Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Terapis Pasangan Berbagi 13 Kebiasaan Harian yang Akan Membuat Hubunganmu Makin Kuat

1-1-
565

Penelitian menunjukkan, kebiasaan sederhana seperti tetap berkomunikasi sepanjang hari dan tidur di saat yang sama dapat membantu hubunganmu berkembang. Meski mungkin hal itu sudah jelas, banyak terapis dan ahli psikologi menyatakan pentingnya tindakan kecil ini untuk menciptakan keintiman dan rasa percaya. Temukan cara yang tepat untuk dinamika hubunganmu dan mulailah menerapkan kebiasaan itu.

Sisi Terang membagikan tips terbaik untukmu dari para ahli agar hubunganmu bahagia selamanya, seperti yang selalu kamu impikan.

1. Terapkan komunikasi yang bebas dan terbuka.

Ini karena komunikasi dianggap sebagai bagian terpenting dari segala jenis hubungan, menurut para ahli hubungan. Cara ini membuat pasanganmu memahami semua ketakutan, keinginan, dan keyakinanmu, serta memberikan peluang untuk mengeluarkan pendapat ketika ada pertentangan antara kamu dan dia. Komunikasi tidak hanya berbicara, tapi juga mendengarkan pasanganmu secara aktif tanpa gangguan apa pun (misalnya, ponselmu).

2. Bangun kepentingan bersama.

Tampaknya memiliki kesamaan dalam kegiatan dan pandangan tentang suatu topik menjadi rahasia di balik hubungan yang kuat. Semua kegiatan yang bebas stres dan yang meningkatkan kedekatan kamu dengan pasangan dikaitkan dengan hubungan yang lebih bahagia, menurut beberapa penelitian. Namun, hal ini bergantung pada dedikasi kalian berdua pada kegiatan tersebut, karena itu akan membantu membuat hubunganmu kuat dan sehat hanya jika kalian berdua ingin melakukan kegiatan bersama ini.

3. Terus berkomunikasi sepanjang hari.

Mengirimkan pesan pujian, foto lucu yang membuatmu tertawa, atau sekadar komentar positif kepada pasanganmu dapat menciptakan rasa kedekatan. Hanya dengan mengirimkan pesan agar si dia tahu kamu memikirkannya, bisa memperkuat hubungan, karena ini dapat membantu mereka merasa lebih senang dengan hubungan kalian.

Selain itu, ternyata menjadi pasangan yang responsif adalah bagian krusial dalam hubungan yang intim, artinya membalas dan menganggap pesan dari pasanganmu itu penting.

4. Perhatikan hal-hal kecil.

Kamu mungkin akan mulai memperhatikan kebutuhan pasanganmu secara tidak langsung, yang belum pernah kamu sadari. Hal ini dikenal sebagai “bids”, sinyal tidak langsung dari pasangan untuk menarik perhatianmu, bentuknya bisa berupa kedipan hingga pertanyaan terbuka. Jika kamu mengabaikannya, ini bisa membuat mereka sakit hati, karena mereka mungkin merasa bahwa kebutuhan mereka tidak dipenuhi meski sudah disampaikan.

5. Lakukan tugas rumah bersama.

Zaman sekarang tampaknya tugas rumah lebih sering dikerjakan oleh kedua pasangan dibandingkan beberapa dekade lalu, karena pria cenderung ingin membantu tugas rumah. Tidak heran jika ada penelitian yang menemukan bahwa pasangan lebih bahagia ketika keduanya mengerjakan tugas rumah, khususnya mencuci piring. Sepertinya berbagi tugas rumah menjadi kunci pernikahan yang bahagia.

6. Memuji satu sama lain.

Mengekspresikan penghargaan dan apresiasi kepada satu sama lain adalah fondasi penting dari semua jenis hubungan. Bentuknya bisa beragam, dari memberitahukan betapa hebatnya mereka, memuji penampilan dan pakaian mereka, hingga memberi tahu mereka bahwa kamu menghargai keberadaan mereka. Beberapa studi telah menemukan bahwa hal ini dapat membantu pasangan yang memiliki kepercayaan diri rendah, yang terbukti bisa meningkatkan kualitas hubungan.

