Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

8 Tanda Pasangan yang Tampak “Peduli” tapi Sebenarnya Mengendalikan Kamu

1---
423

Ada perbedaan tipis antara peduli dan mengendalikan. Terkadang, sulit untuk membedakannya. Tetapi, setelah kepedulian pasanganmu membuat kamu merasa bersalah, takut, dan rendah diri, kamu harus menganggapnya sebagai tanda bahwa mereka mungkin mengendalikan kamu.

Sisi Terang selalu siap membantu kamu. Oleh sebab itu, kami mempelajari topik ini lebih dalam dan mengidentifikasi situasi ketika pasanganmu mungkin melewati batas antara peduli dan mengendalikan kamu.

1. Kompromi menjadi pengorbanan dari satu sisi.

Kompromi adalah tentang mencari solusi, bukan mengabaikan kebutuhan dan perasaanmu untuk memuaskan tuntutan pasanganmu. Pasangan yang peduli akan selalu melakukan yang terbaik untuk menyesuaikan diri denganmu, tetapi yang mengendalikanmu akan membuat ultimatum keras tanpa memikirkan perasaanmu.

2. Kesepakatan yang kalian buat agar segalanya terasa adil malah menjadi tidak adil.

Setiap hubungan memiliki standar atau aturan yang harus diikuti. Namun, ketika pasanganmu mulai mengabaikan aturan tersebut, tetapi tetap mengharapkan kamu agar menghormatinya, itu berarti pasanganmu sudah mengendalikan kamu.

3. Kamu sangat berhati-hati di sekitar pasanganmu.

Memiliki pasangan yang peduli berarti kamu akan merasa nyaman membicarakan kebutuhan dan perasaanmu dengannya. Namun, jika kamu takut untuk terbuka karena takut pasanganmu akan “menyerangmu”, bukannya menenangkanmu, itu artinya dia ingin mengendalikan hubunganmu. Pasangan yang mengambil kendali akan selalu merasa benar dan tidak akan meminta maaf atau bertanggung jawab atas perilakunya.

4. Dia membuat kamu melakukan hal yang tidak kamu suka “demi kebaikanmu sendiri”.

Misalnya, jika pasanganmu ingin memakan lebih banyak sayuran atau memotivasi kamu agar berolahraga untuk memperbaiki postur tubuh dan mengobati sakit punggungmu, maka pasanganmu peduli dengan kesehatan kamu. Tetapi, jika pasanganmu memaksa kamu memakan makanan sehat dan olahraga meski tidak ada yang ingin kamu perbaiki dari penampilanmu, itu tandanya pasanganmu mulai mengabaikan kebutuhanmu untuk memuaskan kebutuhan mereka.

5. Hal yang kamu ceritakan kepada pasanganmu mulai mengganggu privasimu.

Sudah sewajarnya pasanganmu meminta kamu berbagi hal pribadi tentang dirimu kepada mereka. Namun, jika pasanganmu memaksa kamu untuk memberitahunya sesuatu yang tidak ingin kamu sampaikan, itu artinya dia tidak peduli dengan perasaanmu. Malah, jangan-jangan pasanganmu ingin tahu lebih banyak tentang kamu dan kelemahanmu agar bisa mengendalikan kamu dan nantinya memanfaatkan kekuranganmu saat beradu argumen denganmu.

6. Pasanganmu menggagalkan cita-cita dan pendidikan yang kamu inginkan dengan alasan dia tidak mau kamu sakit hati.

Jika kamu punya ambisi besar, baik itu secara karier maupun pendidikan, pasangan yang peduli yang berpikir kamu belum siap mencapainya akan memotivasi kamu untuk meningkatkan keterampilanmu agar tujuanmu tercapai. Sebaliknya, pasangan yang berusaha menguasaimu tidak akan memberikan dukungan yang kamu perlukan. Dia akan membuat kamu meragukan dirimu, berdalih bahwa dia tidak ingin kamu mencobanya karena takut kamu akan kecewa jika tidak berhasil.

7. Mereka mulai mengganggu hubunganmu dengan teman dan keluarga.

Agar dapat mengendalikanmu, pasanganmu akan mencoba memisahkan kamu dari keluarga dan temanmu. Dengan begitu, dia tidak akan terlalu merasa takut bahwa kamu mungkin akan meninggalkannya suatu saat nanti. Pasangan yang peduli akan mencoba melindungi kamu dari orang di sekitarmu yang dia pikir membawa pengaruh buruk untukmu, tetapi tidak akan pernah melarang kamu berhubungan dengan orang tersebut.

8. Kamu merasa didominasi.

Tidak ada hubungan normal yang membuat kamu merasa tidak berdaya, tidak aman, atau tidak bahagia. Jika pasanganmu benar-benar peduli, kamu akan merasa diterima, dicintai, dan diakui keberadaannya. Tetapi, jika kamu terus menerima ancaman dan ultimatum dari pasanganmu bahwa dia akan meninggalkan kamu karena segala perbuatanmu, kemungkinan besar kamu memililki pasangan yang suka mengendalikanmu.

Pernah punya pasangan yang suka mengendalikan dirimu? Apa kamu tahu tanda lain tentang pasangan seperti itu?

1---
423
Bagikan Artikel Ini