada larut malam dan menjelang pagi dibandingkan kelahiran pada hari Senin sampai Jumat.

Pukul berapa dan hari apa bayimu lahir? Apa cerita paling mendebarkan di keluargamu terkait kelahiran bayi?

Sisi Terang/Fakta Menarik/Penelitian Mengungkap Kenapa Kebanyakan Bayi Lahir pada Malam Hari
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya