Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

10 Minuman Ini Bisa Membantumu Tidur Lebih Nyenyak

----
553

Siang hari semakin panjang dan rutinitas harian semakin banyak, sehingga sulit rasanya untuk menghindar dari kecemasan. Secara umum, kita cenderung bergerak lebih cepat dan kerenanya, tidur dengan nyaman dan tenang menjadi sulit didapatkan. Orang dewasa dianjurkan tidur selama 7 sampai 9 jam agar tubuh dan pikiran bisa pulih. Namun, jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur, untungnya kita punya pengobatan alami yang bisa membantumu untuk lebih cepat tertidur.

Sisi Terang ingin membantumu mendapatkan tidur malam yang pulas dan menyegarkan dengan berbagi informasi seputar sejumlah minuman yang dapat membantumu memperoleh tidur berkualitas.

1. Susu hangat.

Susu hangat adalah salah satu opsi terbaik untuk memperoleh tidur yang nyenyak dan nyaman. Susu mengandung asam amino triptofan, yang meningkatkan hormon serotonin dalam otak, suatu bahan yang memberikan rasa senang dan tenang. Hormon melatonin lebih banyak dihasilkan dalam kondisi ini dan hormon ini penting karena mampu mendatangkan tidur, bahkan pada mereka yang menderita insomnia kronis.

2. Teh pepermin.

Teh pepermin mengatasi sakit perut karena sifat antiradangnya. Dengan mengempiskan otot-otot, pepermin juga mengurangi intensitasnya, sehingga memungkinkan tubuh relaks dengan baik. Jika kamu sedang bersiap-siap menghadapi ujian atau presentasi penting yang membuatmu tidur gelisah di malam hari, teh ini adalah pilihan terbaik untuk dipertimbangkan.

3. Jus buah ceri.

Jus buah ceri, seperti halnya susu, mengandung triptofan. Karena itu, jus ini bisa menghasilkan hormon melatonin, sehingga memperbaiki kualitas tidurmu. Jus ini telah diuji dalam beberapa penelitian untuk mengobati insomia, dan telah terbukti sebagai salah satu opsi paling efektif untuk mengatasinya guna memastikan istirahat malam yang lebih lama.

4. Santan kelapa.

Santan kelapa mengandung magnesium dan kalium, 2 mineral yang mampu mengendurkan otot-otot dan memastikan tidur nyenyak. Tambahan lagi, santan menurunkan tekanan darah dan mengurangi pembengkakan ginjal. Berkat jumlah elektrolit alaminya yang tinggi, santan membantu tubuh untuk menjadi seimbang dan relaks.

5. Smoothie pisang dengan susu almon.

Pisang juga mengandung triptofan selain 2 mineral kunci untuk mengendurkan otot, yakni kalium dan magnesium. Buah ini mempunyai efek menenangkan yang bekerja secara integral dan mengurangi tekanan fisik. Juga kandungan serat serta karbohidratnya mengisi perut dan membuatmu merasa kenyang, sehingga meningkatkan keinginan untuk tidur.

6. Teh hijau.

Kaya akan antioksidan, teh hijau adalah opsi yang patut dipertimbangkan untuk digunakan kapan saja sepanjang hari. Namun, jika berkaitan dengan tidur, teh hijau yang tidak berkafein adalah pilihan terbaik. Teh hijau mengandung teanin yang mendorong relaksasi dan melepaskan stres fisik, sehingga sangat membantu untuk mendapatkan tidur malam yang lama dan tenang.

7. Susu almon.

Almon banyak mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat tidur dengan nyenyak. Kaya akan magnesium, susu almon telah terbukti sangat efektif untuk membantu tidur karena efektivitas dari mineral ini. Seperti halnya susu sapi, susu almon juga mengandung triptofan, dan berkat triptofan ini, tubuh dapat memproduksi melatonin. Hormon melatonin penting untuk mengatur jadwal tidur, dan itu sebabnya, banyak orang yang mengidap insomnia kronis cenderung minum suplemen melatonin untuk bisa tidur dengan nyenyak.

8. Teh kamomil.

Teh kamomil memiliki dampak menenangkan tubuh. Teh ini biasanya dianjurkan untuk mengatasi sakit perut, karena bisa membantu pencernaan dan meringankan ketegangan di dalam perut. Kamomil juga telah terbukti sangat efektif untuk mengurangi gejala-gejala stres seperti insomnia dan kecemasan.

9. Teh akar valerian.

Teh akar valerian sangat dianjurkan untuk membantu tidur alami dan nyenyak karena kandungan antioksidan dan asam valerenatnya. Di samping itu, teh ini mengatasi perut kembung dan stres fisik maupun mental. Sebuah penelitian yang diadakan di kalangan wanita yang telah mengalami menopause menunjukkan teh ini bisa sangat membantu mencegah gangguan tidur.

10. Teh ginseng India.

Ginseng India adalah herba kuno yang digunakan sebagai obat untuk berbagai jenis gangguan fisik. Teh ini telah diketahui kemampuannya untuk menurunkan kortisol, dan karena itu juga bisa mengurangi stres dan kecemasan. Ginseng India telah terbukti sangat efektif untuk melonggarkan dan merelaksasi pikiran, sehingga membuat tidur malam lebih tenang.

Apa kamu sudah mencoba salah satu dari minuman ini untuk bisa tidur lebih nyenyak? Yang mana favoritmu? Beri tahu kami di kolom komentar.

----
553
Bagikan Artikel Ini