Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Memang Menyakitkan, Tapi Ternyata Ada Manfaatnya

Baik kamu menyukai seseorang yang baru kamu kenal, atau jatuh cinta dengan seseorang yang sudah kamu kenal seumur hidup—cinta yang bertepuk sebelah tangan bisa menimbulkan rasa sakit hati yang begitu kuat. Namun perlu diingat, jenis cinta seperti ini tidak akan sekuat yang akan kamu rasakan ketika bertemu seseorang yang balas mencintaimu. Dan selagi kamu menunggu, cinta yang tak berbalas bisa mengajari sesuatu yang bermanfaat.

Kami di Sisi Terang pernah merasakannya, jadi kamu tidak sendirian. Namun, ternyata ada beberapa manfaat dari merasakan cinta bertepuk sebelah tangan, lho!

Bisa mengubah caramu memandang penolakan.

Jika seseorang menolakmu, kamu mungkin merasa seperti sudah gagal dalam hidup. Memang sedih rasanya saat orang yang kamu cintai tidak membalas perasaanmu. Tapi bukan berarti ini hal yang memalukan. Bukan berarti juga bahwa kamu tidak cukup baik atau tidak layak dicintai. Kamu bisa memilih untuk mengartikan penolakan ini dengan cara berbeda dan mengambil pelajaran dari itu tanpa merasa gagal.

Bisa membantumu memahami apa yang kamu butuhkan dalam sebuah hubungan.

Saat kamu jatuh cinta dengan seseorang tapi tidak bisa bersamanya dalam kehidupan nyata, kamu mungkin berfantasi tentangnya. Ini bisa bermanfaat karena dengan begini kamu bisa mengetahui apa yang kamu butuhkan dan apa yang membuatmu bahagia. Kamu mungkin bisa menjadi lebih tahu tentang dirimu sendiri dan itu mungkin bisa membantumu menemukan pasangan yang tepat di masa depan.

Bisa memberi manfaat terapeutik.

Berfantasi juga bisa membantumu rileks dari rasa stres yang kamu hadapi setiap hari. Membayangkan sesuatu yang bisa membuatmu merasa nyaman dapat benar-benar membuatmu merasa nyaman secara fisik. Tubuhmu juga tidak bisa membedakan antara cinta yang nyata dan khayalan. Jadi, ketika kamu membuat skenario palsu dalam benakmu dengan orang yang kamu cintai, tubuhmu tetap akan memproduksi dopamin.

Kamu bisa mengetahui apa yang membuatmu bahagia.

Cinta bertepuk sebelah tangan itu menyakitkan. Jadi, kamu harus melakukan hal-hal yang kamu sukai untuk menghalau rasa sakitnya. Baik itu hobi atau menghabiskan waktu bersama teman-temanmu—pengalaman penyembuhannya mungkin menunjukkan hal apa atau orang seperti apa yang benar-benar berarti dan menghadirkan kebahagiaan dalam hidupmu.

Bisa membantumu memperbaiki diri.

Pada awalnya, kamu mungkin ingin mengubah sesuatu dalam dirimu agar menjadi lebih menarik bagi orang yang kamu cintai. Namun, pada akhirnya kamu melakukannya untuk dirimu sendiri, dan menjadi lebih baik dalam beberapa aspek yang sebelumnya tidak memuaskan bagimu.

Kamu bisa belajar cara menjadi bahagia meski sendiri.

Pada awalnya, mungkin terasa berat tidak bersama dengan orang yang kamu cintai. Namun seiring berlalunya waktu, kunci kebahagiaanmu terletak di dalam dirimu dan kamu tidak memerlukan orang lain untuk merasakan kebahagiaan itu. Kamu sendiri sudah cukup untuk merasa hidupmu sempurna dan memenuhi hidupmu dengan emosi positif.

Kamu akan lebih berhati-hati dalam menjalin hubungan.

Setelah ditolak, mungkin sulit bagimu untuk memulai hubungan baru atau menemukan seseorang yang bisa kamu percayai. Namun, itu bisa jadi hal yang bagus. Itu bisa memberimu lebih banyak waktu untuk mengenal seseorang lebih baik dan memutuskan apakah dia tepat bagimu atau tidak.

Kamu menjadi tidak egois.

Cinta tak berbalas berarti kamu mencintai seseorang itu tanpa syarat, tanpa meminta apa pun sebagai balasannya. Dan kamu juga ingin orang yang kamu cintai bahagia, bahkan jika ini berarti kamu bukanlah orang yang ditakdirkan bersamanya dan membuatnya bahagia.

Bisa membuatmu jadi lebih kuat.

Hidup penuh dengan hal-hal yang mungkin tidak kamu sukai atau tidak selalu berjalan seperti yang kamu inginkan. Cinta bertepuk sebelah tangan adalah salah satunya, tapi kamu bisa keluar dari situasi ini dengan lebih kuat. Bahkan mungkin ini bisa mengajari cara menghadapi penolakan bukan hanya dalam hubungan percintaan. Kamu bisa juga belajar untuk tidak menyerah dan terus melanjutkan hidupmu dalam masa-masa sulit.

Membuktikan bahwa kamu bisa mencintai lagi.

Mungkin kamu sudah sangat mencintai satu orang, sehingga merasa tidak akan bisa melupakannya dan akan menjadi jomblo seumur hidup. Tapi tidak harus begitu. Kalau kamu bisa mencintai seseorang yang cintanya padamu tidak sama besarnya, bayangkan seberapa besar cinta yang tersimpan di hatimu untuk orang yang akan balas mencintaimu.

Apa cintamu pernah bertepuk sebelah tangan? Apa yang membantumu bisa melanjutkan hidup? Pelajaran apa yang kamu dapat dari pengalaman itu?

Bagikan Artikel Ini