Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Ini yang Terjadi jika Kamu Membiarkan Anakmu Makan Hidangan Penutup Sebelum Hidangan Utama

Peningkatan preferensi anak terhadap makanan dan minuman manis biasa terjadi kepada balita di seluruh dunia. Kebanyakan orang tua tahu bahwa banyak anak terobsesi pada hidangan enak yang sering mereka dapat setelah hidangan utama, tapi kabar baiknya: makan hidangan penutup sebelum hidangan utama mungkin sebenarnya punya beberapa manfaat.

Tim Sisi Terang melakukan riset dan mengumpulkan beberapa alasan kenapa membiarkan makan hidangan penutup lebih dulu bisa menjadi hal baik.

Itu mengajari mereka tanggung jawab.

Makanan manis bisa menjadi bagian penting diet sehat. Itu juga membuat anak-anak senang. Sebagai orang tua, menyajikan hidangan penutup kepada anak bantu menjadikannya bukan sebagai hal istimewa lagi. Akhirnya itu akan menjadi santapan biasa, bukan hidangan mewah yang jarang mereka makan.

Itu bisa membantu menurunkan berat badan.

Berdasarkan penelitian terbaru, makan hidangan penutup lebih dulu daripada setelah makan hidangan utama bisa bantu menurunkan berat badan. Penelitian itu juga menunjukkan bahwa, saat peserta menyantap hidangan penutup mengenyangkan di awal makan, mereka akan makan lebih sedikit setelah menghabiskan hidangan manis itu.

Itu bisa membantu mereka membuat pilihan lebih sehat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa makan hidangan penutup sebelum hidangan utama bisa membuat mereka makan lebih sehat. Alasannya, saat makan hidangan sehat lebih dulu, kamu menantikan hidangan penutup yang lezat itu. Tapi jika kamu sudah puas dengan hidangan manis, kamu akan makan lebih sehat dan ringan setelahnya.

Itu bisa membuat suasana hati mereka (dan kamu) lebih baik.

Tidak mengherankan bahwa orang mengidamkan hidangan penutup—itu bisa memengaruhi suasana hati kita secara positif. Terkadang anak-anak bertingkah saat makan sayuran dan menunggu hidangan penutup. Jadi, menyajikannya lebih dulu bisa membuat waktu makan siang dan makan malam tidak begitu memusingkan untuk seluruh keluarga. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memilih makan hidangan manis cenderung lebih ramah dan penyayang.

Kamu suka makan hidangan manis? Seberapa sering anak-anakmu makan hidangan penutup?

Bagikan Artikel Ini