Sisi Terang
Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Imunitas Secara Alami

----
103

Menurut WHO, lebih dari 23 juta orang jatuh sakit setiap tahun hanya karena makan makanan yang terkontaminasi. Dan menurut laporan lain, jumlah dan ragam virus itu sebanyak bintang di langit. Untuk menjaga agar tubuh kita tidak jatuh sakit, solusi terbaiknya adalah membangun imunitas dari dalam. Syukurlah, hal ini sebenarnya mudah dicapai.

Sisi Terang telah menghimpun daftar 10 macam makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan sistem imunmu secara alami. Dan di bagian akhir, akan ada bonus tentang makanan super yang sangat bermanfaat bagi tubuhmu.

1. Kacang almon

Selain 1 ons kacang almon mengandung kalsium setara dengan ¼ cangkir susu, kandungan nutrisinya yang luar biasa bisa membantu menjaga stamina tubuhmu. Menurut para peneliti, kacang almon bisa meningkatkan sistem imun, terutama untuk melawan virus. Kaya akan vitamin E dan serat, kacang ini juga bisa mengendalikan kadar gula darah.

2. Biji bunga matahari

Sebagai camilan yang sangat sehat, biji bunga matahari juga terbukti bisa jadi penyelamatmu dalam hal imunitas. Biji ini menurunkan risiko berbagai penyakit kronis seperti Alzheimer, menjaga kesehatan jantung, dan juga mencegah penyakit. Biji bunga matahari juga sangat bagus untuk ibu hamil dan membantu janin tumbuh dengan sehat.

3. Pepaya

Kaya akan antioksidan, buah pepaya adalah pilihan lezat yang penuh dengan manfaat. Di antaranya termasuk melawan peradangan, menurunkan risiko kanker, dan mengontrol pencernaan.

4. Kiwi

Dengan kandungan vitamin C, K, dan E, buah kiwi bisa membantu meringankan asma dan memperkuat sistem imun. Kiwi juga bisa mencegah kondisi seperti pilek dan flu. Sebagai tambahan, kiwi juga membantu pencernaan dan berfungsi melindungi kita dari menurunnya daya penglihatan.

5. Jahe

Bumbu yang mudah didapat ini sangat bermanfaat bagi tubuhmu. Jahe bisa menurunkan kadar kolesterol, meredakan nyeri haid, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi secara menyeluruh.

6. Elderberry

Buah elderberry penuh dengan antioksidan dan sering dipakai untuk mengobati berbagai penyakit. Buah beri berwarna ungu ini bisa melawan stres dan memperbaiki kinerja sistem imunmu.

7. Tiram

Sebagai karunia bagi pecinta makanan laut, tiram rendah kalori tapi penuh kandungan nutrisi. Tiram adalah sumber asam lemak omega-3 dan protein yang baik. Mengonsumsi tiram bisa memastikan sistem imunmu tetap berfungsi, berkat kandungan zinc di dalamnya. Tiram juga menurunkan risiko diabetes.

8. Bayam

Bukan rahasia lagi bahwa bayam bagus bagi kesehatanmu, tapi sumber nutrisi ini ternyata juga bagus untuk imunitas. Bayam adalah sumber magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi saraf, jantung yang sehat, tekanan darah normal, dan otot-otot yang kuat.

9. Semangka

Semangka bukan saja bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut, tetapi juga bisa memperbaiki pencernaan dan mengurangi peradangan dalam tubuhmu.

10. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C

Menurut laporan, vitamin C bisa meningkatkan sistem imunmu dengan 20 cara! Beberapa di antaranya, vitamin C bisa menjaga kesehatan sel-sel darah putih, membunuh sel-sel jahat atau tidak diinginkan, dan meningkatkan produksi antibodi.

Bonus: kekuatan kacang almon

Di samping membentuk imunitas, masih banyak lagi manfaat kacang almon bagi tubuhmu. Kacang ini bisa menurunkan kolesterol, menambah antioksidan ke dalam aliran darahmu, membantu menurunkan berat badan, dan bahkan menjaga kesehatan matamu. Kacang almon juga menjaga kulitmu tetap bersih dan bisa mempertajam daya pikir.

Apakah kamu sudah tahu akan manfaat dari bahan-bahan makanan ini? Apa yang kamu lakukan untuk meningkatkan imunitasmu?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, Pixabay.com
----
103
Bagikan Artikel Ini