Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

10 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan dengan Pasanganmu Sebelum Tidur agar Selalu Bahagia

Empat dari lima pasangan menyalahkan Facebook sebagai salah satu alasan utama putusnya hubungan mereka. Ini terjadi karena orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di Internet dibanding bicara satu sama lain. Selain itu, untuk menjadi pasangan yang bahagia, waktu yang dihabiskan bersama tidak bisa hanya diukur dengan jam, melainkan diukur berdasarkan kualitasnya. Untuk mencapainya, kamu bisa menggunakan tips-tips berikut.

Sisi Terang ingin membagikan beberapa ide tentang kegiatan-kegiatan bersama pada malam hari yang akan membantumu dan si dia menjadi pasangan yang lebih bahagia.

1. Memasak dan makan bersama.

Memasak bersama membawa banyak manfaat, seperti menumbuhkan kesetaraan, memberi waktu untuk sama-sama belajar, sekaligus membuat kenangan. Saat memasak bersama, kamu dan pasangan bisa berbagi trik, mengingat dan mendiskusikan hidangan favorit masa kecil, dan melihat hubunganmu sebagai pasangan yang mampu bekerja sama. Kamu dan pasangan sama-sama ambil bagian dalam menyiapkan makanan, tanpa ada yang kelelahan setelah berjam-jam di dapur dan tanpa ada yang merasa harus mengurus semuanya sendirian.

Setelah kamu dan pasangan selesai menyiapkan makan malam, lanjutkanlah dengan makan bersama. Rangkaian kegiatan ini bisa membantu meningkatkan kedekatan kalian dan mencerahkan suasana hati masing-masing. Saat berbagi makanan, kamu dan pasangan saling berkomunikasi, merasakan kedekatan, sekaligus bisa berbagi rencana dan ide-ide yang ada di benak masing-masing.

2. Membahas momen-momen terbaik seharian.

Salah satu langkah untuk hubungan yang sehat sekaligus dapat tertidur nyenyak adalah dengan menghindari diskusi yang menimbulkan stres atau kecemasan. Karena dengan begini, jantung kalian dapat berdebar kencang dan ketegangan meningkat. Meski harimu dan pasangan tidak terlalu indah, kalian selalu bisa menemukan momen-momen positif untuk dibahas dan membantu pasanganmu tidur, bebas dari rasa khawatir.

Pertanyaan simpel mengenai momen indah yang terjadi seharian akan membantu mengubah suasana hatimu dan pasangan serta membangkitkan emosi positif. Kegiatan ini juga merupakan kesempatan yang baik agar tetap terhubung dengan pasangan dan mengenal kehidupannya di luar rumah.

3. Saling menatap mata.

Meski sederhana, saling menatap mata juga memberi manfaat yang besar. Selama bertatapan, kamu bisa merasakan emosi pasanganmu. Koneksi energi tak kasatmata terjalin saat kalian saling bertatapan. Hal ini membantumu dan pasangan meruntuhkan penghalang serta menyatukan diri. Saling menatap juga meningkatkan relaksasi dan ikatan emosional kalian berdua.

Duduklah berhadapan dan tatap mata satu sama lain. Coba rasakan koneksi yang ada dan baca emosi di mata pasanganmu. Lakukan ini selama 2 menit.

4. Mengingat momen-momen pertama kalian bersama.

Sebelum tidur, cobalah mengingat kali pertama kamu bertemu pasanganmu. Ceritakan kesan yang kamu rasakan saat itu dan mintalah pasanganmu menceritakan apa yang dia rasakan. Kalian bisa membaca lagi surat-surat cinta kalian, serta mengingat kencan, ciuman, dan pelukan pertama kalian. Mengenang dan mengulangi momen-momen romantis juga akan mempererat hubungan kalian.

Membagi kenangan mampu menyatukan dan membawa kembali diri kalian ke masa-masa indah itu. Semua ini membantu pasangan untuk saling mendengar dengan cara yang lebih positif dan memperkuat hubungan kalian berdua.

