Sisi Terang
Sisi Terang

17 Fakta Kucing Ini Bikin Kita Makin Sayang sama Mereka

Kucing adalah hewan yang luar biasa, itulah sebabnya banyak orang di seluruh dunia menyukainya. Kita mungkin mengira sudah tahu segalanya tentang kucing, tapi nyatanya tidak, karena kucing selalu menemukan cara untuk membuat kita terpukau.

Sisi Terang telah mempelajari banyak fakta baru dan menarik tentang hewan peliharaan imut ini dan ingin membagikannya kepadamu.

1. Tukang tidur

Rata-rata, kucing menghabiskan dua pertiga hidupnya untuk tidur. Jadi, seekor kucing berusia 9 tahun menghabiskan 6 tahun hidupnya untuk tidur.

2. Otak kucing punya kemiripan dengan manusia

Secara biologis, ternyata otak kucing lebih dekat dengan otak kita dibanding anjing. Manusia dan kucing sama-sama punya bagian otak yang bertanggung jawab atas emosi.

3. Liger, kucing paling besar di dunia

Kucing paling besar hingga saat ini adalah liger. Hewan ini bisa tumbuh hingga 4 meter dan beratnya bisa lebih dari 300 kg. Liger terbesar saat ini memiliki berat 450 kg.

4. Kucing liar paling kecil di dunia

Kucing liar paling kecil di dunia sampai saat ini adalah kucing berkaki hitam. Betinanya hanya tumbuh hingga sekitar 35 cm dengan berat hanya 1,5 kg.

5. Mitos kucing hitam

Orang Inggris dan Australia percaya bahwa bertemu kucing hitam dapat membawa keberuntungan, sedangkan di Eropa dan Amerika Utara, pertemuan ini dianggap sebagai pertanda sial.

6. Ras kucing paling populer saat ini adalah kucing persia, lalu diikuti oleh maine coon dan siam.

7. Kucing juga ada yang suka air, yaitu kucing van turki. Ras kucing ini suka berenang karena bulunya tahan air.

8. Kucing mata-mata

Para karyawan di Kedutaan Besar Belanda di Moskow melihat ada 2 kucing siam yang datang ke gedung mereka secara rutin untuk menggaruk dinding. Ternyata, ada mikrofon mata-mata Rusia yang tersembunyi di dalam dinding tersebut.

9. Kucing hampir selalu bisa menemukan jalan pulang

Banyak kucing bisa menemukan jalan pulang meski sudah berjalan jauh. Menurut para ahli, kucing tahu di mana mereka berada dari arah sinar matahari atau mereka punya sel-sel magnet di otak yang bekerja seperti kompas.

10. Kucing tertua di dunia

Kucing paling tua di dunia adalah Crème Puff dari Austin, Texas, yang hidup dari tahun 1967 hingga 5 Agustus 2005, lalu kucing ini mati 3 hari setelah ulang tahunnya yang ke-38.

11. Mirip manusia, kucing dapat diidentifikasi dari sidik jarinya, hanya saja, sidik ini terletak di hidung.

12. Tidak seperti manusia, kucing tidak punya kelenjar keringat di seluruh tubuh. Jadi, mereka hanya berkeringat lewat kaki.

13. Kucing sangat sensitif terhadap getaran. Mereka bisa merasakan gempa 10-15 menit lebih cepat dibanding manusia.

14. Kucing jantan biasanya kidal, sementara kucing betina sebaliknya.

15. Pemilik kucing punya risiko 30% lebih rendah mengalami serangan jantung atau stroke.

16. Kucing domestik pertama

Kucing domestik pertama awalnya diyakini muncul di Mesir, tapi sebuah penemuan pada tahun 1936 membuktikan teori ini salah. Di Siprus, di kuburan berusia 9.500 tahun, terdapat mumi anak kucing yang dibunuh untuk dimakamkan bersama pemiliknya. Temuan ini jauh mendahului kemunculan kucing di dalam seni Mesir dengan jarak lebih dari 4.000 tahun.

17. Kucing berasal dari bersin singa?

Menurut kepercayaan Yahudi, Nabi Nuh berdoa kepada Tuhan agar makanan di bahteranya selamat dari tikus. Tuhan pun membuat seekor singa bersin dan dengan begitu, terciptalah kucing.

Bonus

Ternyata ada metode khusus untuk menghilangkan suasana hati yang buruk dan banyak penyakit. Ini disebut terapi kucing atau perawatan dengan kucing. Menurut studi medis, kucing dapat menyembuhkan manusia lewat beragam cara:

  • Lewat suara: saat mendengkur, kucing membuat gelombang suara berfrekuensi 16 hingga 44 Hz; ini adalah frekuensi yang sempurna untuk merangsang sistem pelindung tubuh dan membuat sistem imun tubuh makin kuat;
  • Lewat panas: suhu tubuh kucing biasanya beberapa derajat lebih tinggi dibanding manusia, jadi, kucing punya efek hangat dan anti-inflamasi.
  • Lewat medan magnet (energi hewan: dengan cara ini, kucing dapat menenangkanmu, meningkatkan suasana hatimu, menetralisir stres, dan menyembuhkan depresi).

Fakta kucing mana yang paling membuatmu kagum? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Sisi Terang/Hewan/17 Fakta Kucing Ini Bikin Kita Makin Sayang sama Mereka
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya