Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

15+ Detail Menarik tentang Serial “Friends” yang Kita Lewatkan

Friends mengubah dunia pertelevisian dan genre komedi situasi. Meski episode terakhir dirilis 17 tahun lalu, Friends masih menjadi serial paling populer di Netflix.

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk mengingat kembali detail-detail dari beberapa episodenya yang mungkin terlewat olehmu.

Di episode ketika Monica dan Chandler menikah, kamu bisa melihat nama belakang Jennifer Aniston yang sebenarnya.

Rachel berjalan berkeliling dan melihat sebuah ruangan yang sedang dipakai untuk pernikahan orang Yunani. Salah satu nama belakang di papannya adalah Anastassakis. Ini adalah nama belakang asli ayah Jennifer yang diubahnya setelah pindah dari Yunani.

Nama tokoh utamanya diambil dari para tokoh All My Children.

All My Children adalah serial televisi yang ditayangkan selama 41 musim, dari tahun 1970 hingga 2011. Pembuat serial Friends sangat suka menontonnya, jadi mereka memutuskan untuk menamai semua tokohnya berdasarkan tokoh dari serial ini.

Nama Chandler terinspirasi dari keluarga Chandler; Ross dari Ross Chandler; Phoebe dari Phoebe Tyler; dan Monica dari Monique/Daisy Cordlandt. Nama Joey terinspirasi dari Joey Martin, dan Rachel Green dari Janet Green.

Lisa Kudrow memainkan peran seorang pelayan restoran, Ursula, di Mad About You.

Di Mad About You, Lisa Kudrow memerankan tokoh pendukung, yaitu seorang pelayan restoran bernama Ursula. Pembuat serial Friends memutuskan untuk menjadikan Ursula sebagai saudari kembar Phoebe.

Di salah satu wawancaranya, Lisa Kudrow mengungkapkan, “Ketika Friends mendapatkan jadwal tayang pada malam Kamis jam 20.30 setelah Mad About You, semua orang sadar ’kita perlu memberi penjelasan untuk penonton soal kenapa mereka melihat wanita yang sama dengan suara yang sama pada pukul 20:00 dan 20:30 di dua acara yang berbeda’.”

Omong-omong, Leila Kenzle dan Helen Hunt muncul di Friends dalam adegan ketika mereka berpikir bahwa Phoebe adalah Ursula. Ini karena mereka berdua adalah pemeran tokoh di Mad About You dan kenal Ursula dari acara tersebut.

Ketika para tokoh Friends menuangkan kopi ke dalam pot, bunganya mati di akhir episode.

Pencipta serial Friends memperhatikan dengan cermat hingga detail terkecilnya. Sebagai contoh, dalam adegan ketika Rachel membuat kopi pertamanya untuk Chandler dan Joey, ada pot berisi bunga di atas meja. Karena kopinya sangat tidak enak, mereka harus menuangkannya ke dalam pot bunga tersebut. Di akhir episode, bunganya mati.

Chandler menonton Baywatch untuk melihat Yasmine Bleeth berlari. Saat itu, Matthew Perry sebenarnya sedang berpacaran dengannya.

Hubungan mereka tidak berlangsung lama di tahun 1996, tetapi meninggalkan kenangan di acara ini.

Dalam adegan ketika Joey mengira Monica sedang hamil, dasi Chandler mirip seperti alat tes kehamilan yang positif.

Ketika Monica dan Chandler takut untuk memberi tahu Joey bahwa mereka ingin tinggal bersama, dia berpikir mereka ingin memberitahunya kabar lain, yaitu bahwa Monica hamil. Mungkin itu karena dasi Chandler.

Rumah yang dibeli Chandler dan Monica adalah rumah dari film Home Alone.

Dalam serial dan di film, kamu biasanya bisa melihat kesamaan tempat dan dekorasinya, tetapi hal itu sulit ditemukan. Namun, penonton yang paling antusias mengenali rumah yang ditinggali Kevin McCallister. Omong-omong, keluarga McCallister sebenarnya tinggal di Chicago, sementara Monica dan Chandler pindah ke pinggir kota New York.

Dalam episode soal otak baru Joey, Susan Sarandon menampar wajah putrinya sendiri.

Susan Sarandon muncul di Friends sebagai aktris dari acara TV tempat Joey bekerja. Tokohnya akan dihilangkan dari acara ini dan otaknya akan ditransplantasi ke dalam tubuh tokoh yang dimainkan Joey. Sarandon dikenal sebagai aktris yang pandai menampar wajah lawan mainnya, dan Joey harus menguasai hal yang sama. Wanita yang ditampar oleh Sarandon adalah Eva Amurri, seorang aktris yang ternyata adalah putrinya sendiri.

