Sisi Terang
Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Tahap-tahap yang Harus Dilalui Ibu Bersama Putrinya

2---
120

Ada 4 tahap penting yang harus dilalui seorang anak perempuan bersama ibunya, menurut psikolog dan penulis buku-buku populer tentang wanita, Olga Valyaeva. Dia menguraikannya dalam bukunya, The Destiny to Be a Mother (Takdir Menjadi Seorang Ibu), bahwa hubungan sehat antara ibu dan putrinya akan terbentuk hanya jika sudah melewati semua tahap ini.

Kami di Sisi Terang menganggap keluarga adalah salah satu faktor kunci dalam kehidupan, sehingga kami ingin sekali membagikan wawasan penulis ini kepadamu.

1. Simbiosis.

Usia: 0-7
Unsur: kebutuhan permanen akan perhatian dan cinta serorang ibu.
Tugas: menciptakan ikatan kuat antara ibu dengan putrinya dan memperoleh masa kecil bahagia.
Risiko terjebak pada tahap ini: terlalu bergantung pada sang ibu, tidak memahami dirimu sebenarnya, atau tidak dewasa.

Kenangan masa kecil yang bahagia, terutama hubungan baik dengan orang tua adalah penting dalam kehidupan seseorang. Penelitian tertentu bahkan menyimpulkan bahwa hal ini menciptakan kesehatan dan kemampuan kognitif yang lebih baik di masa depan.

2. Perbedaan pendapat.

Usia: 7-14
Unsur: perbedaan pendapat yang terus-menerus, pembentukan pandangan hidup seseorang, dan mempertahankan diri.
Tugas: pembentukan kepribadian.
Risiko terjebak pada tahap ini: selalu berdebat dan selalu mencoba membuktikan bahwa kamu lebih tahu dalam segala hal dibanding ibumu.

Para psikolog menjelaskan bahwa anak-anak pada usia ini “membantah” sebab mereka mulai mempertanyakan wewenang orang tuanya dan menguji gagasan-gagasan mereka sendiri guna menemukan solusi alternatif dan bertanggung jawab atas keputusan mereka.

3. Kemandirian.

Usia: 14-21
Unsur: kemandirian anak perempuan dan melemahnya hubungan.
Tugas: menyadari seperti apa hidup tanpa sang ibu.
Risiko terjebak pada tahap ini: kehilangan hubungan khusus dengan ibunya.

Walau mayoritas orang tua mengaku telah cukup mendorong anak-anak untuk mandiri, menurut penelitian, terlalu terlibatnya orang tua menimbulkan proses berlawanan. Karena itu, inisiatif dan motivasi si putri penting untuk melalui tahap ini.

4. Rasa terima kasih dan penghargaan.

Usia: 21+
Unsur: menjadi teman dekat bagi ibu.
Tugas: mencapai pemahaman dengan ibunya dan menyadari nilai dirinya sendiri.

Menyelesaikan tahapan ini dan menciptakan keterkaitan yang kuat dengan ibu sangat banyak manfaatnya bagi si putri, salah satunya adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian ini.

Tahap hubungan apa yang sekarang ini sedang kamu jalani bersama ibumu? Apa masalah yang kamu hadapi dan bagaimana dampaknya terhadap hidupmu?

Kredit foto pratinjau kyliejenner / Instagram
2---
120
Bagikan Artikel Ini