Sisi Terang
Sisi Terang

10 Ibu dan Ayah dari Reddit Membagikan Tips yang Lebih Keren daripada Buku Parenting

Kamu lagi di toko, lalu anakmu mulai menangis karena ingin cokelat dan mainan. Kata, “jangan nangis” tidak akan membantu dan kamu tidak mau buang-buang uang. Situasi seperti ini mungkin terjadi kepada semua orang yang punya anak, tapi selalu ada solusinya, kok.

Kami di Sisi Terang terus mencari tips efektif yang bisa membantu kamu membesarkan anak. Kali ini, kami menemukan beberapa nasihat bagus dari para pengguna Reddit.

1. Alihkan perhatian mereka dengan pertanyaan tentang warna pakaian mereka.

Jangan beri tahu mereka bahwa tidak ada hal buruk yang terjadi atau meminta mereka berhenti menangis. Kalau anakmu “merengek”, alihkan saja perhatian mereka. Tanyakan warna baju atau sepatu mereka. Masalahnya, mereka tidak memikirkan apa yang mereka pakai sebelumnya dan kini mereka akan mulai berkonsentrasi kepada hal itu. Lalu beres! Dan anak-anak pun berhenti menangis.

2. Jangan beri tahu mereka sisa waktu yang mereka punya.

Anak-anak tidak akan mengerti saat kamu bilang 5 atau 10 menit lagi untuk menyelesaikan permainan, atau apa pun yang mereka lakukan. Mereka tidak bisa menghitung menit dan tidak mengerti seberapa cepat waktu berlalu. Alih-alih bilang “5 menit lagi”, bilang “5 lemparan lagi” kalau mereka lagi main basket, misalnya. Ganti dengan apa saja, “10 putaran lagi” atau “7 lompatan lagi”.

3. Lap wajahmu dulu, lalu lap wajah anakmu.

Kalau buah hatimu tidak mau mengelap wajahnya, coba trik ini. Lap dulu wajahmu. Para pengguna Reddit mengatakan bahwa “Komunikasi nonverbal memungkinkan anak memahami apa yang terjadi.” Pada saat yang sama, mereka memperingatkan awalnya mungkin hal ini tidak akan berhasil. Kamu hanya harus terus melakukannya, lalu anakmu akan mulai membiarkanmu mengelap wajahnya. Trik yang sama juga bisa digunakan untuk menggosok gigi.

4. Ucapkan terima kasih dan maaf kepada mereka.

Tolong jangan abaikan jika anakmu ingin membantumu. Semua orang perlu mendengar apresiasi. Mulailah belajar mengatakan terima kasih dan maaf kepada anakmu. Sikap seperti ini “membuat kalian lebih dekat dan membantu hubunganmu dengan mereka, berapa pun usia mereka.

5. Beri mereka sayuran sebelum makan malam.

Tidak semua anak makan apa saja dan tidak semua orang akan memilih tomat, alih-alih nuget ayam. Ada solusi untuk membuat anakmu makan sayuran dan buah. Berikan makanan sehat ini kepada anakmu sebelum makan malam karena “saat itulah mereka lapar dan akan makan hampir apa pun,” bahkan wortel.

6. Adakan “Hari siapa ini?” jika kamu punya beberapa anak.

Saat kamu punya 2 atau bahkan 3 anak yang seumuran, mereka bisa rebutan mainan, gim, dan hal lain. Para pengguna Reddit menyarankan kamu menunjuk hari apa mereka bisa memainkannya. Jadi, jika mereka bertengkar, pertanyaan pertamamu adalah, “Hari siapa ini?” Lalu mereka seharusnya tidak akan bertengkar lagi.

7. Hati-hati dengan caramu bertanya.

Berpikirlah sebelum menanyakan sesuatu. Sebagian pertanyaan bisa sulit dijawab bagi anak-anak. Perhatikan kata-kata saat kamu mengajukan pertanyaan. Misalnya, daripada bertanya “Kamu mau hotdog buat makan malam?”, lebih baik tanyakan, “Kamu mau hotdog dengan apa?”

8. Beri mereka pilihan dan hindari pertanyaan retorik.

Pertama, anak-anak suka pilihan dan memegang kendali. Jadi, misalnya, saat kalian hendak keluar, tanya mereka kaus mana yang mau mereka pakai. Tapi pertanyaanmu harus lebih jelas. Daripada bertanya, “Kaus yang mana?”, lebih baik tanyakan, “Kuning atau merah?”

Kedua, jangan beri mereka pilihan jika tidak ada. Pertanyaan seperti, “Kita pulang?” sebenarnya hanya punya satu jawaban. Pertanyaan retorik seperti, “Lalu, mau kita apakan ini?” juga bukan pertanyaan bagus.

9. “Masukkan ke daftar”, alih-alih berkata tidak.

Rasanya tidak enak harus menolak permintaan anakmu meskipun itu mainan yang sudah mereka punya. Jadi, jangan bilang tidak. Katakan, “Masukkan ke daftar.Ini akan membantumu menghindari perdebatan dan air mata di toko.

10. Biarkan anakmu melihatmu tertidur.

Jadilah contoh untuk anakmu. Kalau kamu menyuruhnya tidur, tapi kamu masih duduk di depan TV sendirian dan bermain ponsel, mereka mungkin tidak akan mengerti. Setidaknya pura-puralah tertidur: “Mereka akan mengikuti tindakanmu. Jadilah membosankan, tutup mata, dan diam, lalu mereka akan melakukan hal yang sama.”

Trik mana yang kamu punya dan membantumu menghadapi anak-anakmu? Kamu setuju rutinitas dan jadwal adalah kunci sikap baik seorang anak? Bagikan pendapatmu dengan kami dan para pembaca lainnya!

Sisi Terang/Keluarga & anak/10 Ibu dan Ayah dari Reddit Membagikan Tips yang Lebih Keren daripada Buku Parenting
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya