Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

17 Ilustrasi Jujur Ini Membuktikan Kehidupan Ibu yang Penuh Petualangan Tak Berakhir

Yulia Enslinger adalah salah satu ibu tangguh yang menjalani semua masalah hidupnya dengan ringan dan mewarnainya dengan selera humor tinggi. Dia menggambar komik dan mempostingnya di profil Instagram-nya yang sudah difollow ribuan ibu lainnya. Di sana, Yulia dan para ibu lain berkomunikasi, mencari orang-orang yang satu pemikiran, dan mendiskusikan momen-momen lucu yang pasti dimengerti semua wanita yang sudah punya momongan.

Menurut Sisi Terang, komik Yulia sangat tulus dan penuh nuansa positif. Semuanya lengkap: mulai dari humor, ironi, sampai kebenaran yang apa adanya. Oleh karena itu, kami ingin menunjukkannya kepada para pembaca setia kami — mungkin komik-komik ini bisa membantu para ibu yang sedang cuti hamil atau yang mau mengingat “periode emas” ini. Mau yang mana pun, komik-komik ini pasti akan membuatmu tersenyum karena semua hal negatif yang terjadi sudah lewat dan tersimpan di masa lalu, sementara kenangan indah tentang tahun-tahun pertama mengasuh bayi akan tinggal selamanya.

1.

Aku kagum sekali saat melihat para ibu yang mampu mengembalikan bentuk tubuh mereka ke bentuk aslinya setelah melahirkan. Pikiran dan motivasiku menjadi lebih tinggi saat melihat mereka yang berhasil mengubah bentuk tubuh mereka menjadi lebih indah dibanding sebelum punya anak.

2.

Beberapa hari lalu, aku bertanya-tanya bagaimana pemandangan yang dilihat si bayi saat sedang menyusu.

3.

Sudah dua jam aku menimang-nimang bayiku di kamarnya. Apa suami kalian juga mirip Superman?

4.

Intinya, kuku anakku tumbuh super cepat. Atau mungkin cuma aku yang ngerasa gitu.

5.

Para ibu, apa kalian bisa bersantai di akhir pekan?

6.

Ayah mertuaku sering bercanda dengan bilang kalau sekarang, semua barang dan furnitur perlu dipaku ke langit-langit. Sebelumnya, pot bungaku kutaruh di dekat jendela, tapi semua berubah saat Felix mulai bisa meraihnya. Apakah tanaman di rumahmu pindah ke suatu tempat yang lebih tinggi juga, seiring pertumbuhan anakmu?

7.

Kamu harus selalu mengawasi anakmu. Tapi terkadang, semua belum cukup.

8.

9.

Umur Felix sudah 2 tahun dan aku sudah sering mendengar kata “mama” darinya. Baru-baru ini, di pagi hari, dia tiba-tiba memanggilku. Saat itu, aku sedang tidur menggunakan penyumbat telinga dan tidak mendengarnya di monitor bayi. Untungnya, suamiku mendengarnya dan dia membawa Felix ke kamar kami dan membuatku senang saat mendengarnya. Di komik ini, aku menunjukkan betapa bahagianya aku saat bergegas ke kamar bayi pada pagi hari saat mendengar kata indah ini.

10.

Aku nggak nyangka cangkir favoritku yang pecah bisa membuatku menangis.

11.

12.

Kemarin, aku melihat anakku berteriak untuk pertama kali. Sebelumnya, dia cuma marah dan menangis, tapi aku belum pernah mendengar dia berteriak keras. Aku sampai harus menggambar ulang ilustrasi ini. Versi yang pertama aku buang, jadi, saat menggambar versi kedua, aku menuangkan semua pemangandangan yang aku lihat ke sana. Awalnya, nggak seseram ini.

13.

Punya anak yang suka membantu itu menyenangkan. Tepat setelah rutinitas paginya, Superman kecilku langsung ke mesin cuci. Ada 2 opsi di sini. Pertama: kalau mesin cucinya kosong, dia langsung mengisinya dengan apa pun, seperti pakaian bersih yang diambil dari pengering yang kemudian dicampur pakaian kotor dari keranjang cucian. Dia juga pernah memasukkan mainan dan benda lain yang, menurut anakku, salah tempat. Opsi kedua: kalau mesin cucinya penuh, semua harus dikeluarkan! Pakaian bersih yang masih basah biasanya berakhir di lantai kotor yang belum dipel si ibu (aku) selama beberapa hari.

14.

Tapi terkadang, ini bisa terjadi... tenang.

15.

Mengajari si bayi tanpa terluka — aku belum pernah denger yang kayak gini.

16.

Interaksi baru-baru ini dari kehidupan kami.

17.

Apa semua ibu pernah kayak gini? Atau cuma aku?

Silakan ceritakan pengalamanmu mengasuh anak. Apa kamu juga mengalami momen-momen seperti yang digambarkan Yulia?

Kredit foto pratinjau julcheck_ / instagram
Bagikan Artikel Ini