10 Cara Mengencangkan Kulit Kendur

Kulit kendur bisa menjadi masalah sangat menyebalkan yang akan kita hadapi saat kita menua. Tubuh kita secara alami mulai kehilangan protein yang menjaga elastisitas kulit. Namun, beberapa faktor, seperti terlalu banyak paparan sinar matahari, bisa mempercepat proses ini. Selain itu, meskipun turun berat badan tampaknya sehat, melakukannya dengan salah bisa membahayakan kulit juga.

Karena masalah ini cukup umum, kami di Sisi Terang berpikir akan sangat berguna membagikan beberapa kiat tentang cara mendapatkan kembali kekencangan kulit yang telah terbukti ini dengan para pembaca.

1. Pijat area kulit yang kendur.

Pijatan meningkatkan aliran darah dan merangsang fibroblas, yaitu sel yang membantu memproduksi jaringan ikat, seperti kolagen dan elastin, yang menjaga kekencangan kulit. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa krim antipenuaan, bersama pijatan, membuat efeknya lebih terlihat. Pijat area bermasalah secara perlahan dan dalam gerakan memutar beberapa kali seminggu, dan hasilnya akan segera terlihat.

2. Gunakan suplemen bergizi.

  • Hidrolisat kolagen. Hidrolisat kolagen meningkatkan level hidrasi kulit, yang mengurangi penuaan kulit.

  • Antioksidan. Antioksidan membantu mengurangi kulit kendur dan keriput dengan menetralkan spesi oksigen reaktif. Vitamin A, C, D, dan E, koenzim Q10, selenium, dan zink adalah antioksidan yang bisa dengan mudah kamu konsumsi bersama makanan dan minuman.

3. Lakukan latihan otot.

Saat berolahraga untuk menurunkan berat badan, ada kemungkinan kamu akan kehilangan otot juga, dan itu akan menyebabkan kamu memiliki kulit kendur. Namun, menambahkan latihan beban dan latihan kekuatan pada rutinitasmu akan membantumu membentuk otot sekaligus menghilangkan lemak. Ini akan membuat kulit tampak lebih kencang dan lebih bugar.

4. Latihan yoga dan pilates.

Olahraga ini cocok untuk orang yang tak suka olahraga, tapi membutuhkan latihan otot. Yoga dan Pilates adalah pilihan yang santai, tapi efektif untuk menjaga otot tetap kuat dan bugar, serta akan menghasilkan kulit kencang. Untuk melatih area bermasalah, kamu bisa meminta pelatih untuk menunjukkan gerakan yang akan membentuk otot di area itu. Sebagai bonus, kamu akan memiliki tubuh lebih bugar dan kuat.

5. Hindari diet drastis.

Daripada menjalankan diet ketat, kamu harus selalu menurunkan berat badan secara bertahap. Karena saat kamu kehilangan otot bersama lemak, akan ada lebih banyak kulit kendur tanpa ada penyokongnya. Targetkan tidak lebih dari 0,5-1 kg per minggu untuk mencegah kulit menjadi kendur.

6. Tetap terhidrasi.

Seiring usia, kulit kehilangan elastisitasnya. Hal ini menyebabkan keriput, dan seperti yang ditunjukkan penelitian, ini sangat relevan dalam kasus kulit kering. Itu sebabnya mengonsumsi air untuk menjaga elastisitas kulit sangat penting. Selalu pastikan kamu mencukupi kebutuhan air tubuh lewat minuman dan makanan.

7. Coba perawatan alami.

  • Mentimun. Sayuran ini memiliki level air yang tinggi dan itu membantu mengencangkan kulit.

Cara menggunakan: Ambil air mentimun sebanyak mungkin, gosokkan pada area kulit yang tampak kendur, lalu diamkan sampai kering.

  • Lemon. Penggunaan luar lemon meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit lebih lembut dan kencang.

Cara menggunakan: Oleskan air lemon pada tubuh dan gosokkan pada area kulit yang kendur.

  • Lidah buaya. Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya sangat berguna bagi kulit, memulihkan luka gores dan luka bakar, juga bisa digunakan sebagai pelembap. Jadi, menggunakan gel lidah buaya bisa berdampak baik pada kulit kendur dan mengencangkannya.

Cara menggunakan: Belah daunnya dan ambil gelnya. Lalu oleskan langsung pada kulit dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air.

8. Pertimbangkan prosedur radiofrekuensi.

Di antara prosedur non-invasif untuk merawat keriput, radiofrekuensi adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Seperti yang ditunjukkan penelitian, ini adalah prosedur berharga yang bisa digunakan untuk mencerahkan dan meremajakan kulit yang mengalami penuaan dini dan memberi kontur pada kulit wajah yang kendur. Kamu mungkin butuh beberapa kali perawatan, tapi prosedur ini cukup aman.

9. Berenang secara rutin.

Saat kita berenang dan menggerakkan lengan, kita melakukan latihan resistansi, yang berdasarkan penelitian, sangat efektif meningkatkan kekuatan otot. Otot kuat berarti kulit kencang, dan dalam hal ini, bagian bawah lengan yang akan paling terpengaruh.

10. Manjakan kulitmu.

Hati-hati dengan jenis sampo, sabun mandi, dan sabun cuci piring yang kamu gunakan. Banyak produk sabun mengandung sulfat yang bisa membuat kulit kering dan iritasi, sehingga membuatnya kurang kencang. Terlalu banyak paparan sinar matahari dan air yang mengandung klorin juga bisa memengaruhi elastisitas kulit. Jadi, hati-hati dengan itu.

Untuk melindungi kulit agar tidak kendur, gunakan scrub untuk menyingkirkan sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi. Selain itu, kamu harus memakai losion atau krim pada kulitmu setiap hari. Pastikan produk itu mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya dan vitamin C, E, dan A untuk menghidrasi kulit serta meningkatkan pembentukan kolagen dan elastin.

Kamu tahu cara lain yang bisa membantu mengencangkan kulit kendur? Bagikan dengan kami dan para pembaca lain!

Bagikan Artikel Ini