Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

8 Permainan Ini Dapat Memacu Kecerdasan Anak Anda

1-1-
226

Anda akan terkejut oleh banyaknya manfaat permainan berpura-pura bagi anak-anak kita dan betapa banyak permainan ini membantu tumbuh kembang mereka. Misalnya, jika anak-anak Anda suka bermain dokter-dokteran, mereka mungkin akan menunjukkan jauh lebih banyak empati terhadap anak-anak lain. Atau jika mereka suka bermain make-up, ini bisa meningkatkan harga diri ketika mencapai usia remaja.

Sisi Terang percaya bahwa anak-anak kita adalah masa depan dan bahwa mereka harus dihadapkan kepada hal-hal positif sebanyak mungkin, dan karena itu, kami ingin menyarankan beberapa permainan yang akan sangat bermanfaat.

1. Bermain dokter-dokteran bisa membuat anak lebih memiliki empati.

Permainan berpura-pura atau permainan peran bisa menjadi alat yang bagus bagi perkembangan otak, juga perkembangan sosial serta kognitif. Permainan ini bisa membantu kemampuan sosial dan bahasa anak, meningkatkan imajinasi, dan memperluas wawasan mereka tentang seperti apa dunia. Bermain dokter-dokteran adalah salah satu dari banyak permainan peran seru bagi anak-anak, dan memastikan boneka atau mainan kesayangan mereka sehat bisa membantu mereka lebih berempati ketika sudah besar nanti.

Manfaat lain dari permainan berpura-pura mencakup perkembangan:

  • Kreativitas dan imajinasi
  • Harga diri yang lebih baik
  • Empati
  • Kemampuan berpikir
  • Kemampuan sosial
  • Kesehatan mental yang baik
  • Keterampilan berbahasa dan berkomunikasi

2. Permainan tebak-tebakan membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berpikir logis dan mengajarkan keterampilan mendeskripsikan.

Permainan tebak-tebakan memiliki banyak manfaat edukasi bagi anak-anak kita. Di samping manfaat dasar dari permainan ini, seperti mengikuti giliran, mengikuti aturan, dan bersikap sportif, permainan ini juga bisa:

  • Mengajarkan anak-anak membedakan warna
  • Mengajarkan anak-anak mengenal lawan kata, seperti “telinga besar” dan “telinga kecil”
  • Mengajarkan anak-anak kemampuan deskripsi, seperti mendeskripsikan bentuk wajah dan rambut
  • Memperbaiki artikulasi
  • Mengembangkan kemampuan berpikir logis

3. Bermain make-up bisa meningkatkan harga diri anak.

Bermain dengan make-up terbukti sangat penting bagi harga diri anak Anda bertahun-tahun kemudian. Bermain dengan make-up bisa berkontribusi terhadap perkembangan kepercayaan diri karena anak Anda merasa dilibatkan dalam kegiatan yang sedang Anda lakukan, merasakan keseruan ketika mengambil bagian dalam aktivitas dengan orang yang paling disayanginya, mendapat banyak perhatian, dan mendapat pujian atas pekerjaan yang telah dikerjakan dengan baik.

4. Permainan “Jenga” mengajarkan kesabaran kepada anak-anak dan bisa meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan.

Permainan Jenga (sejenis permainan menyusun balok) membutuhkan banyak konsentrasi, meningkatkan koordinasi mata dengan tangan, dan pengambilan keputusan, dan tujuan permainan ini adalah mengajarkan anak untuk bersabar. Bukan hanya itu, tetapi menurut penelitian ini, Jenga baik untuk melatih otak dan mendukung serta meningkatkan kinerja kognitif.

5. Teka-teki menyusun gambar bisa mencegah penurunan fungsi kognitif.

Teka-teki menyusun gambar adalah salah satu permainan terbaik untuk dimainkan dengan anak. Bukan hanya seru, tetapi permainan ini juga bisa sangat memengaruhi kemampuan kognitif. Juga mengurangi peluang berkembangnya penyakit mental, seperti penyakit hilang ingatan, demensia, atau Alzheimer.

6. Catur akan mengajarkan strategi dan pemecahan masalah kepada anak-anak.

Catur adalah permainan anak lain yang sangat bermanfaat. Tentu saja, permainan ini membutuhkan banyak strategi, pemecahan masalah dan berpikir kritis, tetapi menurut penelitian ini, catur juga bisa membantu memproses informasi jauh lebih cepat.

7. “Kapal Perang” bisa meningkatkan logika dan berpikir kritis.

Permainan Kapal Perang membutuhkan banyak penalaran, berpikir kritis, dan logika. Pemain harus menentukan banyak pilihan, memperhitungkan di mana harus menembak, melacak tembakan, dan mengambil keputusan tentang di mana harus menempatkan tembakan berikutnya. Semua kelebihan ini adalah alasan kenapa permainan ini sangat bagus bagi anak-anak.

8. Scrabble memperkaya kosakata dan memperbaiki daya ingat anak-anak.

Scrabble memperkaya kosakata anak-anak, meningkatkan daya ingat, dan menurut penelitian ini, mereka yang sering bermain Scrabble memakai bagian otak yang berbeda ketika mengambil keputusan leksikal dibanding mereka yang tidak bermain Scrabble.

Apa saja permainan edukasi favorit yang Anda mainkan dengan anak-anak? Mari bagikan dengan kami!

1-1-
226
Bagikan Artikel Ini