10 Kesalahan yang Harus Dihindari untuk Mendapatkan Kulit Kepala dan Rambut Sehat

Kurang lebih 50% populasi manusia dewasa di seluruh dunia mengalami masalah ketombe dan gatal kulit kepala. Kondisi seperti ini bukan hanya disebabkan oleh sistem imun yang melemah, tetapi karena perawatan yang tidak benar, termasuk sejumlah kebiasaan memakai sampo.

Kami di Sisi Terang mencari tips-tips profesional yang dapat memperbaiki perawatan harian rambut dan kulit kepala kita, dan ingin membagikannya kepadamu.

1. Memakai kondisioner sebelum mengeringkan rambut dengan handuk

Dianjurkan untuk mengeringkan rambut dengan handuk sebelum memakai kondisioner dan setelah memakai sampo. Ini agar kelebihan air tidak menghambat penyerapan kondisionermu.

Kamu juga bisa menambahkan minyak pada kondisonermu. Pemakaian kondisioner mendalam bagus untuk semua jenis rambut dan kulit kepala. Ini bisa membantu memulihkan dari kekeringan setelah paparan bahan kimia atau penataan rambut yang memakai alat panas.

2. Mengganti sampo antiketombe dengan jenis sampo lain

Mengganti sampo dari antiketombe menjadi sampo biasa bisa menjadi ide buruk. Tindakan ini menghilangkan bahan-bahan pencegah ketombe langsung dari kulit kepalamu, sehingga membuatnya kurang terlindungi. Tetaplah memakai satu sampo ketika merawat ketombe.

3. Jarak pengering rambut kurang dari 20 cm dari kepalamu

Panas berlebihan bisa merusak jenis rambut apa pun, karena itu penting artinya mengikuti petunjuk khusus. Pertama-tama, gunakan panas sedang saat mengeringkan rambut. Kedua, nozel paling tidak berjarak 20 cm dari kepalamu. Cara terbaik adalah mengarahkan udara hangat di sekeliling kepalamu dari akar sampai ujung rambut.

4. Tidak membagi rambut menjadi beberapa bagian saat mengeringkan dengan pengering rambut

Jika kamu ingin menata rambut dengan benar, maka mengeringkan rambut sembarangan bukan cara terbaik. Para ahli menyarankan untuk membagi rambutmu menjadi beberapa bagian. Setelah itu, cukup keringkan bagian demi bagian. Kamu bisa mulai dari bagian puncak kepala, lalu bagian belakang kepala dan samping. Cara ini untuk memastikan bahwa kamu tidak memanaskan rambut yang sama beberapa kali.

5. Memakai pengering rambut murahan

Pengering rambut adalah alat penting untuk menjaga kesehatan rambutmu bahkan setelah penataan. Tapi memakai pengering rambut bisa menyebabkan rambut keriting yang rapuh dan kulit kepala yang rusak. Kalau ada dananya, berinvestasilah pada pengering rambut yang memiliki berbagai fungsi guna meminimalkan semua risiko. Sebagian pengering rambut berteknologi udara ionik.

Pilih juga pelindung panas yang tepat. Kamu harus memastikan pelindung ini diformulasikan untuk dipakai pada rambut basah.

6. Tidak memberi kesempatan beristirahat di antara dua pemakaian ekstensi rambut

Para profesional menganjurkan untuk memberi kesempatan kulit kepalamu bernapas paling tidak 1 atau 2 minggu di antara dua sesi ekstensi rambut. Juga sangat penting merawat kulit kepala dan melembapkannya saat rambutmu masih dijalin. Kamu bisa membeli produk-produk khusus yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit kepalamu saat kulit kepala berada dalam tekanan ekstrem.

7. Tidak memakai sampo khusus saat memakai produk tata rambut

Kulit kepala yang gatal bisa disebabkan oleh penumpukan produk di rambut dan kulit kepala. Ini menyebabkan iritasi dan kulit bersisik. Untuk mencegahnya, pastikan kamu menjalani pembersihan mendalam saat mencuci rambut. Pilihlah sampo dengan kata-kata yang mengindikasikan “pembersihan mendalam.” Jangan lupa, sampo ini juga harus memiliki formula pH-seimbang yang lembut.

8. Menggosok kulit kepala dengan kukumu

Jangan gunakan kuku, bolpoin, pensil, atau benda tajam lainnya pada kulit kepalamu. Ini menyebabkan abrasi kulit. Jadi, kalau kulit kepalamu gatal, cukup gunakan ujung jarimu untuk memijat bagian yang iritasi dengan lembut.

Para spesialis juga menganjurkan untuk mengoleskan minyak kelapa dicampur adas manis. Mereka menemukan bahwa kombinasi ini lebih ampuh menghilangkan gatal di kulit kepala dibanding permetrin, yaitu obat yang digunakan untuk mengatasi kutu.

9. Memakai produk tata rambut di hari pertama setelah keramas

Para profesional tidak menganjurkan sering mencuci rambut dan menyarankan untuk meminimalkannya menjadi tiap 5 hari sekali. Tapi ini lebih kepada bagaimana caranya agar rambutmu tampak segar. Jangan gunakan produk tata rambut satu hari setelah keramas, karena bisa menarik debu.

Namun, kamu masih bisa menyemprotkan tipis hairspray jika perlu menata ikalmu, tapi jangan pakai bahan lain. Oleskan minyak kering di ujung rambutmu, mulai dari hari kedua setelah keramas.

10. Memakai produk-produk yang sebenarnya tidak melembapkan

Jangan gunakan produk-produk yang tidak berfungsi melembapkan dan hanya membuat rambut tampak berminyak, serta jangan oleskan di kulit kepala. Ingat, tidak semua minyak baik untukmu. Lebih baik memakai produk-produk perawatan organik yang menenangkan kulit kepala yang gatal, mencakup minyak aloe vera, lavender, jojoba, dan peppermint.

Gunakan tiap minggu dengan memijatkannya pada kulit kepala, bukan hanya dioleskan, tapi pastikan untuk memijatnya.

Apa masalah terbesar bagimu dalam perawatan rambut? Bagaimana biasanya caramu menenangkan kulit kepalamu?

Kredit foto pratinjau ParStud / Depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini