Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

9 Hal yang Hanya Bisa Dilihat di Jepang, Bahkan jika Kamu Berkeliling Dunia

Banyak unsur budaya Jepang yang kini menjadi bagian dari hidup kita: banyak orang yang menonton anime dan serial TV Jepang, memakan hidangan yang dimasak dengan kuali, menikmati sushi, dan mendengarkan lagu penyanyi Jepang. Bahkan hal-hal yang tampak biasa seperti karaoke juga sebenarnya berasal dari Jepang. Namun, masih ada beberapa hal yang hanya bisa dilihat di Negara Matahari Terbit ini.

Kami di Sisi Terang menemukan unsur budaya yang tidak bisa ditemukan di mana pun selain di Jepang.

1.

“Ketika melihat ’orang’ berwarna hijau, mulailah menyeberang jalan.” Kita mempelajari hal ini ketika masih kecil. Namun, di beberapa tempat penyeberangan pejalan kaki di Jepang, kamu tidak akan melihat figur orang berwarna hijau. Kamu akan melihat Miffy si kelinci, yaitu tokoh yang diciptakan oleh Dick Bruna, penulis buku anak-anak asal Belanda. Bagaimana tokoh ini bisa menjadi bagian dari budaya Jepang? Jawabannya singkat: Miffy sangat mirip Hello Kitty—"wajah" dari merek terkenal.

2.

Kita biasa duduk menggunakan bangku di kafe dan bar umum. Tapi masyarakat Jepang terbiasa dengan level kenyamanan tinggi di mana pun mereka berada. Jadi, kursi di kafe-kafe Jepang lebih mirip dengan bangku berlengan yang bisa untuk bersandar. Orang-orang Eropa menyebut furnitur jenis ini sebagai Izakaya, sama seperti sebutan tempat yang biasa menggunakan kursi ini.

3.

Untuk mengurangi stres dan meredakan sakit kepala, kita sering memakai alat pijat khusus yang desainnya sangat sederhana. Di Jepang, ada varian yang lebih kreatif dan praktis, yaitu perangkat elektrik yang tampak seperti gurita dengan berbagai warna.

4.

Pringles sudah menjadi camilan yang sangat populer di berbagai negara selama bertahun-tahun. Namun di Jepang, Pringles adalah merek mi instan yang sering disantap penduduknya.

5.

Kita sudah biasa mampir ke kafe terdekat untuk minum secangkir kopi atau sekadar duduk sendirian saat istirahat makan siang. Namun, di kafe-kafe Jepang, para pengunjung yang sendirian ditemani oleh boneka Moomin besar agar tidak merasa sedih.

6.

Sebagian besar mesin penjual kopi otomatis di seluruh dunia sangat mirip. Semuanya disertai beberapa tombol untuk memilih minuman dan gelas kertas biasa. Di Jepang, layanan yang memungkinkan kamu memesan kopi lewat aplikasi dan mengambilnya di toko pada waktu yang kamu tentukan sudah menjadi makin populer. Bukannya gelas kertas atau plastik, disediakan botol dengan penanda warna-warni yang bisa kamu sesuaikan.

7.

Pernah makan kukis berbentuk hewan? Selalu menyenangkan saat kamu meraih ke dalam kemasan dan coba menebak hewan apa yang kamu dapatkan—buaya atau kura-kura? Atau mungkin singa? Di Jepang, mereka juga punya kudapan seperti ini, tapi bentuknya berbagai macam Pokémon.

8.

Di negara lain, pada saat Tahun Baru dan Natal, orang-orang memasak banyak makanan lezat dan mengadakan pesta besar. Itulah yang membedakan makanan sehari-hari dan hidangan perayaan. Namun, di Jepang berbeda. Cara masyarakatnya merayakan hari peringatan sangat berbeda: pada Malam Natal, mereka senang memakan ayam goreng KFC, yang menggantikan daging kalkun tradisi Natal.

9.

Jika kamu sering makan sushi, mungkin kamu pernah mengalami ketika nasi terlepas dari potongan ikan setelah diangkat dengan sumpit. Tapi ini tidak terjadi di Jepang, karena mereka memiliki resep khusus: nasinya dicampur dengan larutan yang mengandung gula, garam, dan cuka beras.

Kamu tahu hal lain menyangkut kehidupan orang Jepang yang sekarang hanya bisa ditemukan di negara asalnya?

Bagikan Artikel Ini