Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

10 Cara Tubuh Memberitahumu Ada yang Tak Beres

Menurut para ahli, keinginan untuk mengunyah es atau selalu menyantap makanan asin bisa menjadi petunjuk masalah lebih dalam atau kekurangan mineral dan vitamin. Itu sebabnya, sebaiknya perhatikan kebiasaan barumu, terutama jika tiba-tiba muncul.

Sisi Terang telah membuat daftar hal yang berusaha ditunjukkan oleh tubuhmu untuk membantumu hidup panjang dan bahagia!

1. Perasaan ada yang merangkak dan merayap di kaki.

Jika kamu memiliki sensasi aneh di kakimu seperti ada yang merangkak, merayap, atau dorongan untuk bergerak, mungkin itu gejala sindrom kaki gelisah. Gangguan ini bersifat jangka panjang dan kamu sering merasakan ketidaknyamanan ini pada malam hari saat mencoba istirahat.

2. Penebalan kulit.

Jangan abaikan masalah kulit atau meremehkannya. Saat kulit menjadi tebal dan gatal, itu mungkin pertanda banyak masalah dalam tubuh seperti gangguan hormon, eksem, atau alergi. Kamu bisa melakukan tes darah jika masalah ini berlanjut atau jika makin parah.

3. Perubahan tulisan tangan, kehilangan penciuman, dan mimpi menegangkan.

Semua orang mungkin pernah mendengar penyakit Parkinson, tapi tak banyak yang tahu gejalanya. Menurut dokter, tremor, perlambatan gerakan, kualitas tidur yang buruk dengan mimpi buruk, serta perubahan bicara dan tulisan bisa menjadi gejala penyakit ini.

4. Sikap pemarah dan agresif.

Ledakan kemarahan tidak selalu berasal dari kepribadian. Faktanya, menurut beberapa peneliti, itu mungkin berhubungan dengan depresi. Menurut mereka, depresi tidak melulu soal kurangnya energi atau sedih — sikap agresif juga bisa terjadi.

5. Tidur terlalu banyak.

Gangguan ini disebut hipersomnia dan menurut dokter, itu mungkin bukan hanya karena kelelahan. Beberapa penyakit autoimun mungkin menyebabkan perasaan ingin tidur di mana saja. Selain itu, menyesap minuman beralkohol sebelum tidur bisa menyebabkan efek ini.

6. Perubahan warna mata.

Dokter berkata, jika ada lingkaran putih atau abu-abu di sekitar kornea mata, itu mungkin pertanda kolesterol tinggi untuk orang di bawah 45 tahun. Lingkaran itu tidak berbahaya dan hanya berdampak pada penglihatan.

7. Keinginan menyantap makanan asin.

Menyukai makanan asin bukanlah masalah, tapi saat kamu tidak bisa mengendalikannya lagi dan makanan asin menjadi satu-satunya makanan yang ingin kamu makan, waktunya mencari tahu. Berdasarkan beberapa sumber medis, ini bisa menunjukkan kekurangan zat besi, anemia, dehidrasi, atau gejala pramenstruasi.

8. Pelupa, lelah, dan libido rendah.

Terkadang orang mengira ini depresi karena sepertinya kamu sangat lelah dan muak dengan segalanya sampai kamu tidak punya energi untuk mengingat sesuatu. Menurut dokter, sebaiknya jangan mengabaikan kondisi seperti ini karena mungkin itu gejala masalah hormon tiroid di dalam tubuh. Berat badanmu juga bisa naik dan kamu merasa kedinginan.

9. Selalu merasa haus.

Para ahli berkata, tidak normal jika selalu merasa haus. Ada beberapa kasus hal itu mungkin berhubungan dengan makanan. Jadi, periksa apakah kamu makan terlalu banyak hidangan pedas atau asin. Haus terus-menerus bisa juga menjadi tanda diabetes atau kehamilan.

10. Ingin mengunyah es.

Keinginan untuk mengunyah es bisa dengan mudah dijelaskan dan itu mungkin lebih dari sekadar kebiasaan. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi atau anemia bisa menjadi alasan untuk keinginan tak wajar ini. Periksa darahmu untuk melihat apakah kamu harus mulai minum suplemen.

Gejala lain apa yang ternyata mengungkap masalah tubuhmu? Tulis ceritamu di kolom komentar karena mungkin saja itu berguna bagi orang lain!

Bagikan Artikel Ini