Inilah 10 Hal Penting yang Bisa Diajarkan kepada Anak Anda sebelum Berusia 10 Tahun

Saat menjadi orang tua, Anda memikul tanggung jawab besar masa depan bayi Anda. Semua orang ingin anak mereka baik hati, jujur, simpatik, dan berani. Namun, sifat-sifat ini tidak akan muncul begitu saja. Pengasuhan dan teladan yang baik adalah kunci keberhasilannya.

Kami di Sisi terang mempertimbangkan 10 hal yang mungkin ingin Anda ajarkan kepada anak Anda sebelum dia menginjak usia 10 tahun.

10. Kamu harus menghormati anak perempuan dan laki-laki. Mereka sama berhaknya.

Menghormati orang lain adalah sikap penting yang harus dimiliki anak Anda, termasuk menghormati anak-anak lain yang sebaya, apa pun jenis kelaminnya.

9. Jangan takut berbuat salah.

Belajar dari kesalahan orang lain adalah bakat langka. Penting juga artinya belajar dari kesalahan sendiri. Anak Anda seharusnya tidak takut kalah atau berbuat salah.

8. Pengetahuan itu lebih penting daripada nilai.

Terkadang orang tua marah karena nilai anak tidak sesuai harapan. Tapi, nilai bagus bukan indikasi pengetahuan yang bagus. Anda harus mengajarkan kepada anak Anda bahwa pengetahuan lebih penting dibanding nilai.

7. Orang tuamu bukan musuhmu. Kamu bisa meminta bantuan mereka.

Menjadi teman bagi anak Anda itu tidak mudah, terutama jika dia punya teman sendiri. Jangan terlalu memaksa. Tunjukkan bahwa Anda bisa dipercaya, dan hindari berteriak serta ceramah panjang.

6. Selalu siaplah untuk membela diri.

Sebagian orang tua lebih menghormati guru atau orang lain dibanding anak. Ini bisa menjadi alasan rasa tidak aman dan ketidakmampuan membela diri di masa depan. Jelaskan kepada anak Anda bahwa rasa hormat itu penting, tapi kemampuan mempertahankan pandangan seseorang juga penting. Hanya saja, pastikan bahwa pandangan itu benar.

5. Jangan lakukan sesuatu yang tidak kamu sukai, demi mendapat persetujuan orang lain.

Anak-anak berpikir bahwa popularitas di kalangan teman sangat penting. Dan mereka berusaha keras untuk mendapatkannya. Gunakan contoh pribadi untuk menunjukkan kepada anak Anda bahwa menjadi orang jujur dan terhormat adalah lebih berharga daripada memperoleh persetujuan seseorang dengan mengabaikan kepercayaan sendiri.

4. Kalau kamu tidak paham, bertanyalah.

Mengajukan pertanyaan itu sangat wajar. Lebih baik mengajukan pertanyaan daripada pura-pura mengerti semuanya. Masa kanak-kanak adalah waktu terbaik untuk mengetahui hal ini.

3. Beri tahu gurumu jika kamu merasa tidak enak badan.

Tidak seharusnya anak takut membicarakan masalah kesehatan. Kesehatan lebih penting daripada nilai atau kemarahan guru. Pastikan anak Anda tahu hal ini.

2. Hargai lingkungan.

Sesering apa kita mengeluhkan jalanan kotor dan petak bunga yang rusak? Menghargai alam harus dimulai dari rumah. Mulailah dari diri Anda, lalu tanamkan sikap ini pada anak Anda. Dalam hal ini, hasilnya akan cukup jelas.

1. Belajar berkata Tidak.

Ajari anak Anda untuk berkata “tidak” kepada orang dewasa, guru, dan bahkan kepada Anda sendiri. Anda ingin menumbuhkan kepribadian yang kuat, bukan seseorang yang harus mengikuti perintah apa saja. Kemampuan berkata “tidak” akan bermanfaat dalam kehidupan di masa dewasa.

Bagikan Artikel Ini