9 Hal di Amerika yang Membuat Bingung Kebanyakan Orang Asing

Saat kamu tinggal di suatu negara bertahun-tahun, semuanya terlihat biasa dan tidak asing. Namun, orang luar akan selalu menemukan hal menarik dalam budaya dan kebiasaan yang membuat mereka berpikir, “Ada apa ini?” Hidup di Amerika Serikat bisa membuat bingung para pendatang baru, mulai dari membeli makanan dan majalah di apotek sampai menggoreng hampir apa pun yang bisa kamu pikirkan.

Kami di Sisi Terang mencoba mencari tahu hal-hal apa di Amerika Serikat yang sering kali membuat para turis terkejut, dan inilah dia.

1. Toilet umum punya celah yang sangat lebar.

Toilet umum di Amerika sering kali membuat bingung para turis karena tampaknya memiliki lebih sedikit privasi daripada toilet di negara lain. Ini karena celah besar di samping dan celah lapang di bawah bilik yang sepertinya mencapai seperempat pintu.

Meskipun masalah ini dibahas luas di internet oleh orang asing dan orang Amerika, tampaknya tidak ada jawaban seragam. Beberapa orang berkata celah besar di bawah pintu membantu membersihkan lantai lebih cepat dan lebih mudah. Beberapa orang lain percaya celah besar di sana untuk alasan keselamatan, dan itu mencegah orang menggunakan toilet untuk tujuan yang tidak semestinya.

2. Makanan memiliki porsi super besar.

Orang-orang di sini suka porsi besar saat makan di luar. Restoran-restoran dan kedai makanan cepat saji di Amerika terkenal menyajikan burger 1,3 kg, piza 50 cm, dan hidangan lain yang tampak sangat besar bagi orang luar.

Jika kamu masih ingin mencoba sesuatu yang lebih besar, kunjungi Mallie’s Sports Bar & Grill. Di sana, mereka menyajikan salah satu burger terbesar di dunia yang beratnya mencapai 158 kg. Salah satu teori mengatakan bahwa porsinya bertambah seiring waktu untuk menambah profit restoran.

3. Hampir semua makanan bisa digoreng.

Berdasarkan sejarah, resep pertama ikan goreng ditemukan dalam buku resep Spanyol dan Portugis dari abad ke-13. Siapa pun yang menemukan cara memasak ini tak memikirkan bahwa kita akan bertindak sangat jauh dengan memasak makanan favorit kita dalam minyak mendidih di abad ke-21.

Hampir setiap negara punya hidangan ikan goreng khas sendiri, tapi kamu jarang menemukan banyak jenis hidangan goreng seperti yang mereka sajikan di Amerika. Di sini, kamu bisa mencoba hampir produk apa pun dalam versi goreng, entah itu buah-buahan, sayuran, kue dan biskuit, acar, mentega, cokelat, dan bahkan permen karet!

4. Sebagian besar koin tidak menunjukkan nilai numerik dan punya nama membingungkan.

Di kebanyakan negara, koin mendapat nama umum berdasarkan nilainya dan nilai ini dicantumkan di kedua sisi. Tapi beda halnya dengan sebagian besar koin di Amerika yang punya nama berbeda. Koin 1 sen disebut “penny” dari sen Inggris, sementara koin 5 sen disebut “nickel” karena bahannya dari nikel.

Nama koin 10 sen, “dime” diambil dari kata Latin, “deciums” yang berarti “sepersepuluh” dan untuk koin 25 sen, namanya “quarter” karena itu seperempat dolar dan koin-koin pertama berbobot empat kali lebih ringan daripada satu dolar.

5. Tag harga tidak termasuk pajak.

Saat turis atau pendatang baru berbelanja di Amerika untuk kali pertama, mereka kemungkinan besar bingung. Harga yang kamu lihat di label bukan harga final karena tidak menunjukkan pajak yang akan ditambahkan pada tagihanmu di kasir, sehingga menaikkan totalnya. Selain itu, pajak penjualan tidak tetap dan nilainya beragam di setiap negara bagian. Sering kali, menghitung total belanjaanmu sebelum membayar di kasir menjadi tantangan sulit.

6. Apotek menjual berbagai barang selain obat.

Nyatanya, kamu bisa dengan mudah mengira apotek di Amerika adalah supermarket. Selain pil, salep, dan produk kebersihan pribadi, apotek di sini menjual camilan, parfum, kosmetik, majalah, dan bahkan mainan untuk anak. Banyak apotek di Amerika sebenarnya merangkap menjadi toserba lokal tempat orang bisa mendapatkan kebutuhan 24 jam sehari.

7. Kamu bisa mengembalikan hadiah apa pun yang tidak kamu suka.

Tidak suka sweter lucu yang diberikan kerabatmu sebagai hadiah? Bukan masalah! Di Amerika, hampir apa pun yang tidak kamu suka bisa dikembalikan, meskipun kamu tidak membelinya sendiri. Bahkan ada Hari Pengembalian Barang Nasional yang biasanya jatuh di awal Januari saat orang-orang bisa mengembalikan kado Natal yang tidak mereka suka.

Dan tak seperti di banyak negara lain, di Amerika, kamu bisa mengembalikan barang meskipun kamu tidak punya resinya. Banyak toko menaruh kode unik pada barang mereka agar bisa dilacak, sementara toko lain menyimpan laporan pembelian yang dibuat beberapa bulan lalu. Tapi tiap toko punya kebijakan pengembalian barang sendiri yang harus kamu pelajari sebelum kamu mencoba mengembalikan hadiah.

8. Mereka memberi uang tip besar dan untuk berbagai layanan.

Uang tip

Uang tip itu seperti pelukan, tapi tanpa kontak tubuh yang canggung.

Memberikan tip adalah cara bagus untuk menunjukkan bahwa kamu puas dengan layanan yang diberikan, dan itu umum di banyak negara. Tapi tip di Amerika sering kali cukup besar bagi orang yang datang dari negara lain, karena bisa mencapai 25%. Selain memberi tip untuk pramusaji, sopir taksi, dan pegawai hotel seperti di tempat lain juga, di Amerika, mereka juga memberi tip kepada pemandu wisata, petugas pemeriksa mantel, petugas toilet dan parkir, penata rambut, dan pegawai salon kecantikan.

9. Orang di sini memiliki liburan yang jarang dan singkat.

Di banyak negara lain, orang-orang menikmati liburan selama beberapa minggu atau bahkan bulan, tapi di Amerika, liburan jauh lebih singkat dan tidak begitu sering. Sepertinya orang Amerika tidak bisa benar-benar menikmati waktu libur bahkan saat mereka mendapatkannya.

Survei terbaru menunjukkan bahwa 56% pekerja tidak bisa berhenti memikirkan pekerjaan saat liburan. Mereka memeriksa surel, menjawab telepon, dan menanyakan keadaan di kantor, bukan bersantai dan bersenang-senang.

Jika kamu tinggal di Amerika, dari poin-poin ini, mana yang paling tidak kamu sangka ada di daftar ini? Jika kamu pernah ke Amerika sebagai turis, bagikan hal lain yang membuatmu terkejut dari negara ini. Kami ingin membaca pendapat dan pengamatanmu di kolom komentar!

Bagikan Artikel Ini