Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

10+ Sisa Makanan yang Sebenarnya Bisa Dimakan

Sampah makanan adalah masalah di seluruh dunia dengan lebih dari sepertiga makanan tak termakan. Kabar baiknya, ada beberapa sisa makanan yang bisa diselamatkan dan dijadikan hidangan lezat dan bergizi. Kebanyakan orang tidak tahu, tapi ternyata cangkang telur bisa diubah menjadi bubuk kalsium, kulit semangka bisa dijadikan acar, dan daun kembang kol bisa dijadikan sup lezat.

Jadi, ambil alat masakmu dan Sisi Terang akan menunjukkan semua yang kamu pikir tidak bisa dimakan, padahal bisa:

1. Cangkang telur

Orang yang kekurangan kalsium bisa mendapat kebutuhan mereka dari cangkang telur karena kaya akan mineral penting ini. Dan karena kamu tak akan mau makan cangkang telur begitu saja, solusinya adalah mengubahnya menjadi bubuk kalsium yang bisa langsung kamu tambahkan ke dalam smoothie sehari-harimu atau campur ke dalam makanan.

2. Kulit semangka

Semangka adalah buah musim panas favorit banyak orang, tapi kita sering membuang kulitnya. Padahal katanya, kulit semangka sangat mirip mentimun dari segi rasa dan tekstur. Itu membuatnya sangat cocok untuk dijadikan acar. Olahan itu bisa dimakan sebagai kudapan atau pendamping acar sayuran lain.

3. Daun kembang kol

Kembang kol sedang populer sekarang karena bisa diolah menjadi banyak masakan, tapi kamu tidak akan melihat banyak resep yang menggunakan daunnya. Sebagai sumber mineral, beta-karoten, zat besi, dan kalsium yang melimpah, daun kembang kol juga lezat dan serbaguna seperti sayurannya sendiri, entah dijadikan sup bergizi atau kudapan renyah dan sehat.

4. Bunga zukini

Bunga zukini populer di beberapa negara, seperti Italia. Tapi di negara lain tidak begitu. Bunga zukini memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut. Jika zukini berbunga, jangan dibuang. Coba jadikan hidangan Italia klasik.

5. Kulit wortel

Kita tidak ragu membuang semua kulit wortel, padahal itu kaya rasa dan mengandung vitamin C yang melimpah. Sisa makanan ini bisa dijadikan pesto kulit wortel. Pendamping sempurna untuk pasta sehari-harimu.

6. Kulit Parmigiano-Reggiano (keju Parmesan)

Meskipun kita tahu kita tak bisa makan kulit Parmigiano-Reggiano (keju Parmesan), ada cara untuk menyelamatkannya dan menikmati rasa kejunya lebih lama. Banyak yang tak tahu, keju Parmigiano-Reggiano direndam dalam air dan garam laut selama berhari-hari. Jadi, agar kulitnya bisa dimakan, kamu harus mengikisnya sedikit dengan pisau untuk membuang kotoran di bagian luarnya. Lalu, kamu bisa menambahkannya ke dalam kaldu atau membiarkannya meleleh di dalam sup.

7. Bagian tengah kubis

Bagian tengah kubis sering kali dianggap sampah karena teksturnya keras dan rasanya agak masam. Tapi saat dimasak dengan benar, bagian tengah kubis bisa menjadi makanan favorit. Campur dengan brokoli, labu, atau kentang, lalu masak sampai cukup lembut untuk dijadikan pure kental.

8. Batang dan daun stroberi

Batang dan daun stroberi sering diperlakukan tidak adil (bahkan ada alat khusus untuk membuang batangnya). Tapi banyak orang tak tahu mereka membuang bagian sangat bergizi dari buah ini yang kaya antioksidan, antiinflamasi, unsur kardioprotektif, dan sifat neuroprotektif. Jika kamu tidak suka rasa dan teksturnya, campurkan saja ke dalam smoothie dan nikmati.

9. Kulit pisang

Membuang kulit pisang hampir menjadi tindakan naluriah. Meskipun kulit pisang terasa sedikit pahit dan keras saat mentah, memakannya bisa sangat bagus untuk kesehatan karena kaya kalium, magnesium, dan kalsium. Sebaiknya buat bakon kulit pisang, solusi lezat yang bahkan menggiurkan bagi anak-anak.

10. Alpukat bonyok

Sebagian alpukat matang atau bonyok tak dipilih di pasar swalayan dan langsung dibuang. Teksturnya memang lebih lembek, tapi alpukat seperti itu sebenarnya masih bisa dimakan dan bisa digunakan dalam hampir semua resep yang menggunakan alpukat. Salah satu favorit kami adalah puding cokelat alpukat.

11. Kulit bawang bombai

Kulit bawang bombai mengandung antioksidan yang melimpah. Meskipun banyak orang sudah menggunakannya untuk membuat kaldu sayuran, ada cara memasak kulit bawang bombai tanpa membuangnya setelah itu. Rebus kulit bawang bombai sampai lembut, haluskan bersama minyak zaitun, lalu aduk dengan resep tepung favoritmu sehingga menjadi adonan. Celupkan potongan bawang bombai atau ayam, lalu goreng.

Kamu sudah pernah mencoba cara pengolahan sisa makanan ini atau mau menambahkan yang lain? Bagikan resepmu kepada kami!

Bagikan Artikel Ini