Alasan Makin Banyak Wanita Memilih Melahirkan di Rumah

Di beberapa negara, 20% persalinan dilakukan di rumah, meskipun mayoritas dokter percaya bahwa rumah sakit dan pusat-pusat persalinan adalah tempat paling aman untuk melahirkan. Sementara wanita memilih melahirkan di rumah karena lebih murah atau ingin tempat yang lebih akrab, penelitian membuktikan bahwa persalinan jenis ini juga punya kelebihan.

Karena makin banyak wanita memilih melahirkan bayi mereka di rumah sendiri, Sisi Terang mengumpulkan informasi seputar persalinan di rumah yang bisa membantu Anda memahami apa sebenarnya arti melahirkan dengan cara ini dan kenapa para wanita memilihnya.

Apa arti kelahiran di rumah?

Jika Anda memilih untuk melahirkan di rumah, artinya Anda harus menjalani semua prosedur persalinan di rumah dengan bantuan bidan, perawat, atau dokter kebidanan. Ini harus disetujui oleh dokter yang mengikuti perkembangan kehamilan Anda, karena beberapa kriteria harus dipertimbangkan, sebab tidak semua wanita mampu melahirkan dengan cara ini.

Dengan meningkatnya angka kelahiran di rumah, para peneliti dari seluruh dunia telah menaruh minat terhadap hal ini dan menemukan berbagai manfaat mengejutkan dari metode persalinan ini.

1. Anda bisa lebih memegang kendali.

Di rumah sakit, wanita selalu mengalami intervensi perawat, interupsi, dan kunjungan orang-orang yang tak diinginkan. Tapi di rumah, wanita bisa mengendalikan situasi sepenuhnya. Faktanya, dia bisa memilih hanya orang-orang yang akan mendukungnya dengan baik, dan ini benar-benar bisa membantu proses persalinan.

2. Keluarga Anda bisa menyertai.

Karena Anda lebih bisa mengendalikan, umumnya keluarga dekatlah yang Anda pilih untuk menyertai dalam momen menakjubkan tapi sulit ini. Sebagian rumah sakit membatasi jumlah orang yang boleh berada dalam ruangan, dan seringnya, wanita harus menanyakan informasi ini kepada rumah sakit sebelum memilih dengan siapa dia akan melahirkan.

3. Biayanya bisa lebih murah.

Di beberapa negara, melahirkan anak ke dunia bisa menjadi pengalaman yang mahal. Karena itu, para wanita memilih persalinan di rumah sebagai cara berhemat. Perbedaan biayanya bisa mencapai jutaan rupiah, dan mereka bisa menyimpan uang ini untuk membantu masa depan bayi.

4. Anda bisa melakukannya tanpa obat-obatan.

Sebagian wanita percaya dengan kelahiran alami, dan di rumah sakit, ini lebih sulit didapatkan. Sering kali, ketika memutuskan untuk melahirkan di rumah, mereka juga memilih prosedur bebas obat-obatan dan intervensi, yang artinya tanpa pembiusan maupun operasi sesar.

5. Bisa lebih nyaman.

Di rumah, Anda bisa memilih untuk melahirkan di mana pun yang diinginkan. Wanita bisa melakukannya dalam bak mandi, di lantai, dikelilingi bantal, atau bahkan di tempat tidur sendiri. Kenyamanan bisa membantu kelahiran yang lebih alami dan lebih mudah.

Kalau Anda sudah punya buah hati, bagaimana pengalaman persalinan Anda? Dan jika belum, metode mana yang akan Anda pilih?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini