6 Bahaya bagi Kesehatan Anak yang Perlu Kamu Tahu

Masa anak-anak adalah masa yang luar biasa, dan orang tua siap melakukan apa pun untuk membuat anak mereka tersenyum dan tertawa. Tapi terkadang, mudah melakukannya secara berlebihan.

Sisi Terang menemukan lima hal yang lebih banyak bahayanya daripada kebaikannya untuk anak.

6. Baby walker dan jumperoo

Bahaya yang sudah terbukti dari benda ini lebih besar daripada dampak positifnya. Baby walker dan jumperoo sudah dilarang di Kanada.

  • Tingkat kecelakaan bayi (lebih dari 8.000 kasus per tahun di Amerika Serikat sendiri).
  • Penguatan otot yang tidak rata, perubahan bentuk kaki dan tungkai.
  • Kelengkungan tulang belakang karena beban berat di sana (tulang belakang anak tidak terbentuk dan kurang melengkung sebelum usia satu tahun).
  • Perkembangan kemampuan gerak mandiri tertunda karena tak ada motivasi untuk berjalan sendiri. Keseimbangan dan naluri mempertahankan diri tidak berkembang

Untuk meminimalkan bahaya, gunakan benda ini di bawah pengawasan selama 15 menit dua kali sehari hanya setelah bayi bisa bangun sendiri. Selain itu, konsultasikan kepada ahli ortopedi untuk membicarakan tindakan pencegahan.

5. Jus dan susu

Jus buah pasteurisasi rendah vitamin, dan kaya gula yang bisa menyebabkan masalah gigi serta obesitas.

  • Dokter anak menyarankan beri jus segar kepada anak setelah berumur satu tahun. Lebih baik ganti jus pasteurisasi dengan buah segar.

Susu sapi rendah zat besi, tapi terlalu tinggi gizi yang belum dibutuhkan bayi. Itu bisa membahayakan ginjal dan menyebabkan anemia, alergi, serta disbakteriosis.

  • Susu sapi bisa diberikan kepada anak-anak satu tahun ke atas, tapi tidak lebih dari setengah liter sehari. Ganti susu dengan makanan kaya kalsium (makanan produk susu fermentasi, sayuran hijau, dan buah) serta makanan kaya vitamin D (telur, hati sapi).

4. Mainan terang

Pada usia prasekolah, anak-anak menjelajahi dunia di sekitar mereka dan mendapat sikap sosial lewat mainan. Warna tidak alami, suara elektronik, dan banyak detail dalam mainan menghasilkan efek buruk pada perkembangan berpikir kreatif serta memengaruhi pembentukan kepribadian: akibatnya mungkin sikap agresif, ketakutan tak berdasar, dan depresi remaja.

  • Pilih mainan berwarna dan berbahan alami: kayu atau kain. Permainan lebih mendidik daripada hiburan. Jadi, mainan harus realistis.

3. Pakaian hangat

  • Makin kecil bayi, makin buruk termoregulasi mereka. Mereka akan menjadi terlalu kepanasan atau kedinginan. Kepanasan menyebabkan neuroticism dan akibatnya adalah heatstroke.
  • Pakaian yang terlalu hangat mencegah tubuh mengembangkan reaksi pertahanan tubuh terhadap perubahan cuaca, yang menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan dingin dan imunitas rendah.

Pakaian harus dibuat dari bahan alami dan menyerap keringat. Bayi merasa nyaman saat perut dan dadanya kering lalu kaki serta tangan mereka merah muda dan hangat.

2. Elektronik dan gadget

  • Cahaya biru dari layar LED menyebabkan kerusakan retina, yang akibatnya adalah degenerasi makula. Ini bisa menyebabkan katarak dan kebutaan.
  • Saat menggunakan ponsel pintar dan tablet, anak dialihkan dari dunia nyata. Keterampilan gerak dan indra tidak berkembang, juga tak ada interaksi langsung. Ini menyebabkan tidak berkembangnya lobus frontal yang bertanggung jawab atas kemampuan bicara, kepribadian, komunikasi, dan pembuatan keputusan.

Biarkan anak menggunakan alat-alat ini tak lebih dari satu jam sehari. Gunakan tablet dan ponsel pintar untuk permainan otak bagi anak dua tahun ke atas. Saat menggunakan gadget, anak harus berinteraksi dengan teman sebaya atau orang dewasa.

1. Sabuk pengaman

  • Memakai bagian bawah sabuk pengaman di atas perut saat kamu hamil bisa membahayakan bayi kalau-kalau terjadi kecelakaan.

Pakai sabuk serendah mungkin di bawah perut. Coba duduk tegak karena mencondongkan tubuh ke depan akan terlalu menekan bayi. Sebaiknya, jangan menyetir sama sekali kecuali mendesak. Kemudi terlalu dekat dengan perut sehingga bisa berbahaya bahkan dalam kecelakaan kecil.

Bagikan Artikel Ini