Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

12 Kenyataan Hidup yang Harus Disampaikan ke Anak Perempuanmu Sebelum Dia Tumbuh Dewasa

Anak-anak cenderung tumbuh sangat cepat. Dan tanpa kita sadari, bayi mungilmu sudah akan menjadi wanita muda cantik yang tidak lagi membawa tas sekolah ke mana-mana. Sekarang, dia membawa tas kerja di tangannya dan berdiri di ambang kedewasaan. Pada momen seperti ini, kita sering menyesal karena tidak sempat menjelaskan beberapa hal penting kepada anak kita.

Sisi Terang sudah memikirkan kata-kata apa saja yang kami harap bisa kami dengar dari orang tua kami sejak kecil dulu, dan kami menulisnya di dalam buku catatan, lalu mempercantiknya lewat ilustrasi yang menyentuh.

Kesalahan adalah pengalaman berharga yang tidak bisa dihindari siapa pun dalam perjalanan menuju kebahagiaan. Jangan menyerah, tapi terus pikirkan, ambil kesimpulan, dan terus bergerak menuju targetmu.

Tidak ada orang yang sempurna. Setiap orang juga tidak tahu bagaimana harus melakukan sesuatu dan terkadang gagal. Namun, rahasia sukses itu terbilang sederhana—yaitu bangkit lebih sering daripada kamu jatuh.

Hormati dirimu. Pendapat orang lain seharusnya tidak memengaruhimu. Mampukanlah dirimu untuk mendengarkan kata hati dan menentukan kekuatan serta kelemahanmu yang harus kamu tangani.

Cinta pertamamu bukan berarti cinta terakhirmu. Orang-orang tumbuh dan mungkin berpisah. Kamu harus mengambil pelajaran dari hubungan yang gagal, tapi jangan pernah kehilangan kepercayaan terhadap cinta.

Kebaikan membawa keajaiban. Berikan pujian dari lubuk hatimu yang terdalam kepada orang-orang yang merendahkanmu dan kamu akan melihat orang-orang jahat itu berubah menjadi anak kecil dengan hati dan jiwa yang baik.

Membantulah jika kamu punya lebih banyak, baik itu waktu ataupun barang, tapi jangan memberikan segalanya kepada orang lain. 99% orang tidak akan menghargainya. Jangan juga berbuat baik untuk sembarang orang.

Kalau kamu ingin mengenal seseorang lebih baik, lihatlah cara dia memperlakukan hewan. Orang dengan hati yang baik tidak akan pernah menyakiti makhluk kecil yang tidak bisa melawan.

Jangan sampai jati dirimu hilang saat mencoba membahagiakan atau membuat orang lain nyaman. Hidup adalah perjalanan yang arahnya kamu tentukan sendiri. Kamu bisa memilih, mau membentuk dirimu yang baru agar sesuai dengan standar orang lain sehingga mereka senang, atau hidup demi kebahagiaan dirimu sendiri.

Percayalah kepada dirimu sendiri. Saat kepercayaan dirimu melemah, berhentilah dari kegiatan apa pun yang sedang kamu lakukan dan dengarkan kata hatimu. Hanya kamu yang paling tahu apa yang tepat untukmu.

Jangan terburu-buru menjual apartemenmu satu-satunya agar kamu dan suami bisa membeli apartemen atau rumah yang lebih besar. Selalu miliki tempat cadangan, tempat kamu bisa pergi jika pasanganmu bukanlah tambatan hati terakhirmu.

Segala hal yang terjadi hanya akan membuatmu bahagia dalam waktu singkat. Pengalaman lebih berharga daripada barang. Harga HP-mu menjadi tidak penting saat kamu bisa berjalan-jalan di tempat wisata impianmu.

Banyak teman sekolah akan menghilang dari kehidupanmu segera setelah lulus. Jika kamu beruntung dan tetap bisa berteman dengan setidaknya salah satu dari mereka, jagalah harta berhargamu ini.

Kebenaran umum apa lagi yang membantumu menjalani masa dewasa? Dan kebenaran mana yang ingin kamu sampaikan kepada anakmu?

Bagikan Artikel Ini