Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Tes: Gunakan Ketajaman Matamu untuk Menemukan Gambar 3D yang Tersembunyi

Ilusi optik adalah semacam lelucon yang dimainkan pikiran kita dengan membuat kita percaya telah melihat hal tertentu yang sebenarnya adalah hal lain. Seperti itulah cara kerja stereogram, yang sangat mudah menipu kita dengan menyembunyikan gambar 3D di dalam gambar 2D dan tak berbentuk.

Agar kamu tidak kaget, Sisi Terang berpikir untuk mengujimu dengan menunjukkan bagaimana ilusi optik diciptakan oleh stereogram. Kami menyiapkan 18 gambar untuk melatih matamu dan menemukan bentuk tersembunyi dengan cepat. Kami juga menyertakan bonus berisi penjelasan cara mendeteksi figur 3D yang tersembunyi dalam gambar jika kamu kesulitan saat mencarinya.

Cara kerja stereogram.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, stereogram adalah ilusi optik 3D yang disebabkan oleh penglihatan binokular: ketika kita melihat suatu objek, mata kanan dan kiri memvisualisasikan objek tersebut dengan cara yang agak berbeda. Lalu, kedua mata kita mengirimkan informasi itu ke otak sehingga dapat diproses dan akhirnya “diterjemahkan” ke dalam objek 3D yang kita lihat setiap hari. Jadi, stereogram didasari prinsip pembuatan ilusi kedalaman, meskipun tidak ada kedalaman sama sekali.

1. Siap untuk memulai? Temukan singa tersembunyi.

2. Temukan badak yang tersembunyi.

3. Bisa lihat kelincinya?

4. Ada beruang yang bersembunyi di sini.

5. Dan di sini ada rubah.

6. Coba temukan kucing yang tersembunyi.

7. Bisa temukan flamingo di sini?

8. Coba temukan unta di sini.

9. Beruntung banteng ini tidak bisa melompat keluar dari layar!

10. Kami akui, anjing ini cukup sulit ditemukan.

11. Bisakah kamu melihat anak babi?

12. Dan di sini ada monyet nakal sedang bersembunyi.

13. Bisa temukan domba di gambar ini?

14. Dan di sini ada bebek yang lucu.

15. Bisa temukan kuda tersembunyi?

16. Coba temukan kuda nil.

17. Temukan gajah tersembunyi.

18. Hei, kerja bagus! Ini yang terakhir, siap? Bisa temukan lumba-lumba tersembunyi?

Bisa temukan semua hewan di atas? Berikut kiat untuk menemukan semua stereogram.

Agar dapat melihat objek 3D stereogram, kamu tidak memerlukan kacamata 3D. Kamu hanya membutuhkan kecerdikan dan kesabaran penuh, dan hasilnya akan sepadan! Jika tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang, ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan agar bisa menemukannya:

  • Hal yang paling penting adalah mengubah fokus penglihatanmu terhadap objek, sehingga kamu bisa melihatnya dari perspektif masing-masing mata di saat bersamaan.
  • Kamu bisa fokus pada bagian tengah gambar dan perlahan bergerak mendekat hingga gambar mulai terlihat.
  • Berdiri 30 sentimeter dari gambar dan rilekskan mata hingga penglihatanmu menjadi buram dan seperti terbagi dua. Ini akan membuat matamu memandang beberapa perspektif. Segera, kamu akan menemukan objek tersembunyi yang perlahan muncul. Tatap terus gambar tersebut hingga terlihat bentuk yang jelas.

Banyak orang, seberapa pun kerasnya mereka melatihnya, tidak bisa melihat objek tersebut. Ini dapat terjadi jika ada masalah pada penglihatan binokularnya. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, untuk melihat gambar binokular, kedua mata harus melihat gambar yang sama secara bersamaan. Mereka yang menderita mata juling, mata malas, atau kondisi yang serupa mungkin tidak akan mampu melihatnya karena otak mereka memproses gambar menggunakan konsep kedalaman yang berbeda-beda.

Apakah kamu bisa melihat semua hewan tersembunyi pada gambar? Ayo bagikan artikel ini dengan teman-temanmu dan cari tahu siapa yang mendapatkan hasil terbaik.

Bagikan Artikel Ini