Sisi Terang
Sisi Terang

15 Kesalahan Konyol yang Entah Bagaimana Bisa Ada dalam Film Favorit Kita

Proses syuting film tidak selalu berjalan sesuai rencana. Banyak aktor suka berimprovisasi, mengubah naskah dengan cepat, menambah banyak drama atau humor ke dalam adegan hingga sering kali mengejutkan lawan mainnya. Seringnya, adegan dan dialog yang tidak direncanakan itu malah dipilih sebagai versi yang ditampilkan dalam hasil akhir film. Akan tetapi, beberapa insiden terjadi secara tidak sengaja, misalnya karena kelupaan seorang aktor.

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk mencari tahu adegan mana yang seharusnya tidak ada dalam film, tetapi tetap saja berakhir di sana.

American Sniper

Para “aktor” yang baru lahir sering kali menyebabkan banyak masalah. Alih-alih memakai jasa mereka, boneka sering dipakai sebagai penggantinya. Sebagian besar sutradara menggunakan boneka animasi yang bisa menggerakkan anggota tubuh mereka. Akan tetapi, kreator film American Sniper memutuskan untuk menggunakan boneka biasa. Dalam adegan di mana karakter Bradley Cooper menggendong putrinya yang baru lahir, aktor tersebut harus membuat boneka itu seolah terlihat hidup dengan menggerakkannya memakai jarinya sendiri. Adegan tersebut terlihat dengan jelas, tetapi sayangnya tidak bisa direkam ulang. Pada akhirnya, adegan yang ada bayinya itu memancing banyak lelucon di internet.

Fast & Furious 6

Ketika Hobbs muncul di pesta barbeku dalam film tersebut, Roman berkata, “Hei, Mia, lebih baik sembunyikan minyak bayimu.” Lalu, karakter Dwayne Johnson membalas, “Kamu lebih baik sembunyikan jidat lebar itu.” Tidak ada yang menyangka kalimat itu keluar darinya sehingga aktor Chris Bridges benar-benar tertawa terbahak-bahak sampai menyembur minumannya dan Tyrese Gibson pun bahkan tidak tahu harus berbuat apa. Semuanya terlihat sangat lucu sehingga adegan itu disimpan dalam film tersebut.

Guardians of the Galaxy

Chris Pratt sebenarnya memang menjatuhkan bola dengan Batu Infinity tersebut secara tidak sengaja, tetapi terus berakting di adegan tersebut. Kreator film berpikir bahwa adegan itu terlihat sangat alami seolah-olah telah direncanakan, apalagi semuanya dilakukan dalam karakter Star Lord.

Zoolander

Dalam adegan pemakaman, di mana karakter David Duchovny berbicara tentang bagaimana industri fashion berada di balik semua pembunuhan politik besar-besaran selama 100 tahun terakhir, karakter Ben Stiller bertanya, “Kenapa model pria?” Duchovny menjelaskan, tetapi Zoolander bertanya lagi, “Tapi kenapa model pria?” Ternyata Ben Stiller baru saja melupakan baris berikutnya sehingga hanya mengulang-ulang baris sebelumnya. Duchovny memutuskan untuk berimprovisasi sambil berkata, “Kamu lagi bercanda, ya? Aku baru saja menjelaskannya.” Adegan lucu itu dibiarkan dalam film.

The Amazing Spider-Man 2: Rise of Electro

Ketika Spider-Man pergi setelah “mengikat” Gwen ke mobil, Gwen memanggilnya dengan nama aslinya di depan umum yang mengungkapkan identitasnya. Padahal, adegan tersebut tidak ada dalam naskah. Sadar baru saja membuat kesalahan, aktris Emma Stone langsung menutup mulutnya dengan tangannya secara otomatis.

Blade Runner

Adegan di mana karakter Daryl Hannah melarikan diri dalam keadaan panik, tergelincir, dan memecahkan jendela van dengan sikunya mungkin tampak direncanakan. Namun, adegan tersebut ternyata murni kecelakaan. Aktris itu tergelincir tanpa sengaja dan kemudian langsung dilarikan ke rumah sakit karena mengalami cedera siku.