Rachel sebenarnya membaca skrip Friends ketika dia berpura-pura membaca skrip Days of Our Lives.

Di episode 19 dari musim 9, Joey meminta Rachel untuk membantunya mempelajari bagiannya untuk perannya dalam Days of Our Lives, dan Rachel membacakan dialog Joey. Namun ternyata, sebenarnya dia sedang memegang skrip untuk episode Friends tersebut. Kalau kamu mem-pause videonya, kamu bisa membaca judul episode ini, yaitu “The One with Rachel’s Dream”.

Ayah Matthew Perry muncul di acara ini dalam peran kecil.

Dia memerankan ayah pacar Rachel, Joshua, dalam adegan ketika dia dan istrinya pulang di saat yang paling tidak tepat.

Jennifer Aniston dan Tate Donovan berpacaran saat mereka bermain di acara TV ini.

Tate memerankan tokoh Joshua. Rachel memilihkan pakaian untuknya dan jatuh cinta padanya. Dia sudah lama mencoba untuk berpacaran dengannya, tetapi Joshua belum siap untuk menjalin hubungan.

Di dunia nyata, Jennifer Aniston dan Tate Donovan berpacaran, tapi putus tepat saat mereka harus menampilkan adegan jatuh cinta. Donovan mengakui bahwa itu bukanlah tugas yang mudah baginya.

Produser acara ini muncul di layar TV sebagai pemeran tambahan.

Selama 10 musim, para produser serial ini pernah muncul di berbagai episode. Sebagai contoh, di episode pertama musim ke-3, mereka duduk di sofa kedai kopi tokoh utama Friends yang ikonik. Selain itu, kamu bisa melihat Marta Kauffman dan Adam Chase di adegan ketika Joey dan Chandler menaiki bus di London dalam episode ketika Ross menikah.

Omong-omong, di episode yang sama, kamu bisa melihat Sarah Ferguson, mantan istri Pangeran Andrew. Dia setuju untuk mengambil bagian karena kedua anaknya, Putri Beatrice dan Putri Eugenie, adalah penggemar berat serial ini.

Salah satu kameo paling lucu dimainkan oleh Ilia Volok, yang memerankan pemilik penatu.

Joey meminta agar potretnya dipajang di dekat foto para selebritas, tetapi pemilik penatu bilang dia tidak mau melakukannya, karena di Mac and C.H.E.E.S.E, orang Rusia ditampilkan sebagai orang jahat.

Joey berkata bahwa foto Harrison Ford juga dipajang meski dia terlibat dalam film Air Force One di mana orang Rusia digambarkan sebagai orang jahat juga. Pemilik penatu ini bilang dia belum pernah menonton film itu. Lucunya, Ilia Volok terlibat dalam film tersebut, dan dia memerankan tokoh “orang Rusia yang jahat”.

Para tokoh Friends makan di restoran yang bernama Marcel’s.

Ini adalah penghormatan terhadap monyet Ross yang tidak lagi terlibat dalam acara ini, tetapi tetap akan dikenang di hati semua orang.

Boneka tokoh yang diperankan Robin Williams dari Mork & Mindy ada di dalam kamar Chandler.

Acara ini ditayangkan dari tahun 1978 hingga tahun 1982. Robin Williams digambarkan sebagai alien lucu yang dikirim ke Bumi. Boneka ini pertanda bahwa Chandler menghormati Robin Williams dan karyanya.

Sebelum pernikahan Ross dan Emily, ada koran The Independent di atas meja.

Nama koran bisa dibaca dengan mudah di layar TV karena suatu alasan. Seperti yang sudah kamu tahu, ada insiden dalam acara pernikahan Ross yang membuatnya tetap lajang dan tanpa ikatan setelahnya.

Di bandara, Rachel menunjukkan kartu tanda pengenal Monica.

Di episode terakhir, ketika Rachel akan pergi ke Paris, dia tidak bisa menemukan tiket pesawatnya, lalu memberikan petugasnya kartu tanda pengenal Monica. Mungkin pembuat serial ini iseng melakukannya atau mungkin mereka ingin menunjukkan bahwa Rachel tidak akan bisa pergi.

Bandara ini punya masalah keamanan yang serius, Rachel diperbolehkan masuk ke pesawat dengan kartu tanda pengenal orang lain!

Apa kamu melihat pesan tersembunyi atau detail kecil dalam acara Friends yang tidak disadari sebagian besar penonton? Beri tahu kami di kolom komentar.

Bagikan Artikel Ini