Beberapa Wanita Melahirkan Anak Lelaki atau Anak Perempuan Saja, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Jumlah lelaki dan perempuan hampir sama, tapi keluarga yang memiliki anak satu jenis kelamin selalu membuat orang bertanya-tanya dengan penyebabnya. 60% orang tua di AS memiliki lebih dari satu anak, dan banyak orang penasaran kenapa mereka memiliki banyak anak dengan jenis kelamin sama dan bagaimana mereka bisa memiliki anak lelaki atau perempuan.

Kami di Sisi Terang penasaran dengan penjelasan fenomena ini dan apakah sebuah keluarga yang hanya memiliki anak laki-laki atau anak perempuan saja bisa melahirkan anak beda jenis kelamin.

1. Mustahil memiliki gen “anak perempuan” atau “anak lelaki” yang belum ditemukan.

Sebagian besar keluarga memiliki rasio jenis kelamin yang tidak seimbang, tapi orang tua lain tak bisa memiliki anak lelaki atau anak perempuan, dan beberapa bahkan meyakini bahwa gen perempuan atau lelaki adalah keturunan. Namun, para peneliti masih menemukan bukti bahwa beberapa keluarga hanya bisa memiliki lelaki atau perempuan karena gen mereka. Pada satu titik, para ilmuwan mungkin berubah pikiran, tapi sekarang ini, tak mungkin gen keluarga berdampak pada apakah kamu akan memiliki anak laki-laki saja atau anak perempuan saja.

2. Jenis kelamin ditentukan oleh ayah.

Ada orang yang percaya bahwa jenis kelamin anak bergantung pada ibu karena dia yang mengandungnya, padahal itu ditentukan oleh ayah. Karena sperma membawa kromosom kedua jenis kelamin, beberapa spermatozoa membawa kromosom X untuk perempuan, sementara yang lain membawa kromosom Y untuk lelaki. Sementara itu, wanita membawa 2 kromosom X, jenis kelamin bayi bergantung pada spermatozoa mana (X atau Y) yang masuk ke sel telur perempuan.

3. Pada masa yang sulit, lebih sering lahir bayi perempuan.

Namun, para ilmuwan menemukan beberapa faktor yang bisa memengaruhi jenis kelamin. Telah terbukti bahwa setelah masa-masa sulit, seperti bencana alam, rasio jenis kelamin akan berubah, menjadi lebih banyak bayi perempuan. Itu mungkin karena stres yang dialami oleh para calon ibu.

4. Makan makanan tertentu bisa meningkatkan peluang memiliki anak perempuan.

Telah terbukti bahwa makan makanan tertentu meningkatkan peluang mengandung anak perempuan. Misalnya, mengurangi garam dan banyak mengonsumsi produk susu bisa meningkatkan peluang untuk memiliki bayi perempuan. Sementara itu, para ibu yang mengonsumsi makanan kaya natrium dan kalium lebih berpeluang melahirkan anak lelaki.

5. Biasanya jika seorang ibu memiliki anak berjenis kelamin sama, itu hanya kebetulan.

Telah diketahui pasti bahwa keseimbangan jenis kelamin tetap sama selama berabad-abad, dan tidak ada aspek yang bisa mengubahnya secara signifikan. Keluarga yang memiliki banyak anak berjenis kelamin sama itu jarang, tapi bisa dijelaskan secara ilmiah. Tiap anak memiliki peluang 50% berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Jadi, misalnya untuk tiga anak, peluang mereka laki-laki adalah: 0,5 X 0,5 X 0,5 = 0,125 atau 12,5%.

Kamu tahu keluarga yang hanya memiliki anak lelaki atau anak perempuan? Jika kamu ingin memiliki anak, kamu lebih suka anak lelaki atau perempuan?

Bagikan Artikel Ini