Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Ternyata Sehari Bersama Anak-Anak Lebih Berat daripada Sehari di Kantor

11--
324

Meskipun ada kecenderungan baru yang harus diperhitungkan, yaitu saat wanita mulai bekerja dan semakin banyak pria mengabiskan waktu lebih lama di rumah, pola yang sudah berlangsung lama masih bertahan. Bahkan pada tahun 2020, rata-rata pria bekerja dua kali lipat lebih banyak dibanding wanita. Tetapi wanita menghabiskan waktu dua kali lebih banyak untuk merawat anak dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Di Sisi Terang, kami telah menemukan sebuah penelitian menarik yang mengungkap apa pekerjaan tersulit di dunia. Dan tentu saja, kami sangat ingin membagikan yang telah kami pelajari kepadamu.

Rata-rata, pria bekerja 40,5 jam seminggu, sedangkan wanita hanya bekerja 23 jam.

Wanita, di saat yang sama, menghabiskan 13,5 jam seminggu untuk merawat anak dibandingkan dengan 7 jam total yang dihabiskan pria. Ditambah lagi, wanita menghabiskkan waktu hampir dua kali lipat lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga yaitu sebanyak 17,5 jam, dibanding pria yang hanya menghabiskan 10 jam.

Setelah menelaah penelitian itu, sepertinya merawat anak lebih melelahkan daripada pekerjaan biasa. Orang tua mendapati 12% dari semua kegiatan merawat anak sangat melelahkan. Di saat yang sama, mereka mengaku bahwa hanya 5% dari pekerjaan di kantor yang melelahkan. Sepertinya, secara keseluruhan, merawat anak merupakan aktivitas yang paling melelahkan bagi banyak orang, bahkan lebih melelahkan daripada pekerjaan rumah tangga.

Yang mengejutkan, semua aktivitas lebih terasa melelahkan bagi wanita dibandingkan pria. Para ibu mengatakan mereka merasa sangat lelah sepanjang 15% dari kegiatan merawat anak yang dilakukannya. Sebagai perbandingan, para ayah merasakan hal yang sama dalam sekitar 6% kegiatan tersebut.

Ayah dan ibu melakukan hal-hal yang berbeda bersama anak-anak mereka.

Mungkin inilah alasannya kenapa wanita merasa lebih lelah di rumah bersama anak-anak. Ketika ayah dan ibu sama-sama terlibat dalam aktivitas bersama anak-anak mereka, wanita akan lebih terlibat dalam aktivitas fisik seperti perawatan kesehatan, memberi makan, dan memakaikan baju. Mereka juga lebih sering terlibat dalam kegiatan pendidikan anak-anak, menjadi yang bertanggung jawab untuk melakukan perencanaan, dan biasanya ibulah yang menghadiri semua acara sosial.

Namun, merawat anak memberikan kepuasan besar.

Meskipun melelahkan, itu tidak mengubah fakta bahwa ini adalah salah satu aktivitas paling bermakna dan dianggap berharga baik oleh pria maupun wanita. Sebanyak 62% orang Amerika dalam penelitian itu yang memiliki anak usia di bawah 18 tahun menganggap aktivitas mereka bersama anak-anak sangat bermakna. Di saat bersamaan, hanya 36% dari mereka yang mengatakan hal yang sama tentang pekerjaan mereka.

Orang tua merasa lebih bahagia dengan aktivitas merawat anak dibanding hal-hal yang ada kaitannya dengan pekerjaan. Faktanya, ketika merawat anak, rata-rata orang merasa hanya sedikit kurang bahagia dibandingkan pada waktu luang mereka. Tapi rata-rata, para ibu sepertinya merasakan level kebahagiaan yang lebih besar dibandingkan para ayah ketika merawat anak.

Bagaimana denganmu? Kamu merasa lebih lelah setelah menghabiskan seharian di kantor atau mengawasi anak-anak? Apa aktivitas favoritmu bersama anak-anak?

Kredit foto pratinjau ilovepretzles69 / reddit
11--
324
Bagikan Artikel Ini