7. Tertawa bersama.

Kita semua tahu bahwa tawa bisa mempererat semua bentuk hubungan sosial, dan sesuatu yang secara ajaib membuat kita makin dekat. Faktanya, telah dibuktikan bahwa tertawa bersama membuat dua orang lebih dekat karena kalian merasa bahwa kamu dan dia melihat dunia dengan cara yang sama. Tampaknya tawa membuat kamu lebih dekat dari sebelumnya dengan orang yang kamu cintai dan memperkuat hubunganmu.

8. Tunjukkan apresiasi.

Ada banyak cara untuk menunjukkan penghargaan dan apresiasimu terhadap pasangan, dan semuanya efektif. Satu penelitian mengungkapkan bahwa hebatnya penghargaan adalah, makin kamu merasa bersyukur, kamu akan makin menghargai pasanganmu. Penghargaan juga berkaitan dengan hubungan yang lebih berkomitmen dan awet, menjadikannya bagian penting dari hubungan yang bahagia.

9. Selesaikan argumen di hari yang sama.

Cinta tidak selalu serasa di surga, dan ketika terjadi perdebatan, penting agar mengatasinya dengan cara yang sehat. Satu cara wajib adalah memastikan bahwa kamu sudah membahasnya dan menyelesaikan masalah itu bersama di hari yang sama, jika memungkinkan. Faktanya, telah dibuktikan bahwa akan lebih sulit menghilangkan rasa kekesalan setelah tidur malam, sehingga sebaiknya masalah itu tidak diperpanjang hingga berhari-hari.

10. Luangkan waktu untuk menyambut dan berpamitan.

Kamu hanya perlu beberapa detik untuk menunjukkan kepada pasanganmu betapa pentingnya kehadiran mereka. Meskipun tampak tidak begitu penting, cara ini bisa memperkuat hubunganmu secara signifikan dengan menunjukkan kepada mereka bahwa kamu merindukannya dan bahwa kamu tidak sabar ingin bertemu mereka lagi, meskipun mereka sedang lelah.

Beberapa konselor pasangan membicarakan pentingnya menyambut dan berpamitan kepada satu sama lain untuk menghentikan rasa sakit hati yang dapat merusak hubungan kalian. Ini dapat membuat hubunganmu menjadi utuh lagi setelah seharian berpisah dan menunjukkan bahwa kalian saling peduli.

11. Katakan aku cinta kamu.

Menyisipkan tiga kata ini ke dalam percakapanmu setiap hari dapat mengingatkan pasangan tentang kepeduilan kamu kepada mereka. Kamu juga bisa memberi tahu mereka betapa kamu mencintainya setiap hari tanpa benar-benar mengucapkannya. Kamu bisa membantu mereka mencapai apa yang berharga dan penting bagi mereka, mungkin hal sederhana seperti merapikan dan membersihkan dapur.

12. Rencanakan kejutan untuk satu sama lain.

Menurut satu penelitian, pasangan akan sangat bahagia jika mereka melakukan hal kecil yang menyenangkan dan menunjukkan rasa hormat dan kasih sayang kepada satu sama lain. Cara ini juga memiliki manfaat untuk menjaga pernikahan atau hubungan tetap hidup dan bersifat spontan, bukan tetap pada rutinitas. Hal ini bisa sekadar membeli atau membuatkan makanan favorit mereka. Tindakan personal ini sungguh bisa membuat hubungan kalian lebih erat.

13. Tidur di waktu yang sama.

Penelitian menunjukkan, ini adalah bagian dari rahasia hubungan bahagia. Karena cara ini bisa membuat kamu melakukan rutinitas harian yang sama dan memberikan waktu tanpa gangguan untuk saling berfokus pada satu sama lain.

Selain tidur pada waktu yang sama, telah ditemukan bahwa pasangan yang tidur nyenyak dan cukup, lebih bahagia bersama. Berbincang sebelum tidur juga terbukti sangat penting untuk menjaga hubungan yang bahagia dan sehat.

Sudah berapa lama kamu dan pasangan bersama? Tips mana yang ingin langsung kamu coba?

1-1-
565
Bagikan Artikel Ini