Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

10 Barang yang Ternyata Harus Kita Bersihkan Setiap Hari

----
139

Beberapa orang suka membersihkan rumahnya setiap minggu, ada yang setiap 15 hari, dan ada pula yang jarang bersih-bersih. Namun, apa pun jadwal bersih-bersih kita, beberapa barang dan tempat harus dilap setiap hari. Keyboard, wastafel, dan setir mobilmu, misalnya, terus terkena bakteri yang dapat membahayakan kesehatanmu.

Untuk bantu mencari tahu apa yang sebenarnya harus dibersihkan, Sisi Terang membuat daftar barang yang paling memerlukan perhatianmu.

1. Kepala pancuran

Air yang terus-menerus mengalir dari kepala pancuranmu bukan berarti otomatis bisa membersihkannya. Bakteri bisa tumbuh di sana dan kamu bisa menghirupnya saat mandi. Hal itu dilaporkan sebagai salah satu penyebab utama infeksi paru-paru.

2. Cincin

Jika kamu mengenakan cincin setiap hari atau memakai cincin kawin dan tidak pernah melepaskannya, sebaiknya masukkan ke daftar item yang harus dibersihkan setiap hari. Beberapa studi menemukan bahwa tangan orang-orang yang mengenakan cincin memiliki lebih banyak bakteri dibandingkan yang tidak.

3. Setir mobil

Interior mobil adalah sumber bakteri jahat dan meski tidak perlu membersihkan mobil setiap hari, akan lebih baik membersihkan setirnya sebelum menyentuhnya.

4. Kenop pintu

Kenop pintu adalah objek yang kita sentuh setiap hari dengan tangan kotor dari jalanan. Benda ini memiliki ratusan mikroorganisme yang dapat memengaruhi kesehatanmu.

5. Keyboard

Komputer memang biasa kita gunakan setiap hari dan keyboard, karena sering disentuh, menjadi sumber beberapa jenis bakteri. Kabar baiknya adalah tisu basah antibakteri dapat mengurangi kotoran pada keyboard secara signifikan.

6. Remote

Objek lain yang kita sentuh setiap hari adalah remote. Para peneliti telah menemukan jamur dan bakteri pada barang rumahan ini, sehingga sebaiknya luangkanlah waktu untuk membersihkannya.

7. Sakelar lampu

Sakelar lampu sering tidak diperhatikan saat kita membersihkan rumah, tetapi juga merupakan tempat kuman dan bakteri bersembunyi. Untuk membuktikan hal ini, studi ini menemukan bahwa sakelar adalah salah satu tempat terkotor di kamar hotel.

8. Wastafel kamar mandi

Kita mencuci tangan dan menyikat gigi setiap hari lebih dari satu kali, sehingga tidak mengherankan bahwa wastafel kamar mandi bisa selalu kotor dan menjadi rumah bagi lebih dari 50.000 bakteri. Mengelapnya dengan larutan antibakteri bisa langsung membunuh koloni ini.

9. Sikat gigi

Partikel makanan dan plak tersangkut di sikat gigi kita setiap hari. Di tambah lagi, sebagian besar dari kita menyimpannya di tempat terbuka di kamar mandi, membuat sikatnya menjadi sumber beberapa jenis bakteri. Oleh sebab itu, sebaiknya bersihkan sikat gigi setiap hari dan rendam di dalam obat kumur antibakteri.

10. Kosen jendela

Polen, jamur, dan partikel kotoran lainnya bisa menempel di kosen jendela kamar tidur kita dan meningkatkan gejala alergi saat tidur. Lap setiap hari sebelum tidur dan gangguan kesehatan pun akan hilang.

Apa kamu sudah membersihkan tempat dan objek di atas setiap hari? Jika belum, apa yang sekarang akan kamu tambahkan ke dalam daftar rutinitas bersih-bersihmu?

----
139
Bagikan Artikel Ini