Para Orang Tua Ini Berbagi 6 Kiat Ampuh yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Mudah

Saat menjadi orang tua, kita sering kali terjebak dalam situasi yang tidak tertolong dan kita merasa benar-benar tidak berdaya, meski yang kita hadapi cuma anak berumur 2 tahun. Kita sering kali berharap ada tombol ajaib untuk mendiamkan atau menenangkan bayi kita, tapi sayangnya, tombol seperti ini tidak ada.

Meski begitu, Sisi Terang tetap ingin membantumu. Kami sudah mengumpulkan sejumlah trik super keren yang akan mengubah kehidupanmu sebagai orang tua untuk selamanya.

1. Kiat agar anak berhenti merengek meminta mainan di toko.

Kristina Watts, seorang ibu dari anak berusia 3 tahun, membagikan kiatnya di internet. Jika anakmu merengek meminta mainan yang tidak ingin kamu belikan untuknya, cukup ajak anakmu untuk berfoto dengan mainan itu.

Lalu katakan, kamu akan mengirim foto itu ke Sinterklas, agar dia tahu harus menghadiahi anakmu kado apa. Kristina mengatakan, trik ini bekerja sangat ampuh, terutama saat musim Natal. Anaknya mengambil mainan yang dia mau, berpose bahagia saat difoto, lalu dengan tenang mengembalikan mainan itu. Lama kelamaan, anaknya akan melupakan mainan itu.

Tapi tentu saja, kamu juga bisa mengirimkan foto-foto ini ke Sinterklas dunia nyata, seperti kakek dan nenek, paman dan bibi, atau sahabatmu. Tapi apa pun yang kamu lakukan setelahnya, yang terpenting adalah anakmu tidak lagi merengek dengan menggunakan trik ini.

2. Buatlah bagan untuk anak yang pilih-pilih makanan.

Ada sebuah cara yang seru untuk kamu coba ke anakmu yang susah makan. Buatlah bagan bersama anakmu, di bagan ini, kamu dan anakmu menuliskan setiap hidangan baru yang akan dicoba anakmu. Setelah makan, anakmu bisa mengevaluasinya, memberikan nilai, dan menempelkan stiker suka atau tidak suka di bagan ini.

Setiap minggu, kalau anakmu memakan semua makanannya, kamu bisa menghadiahinya medali yang dapat ditukar dengan hadiah kecil atau aktivitas seru favoritnya. Kamu dan anakmu juga bisa memilih makanan bersama-sama, dan anakmu bisa memberi tahu makanan apa yang ingin dia coba.

3. Trik agar anak berhenti menangis.

Jadikan tangisan sebagai permainan. Pertama, perhatikan anakmu menangis sebentar, lalu minta giliranmu menangis juga, dan mulailah menangis. Lalu berhenti dan katakan kepada anakmu bahwa sekarang gilirannya menangis lagi. Anakmu mungkin tidak akan menyukai permainan ini dan mengatakan dia tidak ingin menangis lagi. Kalau anakmu menangis lagi, semangati dia. Lalu, mintalah giliranmu lagi dan mulai menangis, lalu berikan giliran untuk anakmu lagi. Anakmu hampir pasti akan menolak melanjutkan dan akhirnya berhenti menangis.

Seorang ayah merekam dan mengunggah trik ini ke internet, silakan liat di video ini.

4. Cara yang lebih mudah untuk memasukkan anak ke dalam troli belanja.

Ternyata, ada cara yang lebih mudah untuk memasukkan anakmu ke troli belanja daripada menggendongnya. Panel belakang troli ternyata bisa diangkat. Kamu cukup mengangkatnya, dan anakmu bisa merangkak ke dalam sendiri.

5. Buat perjalanan mobil menjadi lebih aman.

Ternyata, setelah kecelakaan di jalan raya, orang tua sering kali tidak sadarkan diri dan petugas pemadam kebakaran tanpa sengaja menemukan seorang anak tanpa orang tuanya. Sayangnya, para petugas tidak punya informasi tentang anak ini atau kondisi medisnya dan tidak bisa bertanya kepada siapa pun. Jadi, luangkanlah beberapa menit untuk menempelkan kartu indeks berisi informasi penting di kursi mobil untuk anak. Tuliskan nama anakmu, tanggal lahirnya, nama orang tua, kontak darurat, sebutkan kondisi medis, dokter anak, obat yang diminum anakmu, dan hal-hal penting lainnya. Ini bisa sangat membantu petugas kondisi darurat dan bisa menyelamatkan nyawa anakmu.

6. Apa yang harus dilakukan untuk menenangkan anak.

Trik ini sering digunakan oleh Putri Diana dan kini digunakan oleh Pangeran William. Saat anakmu merasa gelisah, bungkukkan badanmu hingga setara dengannya saat bicara dan sampaikan kata-kata yang lebih menyemangati. Intinya adalah turunkan badanmu ke level yang setara dengan anakmu dan jaga posisi ini sampai anakmu merasa lebih baik.

Apa kamu juga tahu trik berguna lain yang bisa mempermudah? Silakan bagikan di kolom komentar, ya, mungkin kamu bisa membantu orang tua lain yang membaca artikel ini.

Bagikan Artikel Ini