10 Latihan untuk Menjaga Tanganmu Tetap Awet Muda

Tangan kita benar-benar dapat merasakan efek penuaan, dan menjadi salah satu bagian tubuh yang pertama menunjukkannya. Seiring berjalannya waktu, tangan kehilangan kepadatan dan kelenturan ototnya. Oleh karena itu, tangan bisa saja mulai terlihat tua dengan pembuluh darah yang lebih jelas terlihat dan kulit yang lebih tipis. Itulah sebabnya penting bagi kita untuk menjaga tangan tetap gesit dan menjaga sirkulasi darah tetap baik.

Sisi Terang punya beberapa metode cepat dan sederhana untuk menjaga tangan tetap sehat tanpa menggunakan alat bantu apa pun.

1. Mengangkat jari

Latihan ini membantu meningkatkan jangkauan gerak dan kelenturanmu. Mulailah dengan meletakkan tanganmu di atas meja, telapak tangan menghadap ke bawah, dan angkat jarimu satu per satu mulai dari telunjuk. Cobalah untuk tidak mengangkat jarimu yang lain, dan menjaganya tetap di atas meja. Kamu akan merasakan regangan pada jari tangan dan tendonmu. Ulangi gerakan ini 8-12 kali di setiap tangan.

2. Buka/tutup ibu jari

Gerakan ini membantu mengurangi kekakuan di tanganmu dengan menjaganya tetap luwes. Mulailah dengan ibu jari mengarah ke luar. Gerakkan ibu jari ke telapak tangan dan kembali ke posisi terbuka. Ulangi gerakan ini beberapa kali di setiap tangan.

3. Menggerakkan tendon tangan/jari

Latihan ini bagus untuk meregangkan tendon dan meningkatkan pergerakan jari. Mulailah dengan jemari lurus terbuka. Pertama, turunkan hingga membentuk pengait, dan buka kembali jemari ke posisi lurus. Selanjutnya, buat kepalan tangan dengan menekuk jemari pada sendi sebelum kembali ke posisi lurus. Sekarang kepalkan tangan sepenuhnya dengan ibu jari di luar jemarimu, dan kembali ke posisi lurus. Terakhir, buat tangan mengepal dengan jemari lurus.

4. Menekuk jari

Melakukan latihan ini dapat memperkuat jemarimu dan membantunya tetap fleksibel. Tahan tangan di hadapanmu dengan mengangkat telapak tangan secara vertikal dan ibu jari mengarah ke atas. Tekuk jari kelingkingmu selama beberapa detik, usahakan jari lainnya tetap lurus. Luruskan jari kelingkingmu sebelum menekuk jari manismu dan tahan selama beberapa detik. Ulangi latihan ini pada setiap jari di setiap tangan.

5. Peregangan jari

Latihan ini bisa membantu jarimu tetap lentur dan kuat. Dengan tangan di depanmu, tarik ke belakang setiap jari dengan kuat tapi perlahan ke arahmu, satu per satu. Kamu akan merasakan tarikan di seluruh jarimu hingga ke lengan bawah. Lakukan gerakan ini bergantian pada tangan yang lain.

6. Memijat pergelangan tangan ke arah jari

Gerakan ini akan membantu darah mengalir ke tanganmu. Gunakan ibu jari untuk memijat tanganmu dengan kuat, mulai dari pergelangan tangan. Geser ibu jari ke atas telapak tangan ke ujung jari kelingking. Mulai kembali dari pergelangan tangan, pijat ke atas telapak tangan, tapi berhenti di pangkal jari-jarimu saat kamu menguatkan tanganmu. Lanjutkan memijat dari pergelangan tangan hingga ke jarimu, sesekali pijat terus hingga ke atas jari.

7. Memijat area di antara ibu jari dan jari telunjuk

Pegang area di antara ibu jari dan jari telunjukmu dan pijat area tersebut menggunakan ibu jari dan jari telunjuk tangan yang satunya. Mungkin akan sedikit terasa sakit saat kamu memulainya, jadi berhati-hatilah. Lakukan selama beberapa menit sebelum berpindah tangan dan ulangi hal yang sama di tangan yang satunya. Ulangi beberapa kali. Seiring berjalannya waktu, kamu mungkin menyadari kalau rasa sakitnya akan berkurang.

8. Menyentuhkan jari lain ke ibu jari

Latihan ini membantu jemarimu tetap gesit dan kuat, yang terpenting bisa menjaganya awet muda. Angkat tanganmu dan buat jarak antar jemarimu sehingga saling terpisah dengan nyaman. Sentuh ibu jari dengan jari kelingkingmu dan tekan perlahan. Buka kembali tanganmu ke posisi awal dan ulangi dengan jari berikutnya sampai kamu menyentuh ibu jari dengan semua jarimu. Ulangi di tangan yang satunya.

9. Deviasi ulnaris/radial pergelangan tangan

Latihan ini akan membantumu meregangkan pergelangan tangan dan menjaga otot tetap kuat. Letakkan lengan bawahmu di tepi meja, ganjal dengan handuk yang digulung. Jaga agar ibu jari tetap tegak, gerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah secara perlahan sejauh mungkin dari sisi meja. Kamu akan merasakan ketegangan di pergelangan tangan saat meregangkannya, jadi berhati-hatilah. Ulangi gerakan ini beberapa kali di setiap tangan.

10. Kepalan tangan

Latihan ini dapat membantumu meningkatkan jangkauan gerak tanganmu. Buat gerakan mengepal dengan ibu jari di atas jemarimu. Tahan kepalan selama 1 menit sebelum membuka tangan. Lalu, lebarkan jemarimu sebisa mungkin. Ulangi selama 5 kali sehari pada setiap tangan.

Rutinitas apa yang kamu lakukan untuk merawat tanganmu? Latihan mana yang pernah kamu coba?

Bagikan Artikel Ini