Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Bisakah Wanita Hamil Saat Hamil? Menurut Sains Bisa: 10 Kasus Telah Tercatat di Dunia

Meskipun sulit dipercaya, ternyata wanita bisa hamil saat sedang hamil. Kedengarannya seperti fenomena supernatural dari film fiksi ilmiah, ya? Tapi itu benar — wanita bisa mengandung lagi saat dirinya sudah mengandung.

Sisi Terang tertarik dengan topik ini dan mempelajarinya baik-baik sampai kini akhirnya bisa membagikan hasil akhirnya denganmu.

Kondisi langka ini disebut “superfetasi”, yang berarti pembuahan janin kedua saat sedang mengandung janin lain. Hasilnya, ibu yang berbahagia itu mendapat dua anak kembar dengan umur kehamilan berbeda dan terkadang bahkan dua tanggal lahir.

Superfetasi berbeda dengan superfekundasi. Superfekundasi berarti pembuahan dua telur yang dilepaskan pada satu siklus haid dari hubungan seks berbeda. Dalam hal ini, wanita akan berakhir memiliki bivitelline atau kembar dua siklus. Dalam kasus superfetasi, seorang wanita mengandung pada siklus haid berbeda dan selain usia kehamilan, si kembar akan memiliki bobot, tinggi, dan bahkan golongan darah berbeda.

Biasanya, saat seorang wanita hamil, ovariumnya berhenti melepaskan telur pada rahim karena hormon mengirim sinyal pada tubuh untuk “bersiap” membesarkan bayi. Namun, saat superfetasi terjadi, ovarium menghasilkan dan melepaskan telur lagi, yang juga bisa dibuahi.

Ada 10 kasus resmi yang diketahui dari fenomena ini dan yang terakhir terjadi di Australia pada wanita bernama Kate Hill — dia hamil dua kali dalam 10 hari. Dia melahirkan dua bayi perempuan — Charlotte dan Olivia, yang tergolong kembar, tapi perbedaan waktu kandungan mereka adalah 10 hari. Meskipun mereka lahir di hari yang sama, bobot dan golongan darah mereka berbeda.

Superfetasi bisa terjadi pada hewan juga. Tikus, kanguru, kelinci, kucing, dan domba bisa mengalami superfetasi. Ikan juga memiliki kemampuan luar biasa ini.

Aristoteles yang pertama mencatat fenomena ini pada kelinci. Dia mengamati bahwa di dalam kandangnya, kelinci telah melahirkan bayi berukuran berbeda — yang lebih muda berukuran sangat kecil. Ini adalah dampak superfetasi, di mana anak yang lebih muda memiliki ukuran lebih kecil karena terjadinya kehamilan kedua.

Kamu pernah mendengar tentang fenomena ini? Bagaimana reaksimu jika ternyata kamu hamil dua kali? Kami ingin mendengar pendapatmu di kolom komentar!

Bagikan Artikel Ini