5. Saling memijat.

Menurut banyak studi, pasangan yang saling memijat secara rutin merasa lebih bahagia. Kegiatan ini meningkatkan kesehatan dan mengurangi stres. Pijatan masing-masing 15 menit, minimal 2 kali seminggu, efektif untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Saling memberi dan menerima pijatan membuat kalian sama-sama merasa nyaman.

6. Mencoba beberapa gerakan tari.

Saat menari, kalian berdua memaksimalkan fungsi kognitif tubuh, dan yang terpenting, kamu bisa berolahraga sekaligus bersenang-senang dengan pasangan. Meski agak lelah di penghujung hari, ajaklah pasanganmu menari dengan memutar lagu-lagu favorit kalian selama beberapa menit.

Menari bersama meningkatkan hasrat dalam hubunganmu. Ini juga membantu kalian untuk saling lebih memperhatikan. Saat menari, kalian bergerak sebagai tim, saling membantu dan mengikuti. Kalian berkomunikasi secara non-verbal dan verbal, sehingga lebih selaras dan saling menghargai.

7. Bernyanyi untuk pasangan.

Bernyanyi sebelum tidur adalah cara yang baik agar makin dekat. Ingat kembali lagu-lagu pengantar tidur yang pernah kamu dengar saat masih kecil sebelum tertidur dan betapa hebatnya lagu itu dalam membangun ikatan. Bernyanyi memiliki efek psikologis positif dan meningkatkan kesehatan.

Saat bernyanyi, kamu melepaskan energi, suasana hatimu berubah, dan akhirnya merasa lebih bahagia. Kamu pun bisa membuka diri kepada pasangan, yang memungkinkan kalian untuk lebih dekat. Selain itu, bernyanyi di depan seseorang juga meningkatkan kepercayaan dirimu.

8. Saling membacakan buku.

Saat membaca, kalian berdua menemukan beragam hal baru dan mendapatkan banyak topik untuk dibahas. Kalian belajar bersama, menjadi lebih pintar, dan berbagi minat yang sama. Saat membahas buku yang baru kalian baca bersama, kamu bisa mengenal dan memahami pasanganmu dengan lebih baik.

Saling membaca meningkatkan koneksi dan memperkuat hubungan kalian berdua. Selain itu, membaca membuatmu lebih menarik.

9. Mengutarakan rasa syukur.

Menurut sains, rasa syukur bukanlah tindakan semata, melainkan ungkapan apresiasi dan bentuk kemurahan serta kebaikan hati. Mengutarakan rasa syukur mempererat kedekatan suatu pasangan. Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa ini.

Sebelum tidur, ucapkan terima kasih kepada pasanganmu atas sarapan yang dia buat atau karena telah menjaga anak-anak seharian. Kamu bisa menunjukkan rasa syukurmu dengan tindakan seperti: menyiapkan mandi air hangat untuk kekasihmu, membuatkan teh hangat, atau membuatnya nyaman dengan cara lain. Dijamin, hubungan kalian akan makin erat.

10. Tidur pada waktu yang sama.

Ada beberapa masalah yang bisa timbul jika suatu pasangan punya waktu tidur berbeda. Pasangan yang seperti ini biasanya lebih sering cekcok, jarang menghabiskan waktu bersama, dan jarang melakukan aktivitas seksual. Keintiman dan koneksi di antara mereka pun hilang dan itu dapat menyebabkan perceraian.

Inilah sebabnya, guna menjaga kehangatan hubungan dan menjauhkan rasa kesepian, suatu pasangan harus tidur dalam periode waktu yang sama. Ini akan mencegah kebiasaan larut malam yang negatif, memberi lebih banyak waktu bagi pasangan, dan membantu memperkuat ikatan.

Ide-ide mana yang ingin langsung kamu coba? Apa kamu juga punya kegiatan “sebelum tidur” lain yang membawa efek positif? Beri tahu kami di kolom komentar, ya.

Bagikan Artikel Ini