Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

10 Cara Menyembuhkan Lidah Melepuh Setelah Makan Makanan Panas

2---
811

Ternyata, pipi dan tenggorokan kita sama-sama memiliki pengecap. Tapi ketika lidah kita terbakar, pengecap tambahan ini menjadi tidak berguna dan kita harus mencicipi makanan dengan cara berbeda. Rasa sakit ini membuat kita tidak punya pilihan lain selain bergegas mencari pereda rasa panas ataupun penyembuh. Untungnya, ada beberapa solusi yang bisa dengan cepat melegakan lidah yang melepuh tanpa perlu biaya banyak.

Sisi Terang paham sekali rasanya lidah melepuh karena kami juga suka makanan panas. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mencari tahu beberapa cara keren untuk mengobati lidah terbakar. Semoga dengan artikel ini, kita bisa belajar bersama-sama.

1. Basuh lidahmu dengan larutan air garam.

Basuh lidahmu dengan campuran air garam yang bersuhu dingin. Kamu juga bisa berkumur menggunakan larutan ini untuk membasuh seluruh mulut dengan lembut sebelum melepehnya. Larutan air garam seperti ini memiliki efek antiseptik.

2. Celupkan lidahmu ke susu.

Susu memiliki kemampuan pelapis yang bisa membantumu meredakan nyeri dengan cepat. Celupkan lidahmu ke dalam susu dingin dan tunggu beberapa saat hingga lidahmu terasa lebih baik. Kamu bisa mengulangi prosedur ini saat merasakan mulutmu sakit lagi. Susu memberikan lapisan khusus yang tidak bisa dilakukan air, jadi, kalau bisa memilih di antara keduanya, selalu pilih susu.

3. Oleskan madu ke area yang melepuh dan jangan langsung menelannya.

Bukan hanya memiliki efek menyejukkan, madu juga punya kelebihan lain, yaitu rasanya yang enak. Madu juga secara ilmiah terbukti bersifat penyembuh luka bakar. Kalau kamu tidak alergi produk madu, obat ini mungkin bisa menjadi salah satu favoritmu. Ambil sesendok madu dan oleskan ke lidahmu yang melepuh dengan lapisan tebal. Biarkan selama yang kamu bisa untuk mendapatkan efek maksimal.

4. Taruh permen karet mint tepat di atas area yang melepuh.

Mint adalah obat sederhana dan cepat yang bisa membantumu meredakan lidah melepuh berkat kandungan mentol di dalamnya yang membantu mengaktifkan area pendeteksi dingin. Ini akan memberimu sensasi sejuk di lidah, jadi, secara alami, kamu akan mulai merasa lebih baik. Cukup taruh permen karet mint tepat di area luka dan jangan mengunyahnya. Pastikan kamu tidak membiarkannya terlalu lama, apalagi kalau kamu terlalu sensitif terhadap produk mint.

5. Peras sari tanaman lidah buaya.

Lidah buaya adalah penyembuh alami yang disarankan untuk mengobati luka bakar level satu dan dua. Sarinya secara signifikan mampu mengurangi waktu penyembuhan luka bakar dan memberimu rasa nyaman sejak pemakaian pertama. Peras sari lidah buaya langsung ke lidahmu dan diamkan.

6. Jilat cokelat atau gula.

Gula pasir dikenal dapat digunakan untuk mengobati luka yang sulit sembuh. Gula pasir juga membantu meredakan nyeri awal menjengkelkan yang timbul akibat lidah melepuh. Taruh gula pasir di lidahmu lalu tekan ke langit-langit mulutmu. Kamu juga bisa menggunakan produk apa pun yang mengandung gula—seperti es krim atau cokelat batangan.

7. Taburkan serutan es batu, tapi jangan menjilat es batu utuh.

Menggunakan sesuatu yang dingin adalah salah satu hal pertama yang mungkin terlintas dalam pikiranmu saat lidah melepuh. Tapi kamu harus tepat dalam memilih apa yang mau kamu gunakan. Jangan pernah menjilat es batu karena kamu bisa membuat gigi dan lidah lebih buruk. Kamu bisa menaburkan serutan es tepat ke permukaan lidah dan pastikan serutan ini menutupi area yang terluka.

8. Celupkan lidahmu ke segelas yoghurt dingin atau produk lain yang mengandung bakteri asam laktat.

Lactobacillus dianggap sebagai terapis yang baik dalam menurunkan risiko infeksi. Mencelupkan lidah ke dalam yoghurt, kefir, atau produk probiotik lain yang mengandung bakteri ini akan membantumu menghindari infeksi setelah mengalami luka bakar. Efek menenangkan tambahan dapat diperoleh dari yoghurt dingin.

9. Bernapaslah melalui mulut dengan lidah keluar seperti yang dilakukan anjing.

Saat lidah melepuh, jangan tutup mulutmu. Cobalah untuk memberi lidahmu udara sebanyak mungkin. Kamu dapat meniru teknik pernapasan yang digunakan anjing, yaitu menarik napas dalam-dalam dengan lidah menjulur dari mulut. Ini akan membantumu meredakan rasa perih setelah menyesap makanan atau minuman yang sangat panas.

10. Cium aroma bunga lewat mulut.

Teknik lain yang bisa kamu coba untuk meredakan rasa sakit adalah dengan mencium aroma sesuatu, seperti bunga, melalui mulut. Ini akan mengalihkan perhatianmu dari rasa sakit akibat luka bakar.

Apa solusi terbaikmu untuk mengobati luka bakar?

2---
811
Bagikan Artikel Ini