The Lord of the Rings: The Two Towers

Dalam adegan di mana Éowyn disorot dari jauh, kamu bisa melihat bendera terlepas dari tiang dan terbang menjauh. Insiden itu tidak direncanakan, tetapi sangat metaforis dan terlihat sangat pas sehingga akhirnya diputuskan untuk dibiarkan saja.

Saat syuting adegan kebakaran, Viggo Mortensen diharuskan menendang sebuah helm ork yang berat. Aktor itu menendangnya begitu keras hingga jari kakinya patah lalu menjerit kesakitan. Episode itu begitu nyata sehingga sang sutradara Peter Jackson sangat terkesan dengan fakta bahwa Viggo terus berakting meskipun dia mengalami cedera serius. Akhirnya, dia memutuskan untuk menyimpan adegan ini dalam film.

You’ve Got Mail

Ketika Joe meninggalkan toko buku sambil memegang balon di tangannya dan seekor ikan mas di dalam tas, tiba-tiba salah satu balonnya tersangkut di pintu. Adegan ini tidak direncanakan dan Tom Hanks berkata, “Untung bukan ikannya yang nyangkut!” Meski tidak direncanakan, adegan tersebut benar-benar lucu dan disimpan dalam film.

Being John Malkovich

Adegan di mana seorang pria dari mobil yang lewat melempar kaleng bir ke kepala karakter utama tidak ada dalam naskah. Gara-gara satu kaleng bekas dan membuat kesalahan, reaksi John Malkovich menjadi sangat alami. Sang sutradara Spike Jonze sangat menyukai adegan itu sehingga dia menyimpannya di potongan terakhir film.

Passengers

Ketika karakter utama seharusnya berciuman setelah berjalan di luar angkasa, Jennifer Lawrence dan Chris Pratt saling bertabrakan dengan pakaian antariksa mereka. Seketika, mereka tertawa terbahak-bahak sehingga membuat momen tersebut menjadi tidak romantis.

North by Northwest

Dalam adegan di mana Eve Kendall menembak Thornhill di kafe, kamu bisa melihat anak laki-laki di belakang menutup telinganya dengan jari sebelum terjadi tembakan. Kesalahan konyol ini mungkin terlewatkan selama proses pengeditan sehingga kamu bisa melihat adegan tersebut di film yang sudah selesai.

Raiders of the Lost Ark

Dalam adegan di mana Indy mengancam akan meledakkan Ark itu, kamu bisa melihat seekor lalat masuk ke mulut Belloq. Sedetik kemudian, lalat tersebut keluar kembali. Akhirnya, pemandangan itu dibiarkan saja. Meski begitu, adegan ini luput dari pandangan para penonton sehingga banyak orang berasumsi bahwa aktor itu baru saja menelan lalat.

Mrs. Doubtfire

Tepat setelah momen karakter Robin Williams jatuh dalam keadaan wajahnya terbenam ke dalam kue, tiba-tiba krim dari dagunya jatuh ke dalam cangkir. Adegan tersebut tidak ada dalam naskah aslinya tetapi sang aktor dengan cepat menemukan solusi elegan dari masalah tersebut sambil berkata, “Oh, itu dia, akhirnya kamu menikmati krim sekaligus gulamu sekarang.” Momen itu disimpan dalam film.

Back to the Future Part III

Di adegan terakhir film, kamu bisa melihat putra bungsu Doc menunjukkan sikap kasar yang dianggap terlalu berlebihan oleh banyak orang. Namun, kemungkinan besar, aktor muda tersebut hanya berusaha memberi tahu sutradara dan anggota kru lainnya bahwa dia harus pergi ke kamar mandi. Adegan itu mungkin terabaikan begitu saja selama proses pengeditan. Akan tetapi, pemirsa yang sangat jeli masih berhasil menangkapnya.

Manakah dari adegan di atas yang menurutmu harus diambil ulang? Atau apakah semuanya cukup bagus untuk disimpan di potongan terakhir?

Sisi Terang/Film/15 Kesalahan Konyol yang Entah Bagaimana Bisa Ada dalam Film Favorit Kita
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya