Sisi Terang
Sisi Terang

15 Kesalahan dalam Film-Film Animasi yang bahkan Terlewatkan oleh Sutradara dan Produser

Film animasi adalah hasil kerja banyak orang yang telah menginvestasikan waktu luar biasa banyak untuk mencapai kualitas hasil yang sangat baik. Terkadang, untuk menyelesaikan sebuah film, dibutuhkan waktu bertahun-tahun. Tapi meskipun film-film animasi berikut sudah melalui beberapa tahap revisi sebelum dirilis, kadang kesalahan yang sudah lama tersembunyi muncul juga.

Sisi Terang membuat kompilasi berbagai kesalahan dalam film animasi untuk memperlihatkan beberapa contohnya. Kamu mungkin tidak menyadari kesalahan-kesalahan berikut saat pertama kali menontonnya.

1. Bola 8 ajaib

Dalam film pertama Pixar dari waralaba Toy Story yang sukses, ada sebuah adegan di mana Andy sedang keluar rumah. Dia pergi untuk membeli piza dan meninggalkan Buzz serta Woody di atas mejanya sebentar. Saat itu, kamu bisa melihat dengan jelas di dekat Woody tidak ada apa-apa dan mejanya sangat bersih. Tapi dalam adegan berikutnya, tiba-tiba sebuah Bola 8 biliar ajaib muncul di dekat koboi favorit kita.

2. Lengan baju Cinderella menghilang

Di akhir film Disney Cinderella, ketika tokoh protagonis dalam kisah itu mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang, kamu bisa melihatnya mengenakan gaun berlengan panjang. Dalam adegan berikutnya, di mana kita bisa melihat kereta kuda dari belakang, seharusnya dia masih mengenakan gaun yang sama, tapi entah bagaimana, lengan bajunya malah hilang.

3. Buzz bilang tidak akan jadi mainan, tapi selalu berdiri mematung ketika bertemu Andy.

Lagi-lagi, dalam film Toy Story yang pertama, salah satu karakter utamanya, Buzz Lightyear, bilang tidak akan menjadi mainan sejak awal film dimulai. Tapi, tiap kali Andy memasuki kamarnya atau kapan pun Buzz melihatnya, dia hanya berdiri mematung seperti semua mainan lain yang mengakui diri mereka adalah mainan.

4. Musisi yang hilang timbul

Di awal film Disney Lilo & Stitch, dua orang musisi yang membawa alat musik terlihat ada di kelas dansa jika kamu perhatikan dengan cermat bagian belakang panggung. Tapi, pada take berikutnya, ketika sudut kamera berubah sehingga kamu bisa melihat semua penari dari sebelah kiri, kedua musisi itu hilang dan kemudian muncul lagi pada beberapa take berikutnya.

5. Musisi berganti alat musik dalam kelas dansa.

Sekali lagi, dalam adegan Lilo & Stitch yang sama, para musisi muncul di latar belakang untuk bermain musik bagi kelas dansa itu. Sepanjang lagu, keduanya memainkan alat musik yang sama, seperti yang bisa kamu lihat pada tangkapan layar di atas. Tapi kemudian, saat Lilo memberi tahu mereka bahwa “Pudge, si ikan” mengendalikan cuaca, ada gambar yang menunjukkan kedua musisi saling memandang sambil memegang alat musiknya. Di situlah kamu bisa melihat bahwa salah satu alat musiknya telah secara ajaib berubah menjadi gendang.

6. Olaf jatuh di atas Kristoff

Sebuah kesalahan yang bisa dilihat dalam film ini terjadi saat monster es mengejar Anna, Kristoff, dan Olaf. Beberapa saat kemudian, dia melemparkan manusia salju itu ke dalam jurang. Dalam adegan yang sama, ketika Anna dan Kristoff jatuh dari tebing, kita melihat Kristoff jatuh di bawah Olaf meskipun Olaf yang jatuh lebih dulu. Tentu saja, ini dengan asumsi bahwa dalam film Frozen, hukum fisika berlaku seperti di dunia kita.

7. Satu gigi Vanellope tanggal saat berlatih dengan mobilnya.

Dalam film Disney Wreck-it Ralph, ada sebuah adegan di mana Vanellope berlatih go-kart di jalur yang dibuatkan Ralph untuknya. Tak lama kemudian, dia menabrak tiang. Itulah kecelakaan yang menyebabkan satu giginya tanggal. Tapi meskipun kamu bisa melihat dengan jelas bahwa giginya sudah copot, di sepanjang sisa film, giginya kembali seperti semula.

8. Tidak ada pantulan Hamm dan Rex di TV.

Sekarang giliran film Toy Story 2, di mana ada adegan Rex sedang menonton TV. Saat sedang menonton, mereka melihat iklan toko mainan Al di layar. Saat itulah Hamm membantu Rex untuk mematikan TV. Tapi, setelah TV dimatikan, kita tidak bisa melihat pantulan siapa pun, meskipun mereka berdua berada tepat di depannya. Kamu hanya bisa melihat pantulan ruangan kosong.

9. Belenggu lenyap dari tangan Flynn

Dalam film Disney Tangled, saat Flynn dibelenggu dengan rantai oleh Gothel, kita bisa melihat Rapunzel mendekat untuk berbicara kepadanya. Meskipun masih “dirantai”, kita bisa melihat Flynn membelai wajah Rapunzel dalam pengambilan gambar close-up yang indah. Tapi, kalau kamu perhatikan, pergelangan tangannya sudah tidak terbelenggu meskipun dalam adegan berikutnya belenggu itu muncul lagi.

10. Boo hanya sesekali memengaruhi listrik

Dalam film pertama Monsters Inc., mungkin kamu ingat bahwa ketika Boo, satu-satunya manusia yang melintasi pintu menuju dunia monster, menangis atau tertawa, seluruh jaringan listrik menjadi padam. Entah bagaimana, ini jauh lebih jelas terlihat saat ketiganya berada di apartemen Mike dan Sully. Menariknya, ketika Randall menculik Boo, dia diikat di kursi dan menjerit-jerit, tapi kondisi listrik baik-baik saja.

11. Goresan pada lukisan Beast berpindah tempat

Di awal film animasi Disney Beauty and the Beast, ketika Beast menggores foto dirinya sebelum dikutuk, kamu melihat cakarnya mengenai mata lelaki muda dalam lukisan sampai merobeknya. Tapi, ketika Belle menemukan lukisan tersebut beberapa adegan kemudian, kamu bisa melihat bahwa goresan pada lukisan itu berbeda.

12. Noda makanan di wajah Beast datang dan pergi

Ketika Belle makan malam bersama Beast, mungkin kamu ingat bahwa berlawanan dengan pembawaan Belle yang bertata krama, wajah Beast kotor berlepotan makanan. Di sinilah ada hal yang jelas terlewatkan oleh para animator dan mungkin hanya sedikit orang yang menyadarinya. Dalam take setelah kita melihat Beast berlepotan makanan, wajahnya menjadi bersih, seolah-olah dia belum makan apa-apa. Detail ini kemudian dikoreksi dalam adegan berikutnya, di mana noda makanan muncul lagi.

13. Belle “menyelinap” ke dalam film The Hunchback of Notre Dame

Ini bukan kesalahan, tapi poin ini menitikberatkan detail aneh yang hanya disadari oleh sangat sedikit orang, kecuali kalau mereka menonton film ini beberapa kali. Ketika lagu “Out There” dilantunkan dalam latar belakang film The Hunchback of Notre Dame, terlihat Belle yang sedang menyusuri jalan selama beberapa detik sambil membaca buku.

14. Bayangannya tidak bergandengan tangan

Dalam film Pocahontas, ketika tokoh utamanya ikut bersama Nakoma untuk mengunjungi John yang tengah menjadi tawanan, mereka bergandengan tangan sebelum sampai di sana. Tapi setelah diperhatikan dengan lebih cermat, seperti yang terlihat di atas, pada saat itu bayangan mereka tidak bersentuhan tangan.

15. Garpu yang berubah jumlah giginya

Dalam film The Little Mermaid, ketika Ariel sedang mencari barang-barang dalam kapal karam di bagian awal film, dia menemukan garpu yang dia sebut sebagai “sampah”. Saat kamera fokus pada garpu, kamu bisa melihat gigi garpunya ada 4. Tapi saat Ariel mengambilnya, giginya menjadi hanya 3.

Mana dari sejumlah kesalahan ini yang tidak kamu sadari? Kesalahan apa yang kamu jumpai pada film lainnya?

Sisi Terang/Film/15 Kesalahan dalam Film-Film Animasi yang bahkan Terlewatkan oleh Sutradara dan Produser
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya