Sisi Terang
Sisi Terang

Inilah Perbedaan antara Buaya dan Aligator

Sangat membingungkan untuk membedakan buaya dengan aligator. Terkadang sepertinya tidak ada perbedaan antara keduanya, dan dianggap reptil yang sama. Tapi itu tidak benar. Ada beberapa perbedaan antara buaya dengan aligator.

Sisi Terang ingin menyampaikan kepadamu apa saja perbedaan dan persamaan buaya dengan aligator, serta apa itu gavial atau gharial.

Apa saja perbedaan antara buaya dengan aligator

Inilah 6 perbedaan utama antara buaya dan aligator:

  • Bentuk moncong kedua reptil berbeda. Aligator memiliki moncong lebar berbentuk huruf U, sedangkan buaya bermoncong sempit berbentuk huruf V.
  • Gigi kedua reptil tampak berbeda. Kalau mulut aligator tertutup, biasanya deretan gigi bawahnya tidak kelihatan. Sebaliknya, sebagian gigi bawah buaya tampak, terutama gigi besar yang keempat.
  • Warna keduanya lain. Biasanya warna aligator lebih gelap daripada buaya. Warna aligator bervariasi dari abu-abu sampai hitam dan warna kulit buaya hijau zaitun atau bersemu cokelat.
  • Habitat mereka berbeda. Buaya hidup di air asin, sementara aligator lebih menyukai air tawar.
  • Perilaku mereka lain. Biasanya buaya lebih agresif dibanding aligator.
  • Keduanya berasal dari famili yang berbeda. Menurut klasifikasi biologi, buaya termasuk famili Crocodylidae. Misalnya, famili ini mencakup buaya Amerika, buaya Morelet atau Meksiko, dan buaya Sungai Nil. Dan aligator termasuk famili Alligatoridae. Contohnya yang khas adalah kaiman berkacamata atau kaiman putih, aligator Amerika, dan aligator Tiongkok.

Apa saja persamaan buaya dan aligator

  • Keduanya kerabat jauh. Meskipun faktanya buaya dan aligator berasal dari famili yang berbeda, kedua hewan ini sama-sama termasuk ordo Crocodilia. Dan ordo ini adalah kerabat terdekat dinosaurus: bersama dengan burung. Cuma mereka keturunan yang masih hidup dari archosaurus purba.
  • Keduanya memiliki struktur yang serupa. Baik buaya maupun aligator memiliki tubuh panjang, kepala rata yang besar, kaki pendek kuat, dan ekor kuat. Kulit reptil ini tertutup oleh sisik bertulang yang melindungi mereka dan menutupi area tubuh yang rentan.
  • Cara hidup keduanya serupa. Buaya dan aligator menghabiskan sebagian hidup mereka di air, dan sebagian di darat. Biasanya mereka berenang lambat-lambat di permukaan air atau di bawah permukaan air, tapi setelah melihat mangsa, mereka bisa menambah kecepatan dan bergerak dengan sangat cepat. Sebaliknya, di darat, reptil ini bergerak lambat dan kikuk.

Apa itu Gavialidae

Dalam ordo Crocodilia, ada famili lain di samping buaya dan aligator, yaitu Gavialidae. Tidak seperti buaya dan aligator, anggota famili ini memiliki rahang lemah dan moncong tipis runcing. Ini memungkinkan Gavialidae mencari ikan (yang menjadi makanan pokok famili Gavialidae). Tapi mereka tidak mampu berburu mangsa yang besar.

Kebanyakan Gavialidae telah lama punah, dan 2 spesies yang tersisa, gharial dan buaya sepit, sebagian besarnya hidup di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Sisi Terang/Hewan/Inilah Perbedaan antara Buaya dan Aligator
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya