Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

9 Perubahan Mengejutkan pada Tubuh Setelah Melahirkan

----
711

Setelah seorang bayi dilahirkan ke dunia, dia mendapat banyak perhatian dari dokter dan sejumlah kerabat. Tapi hanya sedikit orang yang tahu apa yang sebenarnya terjadi kepada ibu si bayi. Setelah melahirkan, tubuh seorang ibu mengalami banyak perubahan, ada yang positif, ada juga yang tidak.

Sisi Terang mencoba mencari tahu perubahan apa yang terjadi kepada perempuan saat hamil dan setelah melahirkan.

Ukuran sepatu membesar.

Para peneliti mengukur kaki 49 perempuan saat hamil dan enam bulan setelah melahirkan. Pada periode ini, panjang kaki mereka bertambah 2-10 milimeter. Menurut statistik, 70% perempuan mengalami hal ini. Menariknya, hanya kelahiran anak pertama yang memengaruhi ukuran kaki.

Perubahan ukuran ini dipercaya karena hormon relaksin. Hormon ini dikenal dapat membuat sendi dan tendon menjadi lebih lentur. Mungkin, hal inilah yang memengaruhi membesarnya ukuran kaki.

Jika bayinya besar, dada ibu akan melebar.

Ini mungkin terdengar aneh, tapi empat perempuan berbicara soal fenomena ini dalam sebuah wawancara dengan sebuah media, The Cut. Menurut mereka, terdapat perbedaan satu ukuran baju sebelum dan sesudah melahirkan.

Pinggul menjadi lebih lebar.

Hormon relaksin, yang sebelumnya telah kita bahas, melenturkan tendon di tempat tulang panggul terhubung yang membuat pinggul menjadi lebih lebar. Ini diperlukan untuk memastikan proses melahirkan berjalan lancar. Beberapa perempuan kembali ke bentuk tubuh awal mereka begitu melahirkan, dan beberapa tetap memiliki pelvis yang lebih lebar.

Perempuan mungkin masih akan merasakan sensasi gerakan bayi pada rahim.

Pada bulan-bulan pertama setelah melahirkan, sebagian wanita mungkin masih akan merasakan tendangan khayalan di perut mereka. Ini terjadi karena kejang otot dan gas, atau karena rahim mereka masih terus berkontraksi. “Tendangan” ini bisa membuat takut para ibu muda karena mereka merasa seperti hamil lagi.

Sering kali, sensasi ini hilang dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Tapi beberapa perempuan menyatakan mereka masih merasakan gerakan ini bertahun-tahun setelah bayi mereka lahir.

Perubahan pada warna rambut dan mata.

Ahli kehamilan dari California menyatakan bahwa kehamilan bahkan bisa mengubah warna rambut dan mata. Menurutnya, ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan berkurangnya melanin. Bagi beberapa perempuan, perubahan ini hanyalah sementara, dan bagi sebagian yang lain, perubahan ini permanen. Bahkan banyak perempuan beruban setelah melahirkan.

Selera rasa berubah.

Setelah masa kehamilan, seleramu mungkin sedikit berubah: alih-alih suka makanan manis, perempuan mulai menyukai makanan pedas, dan sebaliknya. Alasannya lagi-lagi ada ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Sayangnya, tak ada yang tahu bagaimana hal ini bisa berpengaruh pada kebiasaan sang ibu.

Perempuan mulai lebih banyak berkeringat.

Sebagian besar perempuan mulai berkeringat lebih banyak setelah melahirkan. Sering kali, ini terjadi secara berkala pada malam hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh turunnya level estrogen dalam darah. Walaupun merupakan proses yang alami, dalam beberapa kasus, hal ini bisa menyebabkan masalah tiroid.

Beberapa perempuan mengalami reaksi alergi.

Sayangnya, ada sangat sedikit penelitian tentang alergi yang dialami para ibu. Ini sebabnya para dokter kesulitan menemukan penyebabnya. Saat hamil, sistem imun dipercaya menekan semua reaksi dan iritasi, untuk membuat perempuan lebih mudah menjalani proses kehamilan. Dan setelah melahirkan, mekanisme ini berhenti bekerja dan tubuh “mencari” hal baru untuk bereaksi. Bisa berupa makanan, bulu, dan sebagainya.

Tato bisa rusak.

Hal ini sering kali terjadi pada tato di bagian perut. Tidak terlalu mengejutkan memang. Tapi kehamilan bisa juga memengaruhi tato di bagian tubuh lain, seperti pinggul, dada, payudara, lengan, punggung, dan di bagian tubuh lain yang menjadi tempat munculnya stretch mark.

Kami sangat terkejut dengan rendahnya jumlah penelitian yang dilakukan tentang perubahan dalam tubuh perempuan setelah hamil. Mari isi kekurangan ini. Beri tahu kami tentang hal aneh dan tak biasa yang terjadi dalam tubuhmu setelah kamu melahirkan!

Kredit foto pratinjau unknown author / pixnio
----
711
Bagikan Artikel Ini