10 Manfaat Makan Seporsi Kacang Arab Setiap Hari Bagi Tubuh

Chickpea atau kacang arab merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang pertama kali dibudidayakan, tepatnya sejak periode Neolitik B pratembikar. Kacang ini kaya serat, mengandung lemak sehat, karbohidrat, dan banyak vitamin, serta mineral lainnya. Kacang arab juga tinggi protein, sehingga bisa menjadi pengganti daging yang baik bagi para vegan dan vegetarian. Kacang-kacangan ini sebenarnya merupakan bahan utama hummus, saus cocol khas wilayah Levant atau Syam!

Kami di Sisi Terang telah menemukan sepuluh manfaat yang diperoleh tubuhmu dengan menyantap kacang arab. Mungkin setelah ini kamu ingin menambahkan kacang arab ke dalam asupan makananmu!

1. Menurunkan berat badan

Protein dan serat dalam kacang arab bisa memperlambat proses pencernaan dan membuatmu merasa kenyang. Kacang ini juga bisa membantu mengurangi nafsu makan dan asupan makanan yang berujung pada turunnya berat badan.

2. Tulang yang lebih sehat

Kacang arab adalah sumber mangan, kalsium, zat besi, magnesium, zink, serta vitamin K dan A. Semua zat ini penting untuk pertumbuhan dan proses mineralisasi pada tulang, serta produksi kolagen.

3. Kulit lebih sehat

Vitamin C, E, dan K yang terkandung di dalam kacang arab penting untuk mendapatkan kulit yang sehat. Vitamin ini membantu menyembuhkan luka, menghilangkan kerutan, mencegah kulit kering, dan melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan panas matahari.

4. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan serat dan protein dalam kacang arab sangatlah tinggi. Kedua zat ini membantu mencegah kadar gula darah kita meningkat terlalu cepat setelah makan. Ini sangat penting untuk penderita diabetes. Beberapa mineral seperti magnesium dan zink, bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

5. Pencernaan yang lebih sehat

Serat pangan (jenis serat dari makanan) juga membantu meningkatkan kualitas pencernaan, mengurangi risiko irritable bowel syndrome, dan mencegah konstipasi.

6. Menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung

Magnesium dan potasium bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi. Hal ini bisa mengurangi risiko terkena strok atau serangan jantung. Serat yang larut dalam air telah terbukti mengurangi low-density lipoprotein (LDL) atau kolestrol “jahat”, dan serat ini baik untuk kesehatan jantung.

7. Pertumbuhan rambut yang lebih baik

Protein, vitamin A dan B, serta nutrisi lainnya dalam kacang arab bisa membantu mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Kacang arab mengandung prekursor vitamin A, beta-karoten, yang memiliki efek antiradang serta membantu mengurangi risiko dan mencegah penyakit mata.

9. Meningkatkan fungsi otak

Kolin, yang ditemukan dalam kacang arab, disebut-sebut bisa meningkatkan kemampuan kognitif, daya ingat, dan kemampuan berpikir.

10. Perlindungan terhadap kanker

Kacang arab dapat membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu. Kacang ini juga membantu produksi asam butirat pada tubuh, yang memiliki potensi untuk mengurangi peradangan pada sel usus besar. Ini dapat membantu memperkecil risiko terkena kanker usus besar. Kacang arab juga mengandung saponin, yang membantu mencegah pertumbuhan tumor. Beberapa vitamin dan mineral di dalamnya, seperti vitamin B, bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara dan paru-paru.

Apa kamu tahu resep kacang arab yang lezat? Yuk, berbagi di kolom komentar!

Bagikan Artikel Ini