6 Negara Ini Punya Keunikannya Sendiri dalam Etiket Kamar Mandi dibanding Dunia

Tradisi kamar mandi di tiap negara mungkin berbeda-beda, sebagai contoh, saat kamu pergi ke Korea, beberapa tradisi di sana mungkin membuatmu terpukau atau malah mengejutkanmu. Bahkan cara beberapa orang mencuci tangan juga lumayan unik, dan alih-alih dispenser, kamu mungkin melihat alat aneh dengan sabun di toilet umum.

Sisi Terang mencoba melihat sejumlah kebiasaan toilet unik dari berbagai negara dan ingin membagikan beberapa fakta yang kami dapatkan kepadamu.

1. Kamu bisa menemukan sabun khusus di toilet umum Korea.

Kita sudah terbiasa melihat dispenser sabun di toilet umum, tapi mereka yang pernah bepergian ke Korea melihat satu keunikan di sana. Banyak blogger menyadari bahwa kamu dianggap beruntung jika bisa menemukan sabun di kamar mandi, tapi biasanya, yang tersedia adalah batang sabun yang ditempel ke tiang dan kamu perlu menggosoknya untuk membersihkan tanganmu.

2. Toilet umum di Jepang mungkin punya tombol darurat.

Beberapa toilet umum di Jepang dilengkapi fitur yang sangat berguna—yaitu tombol darurat. Terkadang, para turis mengira tombol ini adalah tombol siram. Tombol ini berfungsi mengirimkan alarm ke pihak keamanan untuk memeriksa bilik toilet. Ini adalah fitur yang sangat baik bagi penduduk lansia yang mungkin membutuhkan bantuan.

3. Ada sistem bernama “Putri Suara” di Jepang.

Beberapa wanita Jepang merasa malu jika suara mereka ketika di toilet terdengar oleh orang lain. Untuk mengurangi masalah yang bisa membuat stres ini dan menutupi suara yang memalukan, insinyur di Jepang menciptakan sebuah alat yang menghasilkan suara siraman air tanpa perlu benar-benar menyiram, jadi, airnya tidak terbuang sia-sia.

4. Banyak tempat di Tiongkok masih menggunakan toilet jongkok.

Sama seperti di Indonesia, banyak tempat di Tiongkok masih menggunakan toilet jongkok tradisional, terutama di toilet umum. Meski begitu, para blogger mengatakan wisatawan juga masih punya pilihan toilet duduk. Beberapa orang kesulitan menjaga keseimbangan dalam posisi jongkok, terutama di kereta.

5. Toilet di Kamboja menggunakan semprotan selang.

Toilet Kamboja memiliki beberapa fitur unik. Pertama, toilet umum sangatlah langka. Kedua, sama seperti di Indonesia, kamu perlu membuang tisu toilet bekas ke keranjang karena banyak sistem limbah belum bisa menangani tisu toilet. Ketiga, ada semprotan selang di kamar mandi yang digunakan untuk membilas diri dan menyiram toilet.

6. Orang-orang di Antarktika menggunakan toilet portabel.

Para pelancong mengatakan ada tenda khusus untuk toilet di Antarktika. Kamu mungkin menemukan toilet khusus untuk buang air kecil dan buang air besar. Toilet untuk buang air besar ini portabel dan dapat membungkus serta menutup kotoranmu ke dalam kantong plastik.

Toilet portabel asal Jepang ini cukup menarik, setelah selesai, “kamu perlu menekan tombol untuk menyegel kantong di dalamnya. Dibutuhkan 2 menit untuk menyelesaikan proses penyegelan ini.” Lalu kamu bisa membuang kantong kotoranmu di tempat sampah.

Kamu pernah melihat fitur kamar mandi unik lainnya? Menurutmu, fitur kamar mandi seperti apa yang paling menarik atau paling aneh yang pernah kamu lihat seumur hidup?

Kredit foto pratinjau Hwajangshil/reddit, Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini