10 Cara Unik yang Bisa Digunakan agar Bisa Tidur Lebih Cepat

Jika kamu menderita insomnia, kami punya tips praktis yang tidak biasa, yang akan membantumu “menipu” otak dan tidur lebih cepat. Misalnya, cobalah meremas jemari kakimu sebentar, lalu relaks. Latihan ini akan melepas ketegangan di tubuh. Metode lainnya adalah mengingat kembali kegiatanmu seharian. Ini akan membantumu melupakan semua kekhawatiran dan pikiran yang santai bisa membantumu untuk tidur lebih cepat, menurut para ahli.

Kami di Sisi Terang mengumpulkan 10 aktivitas simpel namun efektif yang akan membawamu langsung ke “Dunia Mimpi”.

1. Hangatkan kakimu, gunakan kaus kaki.

Sebelum tidur, kenakan kaus kaki dan piama. Jika kakimu hangat, darah akan mengalir kembali dari bagian tengah ke bagian tepi tubuh. Jadi, pikiranmu akan mengira ini waktunya tidur berkat hawa panas yang terdistribusi di seluruh tubuh. Ini adalah sinyal yang tepat untuk membuat otak tahu bahwa kamu siap untuk tidur nyenyak.

2. Remas jemari kakimu.

Begitu kaki terasa hangat, kamu bisa coba meremas dan merelakskan jemari kaki. Lakukan ini hingga hitungan ke-10 setiap dua gerakan, lalu cobalah untuk tidur. Semua ketegangan di tubuh dapat hilang dan kamu akan merasa jauh lebih santai. Bagian terpenting dari teknik terkenal ini digunakan untuk melawan insomnia, yang disebut relaksasi otot progresif (progressive muscle relaxation).

3. Cobalah untuk tetap terjaga.

Kamu pasti terkejut mengetahui hal yang bisa dilakukan untuk tidur lebih cepat adalah... tetap terjaga. Sebuah studi membuktikannya: jika kamu memberi tahu otak bahwa kamu tidak ingin tidur, otak akan mengartikan sebaliknya. Ini mungkin terdengar seperti paradoks, tapi sebenarnya disebut psikologi terbalik. Jadi, berbaringlah di atas kasur dan terus katakan “aku tidak ingin tidur” kepada diri sendiri, dan matamu akan tertutup secara perlahan.

4. Ingat kembali harimu secara terbalik.

Trik psikologi terbalik lainnya yang dapat kamu gunakan adalah mengingat kembali kegiatanmu seharian. Coba pikirkan hal paling biasa yang kamu lakukan: apa menu makan malammu, kereta mana yang kamu naiki, kepada siapa kamu berbincang. Tampaknya, teknik ini membantumu menjadi santai dan menjernihkan pikiran dari kekhawatiran.

5. Jangan hitung domba, hitung napasmu.

Menghitung domba adalah cara kuno, sebagai gantinya, cobalah teknik bernapas 4-7-8 dan lihat secepat apa kamu tidur. Kamu hanya perlu menarik napas selama 4 detik, tahan napas selama 7 detik, lalu buang napas selama 8 detik. Coba lakukan ini beberapa kali, dan kamu akan tertidur kurang dari 60 detik.

6. Basuh wajah dengan air dingin.

Basuh wajah dengan air dingin dan bersiaplah untuk tidur. Tidak, ini tidak akan membangunkanmu secara tiba-tiba, tapi akan memicu fenomena yang disebut Refleks Selam Mamalia (Mammalian Dive Reflex). Cara ini menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, membuatmu lebih siap untuk tidur pulas.

7. Berdengung seperti lebah.

Berbaring, tutup mata, tarik napas, lalu mulailah berdengung seperti lebah. Teknik ini ampuh bagi penderita insomnia. Cara ini juga disebut “napas lebah” (“bumblebee breath”) yang pada dasarnya membantu menjernihkan pikiran dari hal negatif. Pikiran positif menstimulasi produksi serotonin yakni hormon bahagia dan pemicu melatonin, yang membantumu untuk tidur.

8. Letakkan bantal di bawah lututmu.

Bantal tidak hanya untuk menyangga kepala atau leher, tetapi juga dapat membantumu tidur dalam posisi yang lebih baik. Jika kamu tidur telentang, letakkan satu bantal kecil di bawah lutut. Ini akan mengurangi tekanan pada tulang belakang dan memungkinkan punggung bagian bawah kembali ke posisi natural. Jika tidur menghadap samping, letakkan bantal di antara kedua lutut. Ini akan membantu tulang belakangmu lebih sejajar.

9. Makan menu sarapan untuk makan malam.

Makanan yang biasanya kamu makan saat sarapan bisa menjadi trik di malam hari. Makanlah pisang sebelum tidur. Pisang mengandung kalium dan magnesium, dua zat yang akan membantumu tidur seketika. Kamu juga bisa mencoba teh pisang: potong pisang ke dalam secangkir air mendidih, diamkan selama beberapa menit, lalu minum dengan campuran teh dan madu. Ini membantu mengatur gula darah.

Kacang almon juga dapat membantu kasus insomnia karena memperlambat detak jantung. Akan lebih baik jika kamu menghindari makanan yang sangat pedas dan berlemak sebelum tidur, karena akan sulit dicerna dan tubuhmu akan mengalami tekanan.

10. Makan keju rendah lemak.

Keju berlemak tinggi tidak disarankan untuk dikonsumsi pada tengah malam, tapi keju rendah lemak dapat memberikan efek yang berlawanan. Keju ini kaya akan triptofan, yang merupakan asam amino yang dianggap sebagai obat tidur. Coba campurkan keju cottage dengan potongan buah atau madu dan kamu akan mendapatkan camilan sempurna sebelum tidur.

Jika kamu sudah mencoba tips unik di atas dan tetap tidak bisa tidur, kami sarankan agar kamu menemui dokter, karena kesehatanmu adalah yang paling penting.

Aktivitas tidak biasa apa yang pernah kamu coba agar langsung terlelap? Bagikan kepada kami di kolom komentar.

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini