10 Kesalahan dalam Rutinitas Kebersihan Pribadi yang Mungkin Kamu Ikuti

Terkadang, kita penasaran bagaimana orang bisa bertahan tanpa internet dengan berbagai tips cara merawat diri lebih baik yang tiada habisnya. Sepertinya, tiap hari kita bertemu dengan nasihat kebersihan baru dan tidak tahu cara bertahan tanpanya. Nah, kami punya sejumlah tips baru untuk ditambahkan ke dalam rutinitasmu hari ini, jika kamu merasakan hal yang sama.

Kami di Sisi Terang selalu ingin melengkapi kebiasaanmu, dan kali ini, kami mengungkap berbagai kesalahan umum dalam kebersihan yang mungkin kamu lakukan.

1. Berkumur untuk membersihkan pasta gigi setelah gosok gigi

Dokter gigi berkata meludahkan pasta gigi setelah menggosoknya jauh lebih baik bagi gigi kita, karena ini mempertahankan bahan terbaik dalam pasta gigi—fluorida. Dengan berkumur, kita mengurangi efek preventifnya dan karena itu, lebih rentan terhadap kerusakan gigi.

2. Tidak membersihkan sisir

Sisir rambut kita adalah tempat berkembang biak bakteri yang sangat sempurna, jadi dianjurkan untuk mencucinya tiap satu atau dua minggu. Mengingat kita biasa memakainya setiap hari, ngeri juga membayangkan betapa lama kadang kita tidak membersihkannya dengan baik. Sampo biasa cukup untuk mengatasinya.

3. Menyimpan handuk di kamar mandi

Handuk sangat mudah terkontaminasi di kamar mandi. Misalnya, menyiram kloset dengan tutup terbuka, menyemprotkan aerosol, atau kelembapan di kamar mandi bisa membantu bakteri menetap di handukmu yang sepertinya masih bersih dan lembut itu. Kami sarankan agar kamu membawa handuk dari lemari di luar kamar mandi, kalau tidak, kamu bisa sakit.

4. Mencabut habis bulu hidung

Kita biasa mengaitkan bulu tubuh dengan ketidakbersihan, tapi menghilangkan bulu hidung, sama sekali tidak ada manfaat kesehatannya. Bulu hidung mencegah debu dan alergen agar tidak memasuki paru-parumu, jadi, kalau tidak tumbuh keluar hidung, biarkan saja. Kalau tidak, lakukan perawatan ringan pada permukaannya.

5. Mencuci tanganmu dengan air hangat

Kita biasa percaya bahwa air hangat lebih ampuh melawan kuman, tapi tidak ada perbedaan antara air keran bersuhu tinggi dan rendah. Air harus bersuhu sekitar 100 °C untuk bisa memberantas bakteri. Di samping itu, air panas bersifat agresif pada kulitmu, yang bisa menyebabkan kulit kering. Cuci saja tangan lebih lama, alih-alih menggunakan air panas.

6. Tirai shower terlalu panjang

Lipatan dalam tirai kamar mandi adalah tempat terbaik bagi bakteri penyuka kelembapan. Kita membentangkan tirai setelah mandi agar kering, tapi lupa dengan lipatan di lantai. Pastikan tirai tergantung rapi di atas lantai kamar mandi dan masalahmu beres.

7. Mengoleskan deodoran langsung setelah mandi

Banyak dari kita buru-buru langsung memakai deodoran setelah mandi untuk mencegah keringat, tapi sebenarnya kita sedang merugikan diri sendiri. Kalau kulitmu tidak benar-benar kering, deodoran tidak akan bekerja dengan baik. Bersabarlah, dan hasilnya, kamu akan bebas keringat.

8. Mencuci badan dengan loofah

Kamu pasti pernah mendengar bahwa loofah harus diganti tiap beberapa bulan karena ini adalah tempat lain bagi kuman di kamar mandimu. Tapi, seyakin apa kamu dengan spons mandimu? Lebih baik menggantinya dengan sikat silikon. Permukaannya tidak berpori-pori, jadi mudah dibersihkan dan tidak mengakumulasi bakteri. Tambahan, sikat ini jauh lebih awet dan lebih lembut karena tidak menimbulkan reaksi alergi di kulit.

9. Membersihkan kamar mandi pada suhu ruangan

Kamu akan takjub akan perbedaan dalam membersihkan, jika menghangatkan kamar mandi lebih dulu. Suhu hangat membuat produk-produk kebersihan bekerja lebih efektif dan menggosok jauh lebih mudah. Alirkan shower panas dan biarkan kamar mandi beruap sebelum membersihkannya.

10. Tidak memakai alas kaki di kamar mandi umum

Lantai adalah permukaan paling kotor di kamar mandi, meskipun di rumahmu. Nah, pikirkan seperti apa kotornya kamar mandi di pusat kebugaran atau hotel. Membayangkan menyentuhnya dengan satu jari kaki saja membuat kita bergidik. Para ahli medis mengingatkan akan adanya kuman menular yang tak terhitung jumlahnya di lantai, jadi lindungi dirimu sendiri dan jangan lupa bawa sandal kamar mandi jika kamu tahu akan membutuhkannya..

Adakah di antara kebiasaan ini yang menjadi bagian dari rutinitasmu? Apa kamu tahu tips yang bisa mengubah kehidupan agar badan dan rumahmu tetap bersih cemerlang?

Bagikan Artikel Ini